Marlin Terima Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017

By Admin Media Center Batam Pada : 21 Nov 2017, 13:49:24 WIB, - Kategori : Kabar BatamMarlin Terima Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017

MEDIA CENTER BATAM- Bunda Pendidikan AnaK Usia Dini (PAUD) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi menerima Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017, Senin (20/11). Selempang Anugerah Bunda PAUD dipasangkan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo di Balroom Hotel Allium, Tangerang, Banten. Marlin mengaku senang dengan anugerah yang diterimanya. Apa yang dicapainya ini merupakan hasil kerja kerasnya setahun lalu dalam mendukung dan memajukan PAUD di Kota Batam.

“Dengan diterimanya Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional ini tentunya akan menjadi motivasi dan peningkatan kinerja sebagai Bunda PAUD Kota Batam. Penilaian yang dilakukan benar-benar riil,” ucapnya senang usai menerima anugerah.

Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 diberikan kepada 164 orang yang terdiri dari berbagai unsur. Terdiri dari Bunda PAUD Kota/Kabupaten, bupati, kepala dinas pendidikan, camat, kepala desa, dan tokoh lainnya. Untuk penghargaan kategori Bunda PAUD diserahkan kepada 55 Bunda PAUD kabupaten/kota se Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menurutnya berhasil menerima empat anugerah dari kategori yang berbeda. Baginya Apa yang telah dicapai merupakan kerjasama antara Bunda PAUD Kota Batam bersama dengan Bunda PAUD Kelurahan dan Bunda PAUD Kecamatan.

Ke depannya Marlin akan segera membentuk forum Koordinasi PAUD di Kota Batam. Forum ini menurutnya perlu meski saat ini Batam telah memiliki Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA). PAUD Kota Batam menurutnya telah melakukan apa yang dicanangkan 1 Kelurahan 1 PAUD.

“Saya juga telah membuat grup WA seluruh Bunda PAUD Kelurahan dan Kecamatan. Saya minta Bunda PAUD Kelurahan dan Bunda PAUD Kecamatan turun ke PAUD di wilayahnya masing-masing dari hasil kunjungan itu mereka membuat laporan ke saya. Dari data dan informasi dibuatlah program PAUD yang cocok untuk dikembangkan di Kota Batam,” katanya menjelaskan.

Sebelumnya, Marlin ditetapkan sebagai Juara  I Bunda Paud Kabupaten/Kota Berprestasi se provinsi Kepri. Penetapan berdasarkan keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor Kpts. 056 tanggal 10 tentang Pemenang Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Berprestasi tahun 2017 Provinsi Kepulauan Riau. 

Ibu negara, Iriana Joko Widodo mengucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD yang telah mendidik anak usia dini. Iriana menyerahkan Anugerah PAUD secara simbolis untuk delapan orang penerima dari unsur Bunda PAUD, sosok peduli, dan organisasi mitra PAUD.

Pemberian penghargaan bertema PAUD Berkualitas Universal Kunci Keberhasilan Masa Depan. Dari data yang diperoleh anak usia 0 tahun hingga enam tahun pada 2016 berjumlah 33,5 juta orang dan pada 2045 usia mereka pada kisaran 29 tahun sampai 35 tahun.  Saat ini, tingkat keikutsertaan anak-anak pada program PAUD meningkat pesat di tingkat Asia dan dunia, estimasi persentase anak-anak berusia 3-6 tahun pada layanan PAUD di Indonesia sudah mencapai lebih dari 72,35 persen.

Sebagian besar mendapatkan layanan PAUD yang berbasis masyarakat lokal di lebih dari 57.526 desa. Dari data tersebut, masih ada sekitar 6,5 juta anak atau sekitar 34,84 persen anak yang belum memperoleh layanan anak usia dini. Sementara dari data desa, masih ada 23.737 desa yang belum ada layanan pendidikan anak usia dini.(HP)