Home Siaran Pers 11 Oktober, Jamaah Calon Haji Batam Mulai Berangkat ke Tanah Suci

11 Oktober, Jamaah Calon Haji Batam Mulai Berangkat ke Tanah Suci

0
117

BATAM- Sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kementrian Agama Kota Batam, bahwa Jamaah Calon Haji (JCH) asal Batam akan bertolak ke tanah suci pada 11 Oktober mendatang. Pada tahun ini, jumlah JCH asal Batam yang menunaikan ibadah haji berjumlah 426 orang. Yang terdiri dari jamaah perempuan berjumlah 245 dan jamaah laki-laki berjumlah 181 orang. Kabag Kesra Pemko Batam, Salim, dalam laporannya menyampaikan bahwa 426 JCH tersebut telah mengikuti latihan manasik haji sejak Februari lalu. Selasa (21/9), seluruh JCH yang akan diberangkatkan dalam empat kelompok terbang (Kloter) itu dilepas dengan mengikuti prosesi tepuk tepung tawar di Asrama Haji.

Adapun tema yang diusung pada pelepasan JCH tahun ini adalah “Kita Wujudkan Jamaah Haji Yang Mandiri Menuju Haji Mabrur Sehingga Terwujud Kota Batam Yang Madani”. Adapun hak yang diperoleh oleh jamaah haji yang diberikan oleh pemerintah yakni, pelayanan, bimbingan dan perlindungan. Untuk pelayanan, menurutnya Pemko Batam telah membuka pendaftaran sejak Januari lalu melalui Bagian Kesra. Untuk aspek pembinaan melalui bimbingan manasik haji yang telah dilakukan sejak Februari di masing-masing kecamatan.

“Aspek kepastian hukumnya yakni pada 11 Oktober, jamaah haji sudah mulai diberangkatkan. Dimulai dari Kloter 1, 2, 17 dan Kloter 23. Bentuk perhatian lain yang diberikan Pemko yakni memberikan perhatian khusus dengan menganggarkan biaya perjalanan domestik dan bekerjasama dengan Kementrian Agama,” jelas Salim.

Tujuan diberikannya bimbingan manasik haji, agar perjalanan para jamaah calon haji aman, tertib untuk menuju haji mandiri dan mabrur. Melalui sambutannya itu, Salim berharap agar selama di tanah suci pada jamaah dapat menjaga kekompakan serta dapat menjaga nama baik Kota Batam. JCH asal Batam yang terbagi dalam empat Kloter akan mulai berangkat pada 11 Oktober mendatang. Untuk Kloter 1, jumlah jamaah yang berangkat sebanyak 40 orang. Berangkat ke Madinah pada tanggal 12 Oktober 2010 dan tiba di tanah air pada tanggal 22 November 2010. Jamaah yang berangkan pada Kloter 1 ini terdiri dari jamaah asal Tanjung Pinang, Natuna dan Lingga.

Selanjutnya Kloter 2 mulai masuk Asrama Haji pada 12 Oktober dengan jumlah jamaah yang berangkat sebanyak 237 orang. Dan bertolak ke Madina pada tanggal 13 Oktober dan tiba di tanah air pada 23 November 2010. Adapun keberangkatan jamaah Kolter 2 ini bersamaan dengan jamaah dari Tanjung Balai Karimun dan Bintan. Sementara Kloter 13, mulai masuk asrama pada tanggal 27 Oktober dengan jumlah jamaah sebanyak 130 orang. Berangkat ke Jedah pada 28 Oktober dan tiba di tanah air pada 8 Desember 2010. Rombongan ini berangkat bersama dengan jamaah haji asal Provinsi Riau dan Jambi. Kloter terakhir yang merupakan Kloter 23, mulai masuk asrama haji 2 November dan berangkat ke Jedah pada 3 November dan kembali di tanah air pada 13 Desember 2010. Jamaah ini berangkat bersama dengan jamaah dari Provinsi kalimantan Barat dengan jumlah jamaah asal Batam yang berangkat sebanyak 45 orang.

Acara pelepasan JCH pagi itu ditandai dengan tepuk tepung tawar yang dilakukan oleh Maaz Ismail, Asisten Administrasi Umum yang mewakili Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Selanjutnya, disusul oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Syamsul Bahrum, Kepala Kementrian Agama Kota Batam, Zulkifli Ak, serta perwakilan Unsur Muspida Kota Batam.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS