Karena Mandiri, Hantarkan Posyantek Gerbang Madani Jadi Juara I TTG 2016

By Taslimahudin Pada : 30 Des 2016, 08:03:51 WIB, - Kategori : Kabar BatamKarena Mandiri, Hantarkan Posyantek Gerbang Madani Jadi Juara I TTG 2016

Media Center Batam - Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) 'Gerbang Madani' Bengkong berhasil mengukir prestasi dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional yang digelar di Lombok akhir November lalu. Berkat kerja keras hidup mandiri, menjadi poin utama dalam penilaian juri dalam menetapkanya sebagai yang terbaik. 

Ketua Posyantek Gerbang Madani,Jogy mengatakan, salah satu perhatian juri memang terletak pada kemandirian dalam memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat. Artinya, dalam kegiatan tersebut tidak melibatkan pemerintah khususnya dari sisi dana.

"Memang SK pembinaannya ada di pemerintah kota Batam. Tapi kita memberikan pelatihan melalui dana cari sendiri, seperti CSR perusahaan,"ujar Jogy, Kamis (29/12).

Dalam pelatihan yang diberikan, lebih menitikberatkan pada Hydroponik. Artinya, bila dana pelatihan itu didapatkan, maka masyarakat akan kita latih. Karena terbatas, maka berebagai elemen kita rangkul, seperti ada anak sekolah, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga.

Pemilihanya juga dilihat dari komitmen mereka. Karena, tanaman hydroponik yang dihasilkan diharapkan bukan hanya untuk konsumsi keluarga tapi bisa juga menambah perekonomian.

"Kita dorong agar pengembangannya lebih luas. Nah kalau sudah lebih, dikita siap menampung untuk menjual kembali hasilnya. Semacam koperasinya atau penyalur,"terangnya. 

Dikesempatan penerimaan piagam, Walikota Batam selaku pembina juga memperoleh penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI atas keberhasilan melakukan Pembinaan, Fasilitasi, dan Pemberdayaan Masyarakat melalui acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional Ke-XVIII tanggal 22 –  26 November 2016 yang diwakil Kepala Dinas PMPKUKM Batam, Febrialin.