Website Bagian Humas Setdako Batam » Sukseskan Visit Batam 2010 http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Mon, 26 Jul 2010 08:38:12 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0 Talkshow Dirjen Hortikultura Bersama Wako Batam Ditayang Sabtu Besok http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/ http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/#comments Fri, 09 Jul 2010 01:43:36 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12630 JAKARTA - Setelah mengalami penundaan  beberapa hari, akhirnya talkshow terkait pelaksanaan Pekan Flora Flori Nasional (PF2N) 2010 di Batam ditayang ulang untuk memberikan informasi yang lengkap dan terbarukan kepada seluruh stakeholders flori dan flora yang akhir-akhir ini semakin berkembang pesat ditengah kompetisi global yang telah menerapkan teknologi hortikultura. Pada tanggal 15-22 Juli mendatang, acara PF2N yang sengaja dihadirkan di Kota Batam sebagai potensi baru pengembangan dan bisinis hortikultura akan digelar dengan menghadirkan berbagai varietas unggul dan baru yang potensial untuk dikembangkan di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, selaku tuan rumah penyelenggaraan even tersebut bersama Dirjen Hortikultura Kementan RI secara sinergis telah melakukan berbagai upaya untuk publikasi informasi termasuk mengikuti talkshow bersama di Televisi Republik Indonesia (TVRI), pada Senin (5/7) yang lalu. Talkshow ini juga diikuti oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI,  Dr. Ir. Ahmad Dymiati, M.S. Acara Talkshow yang dipandu oleh presenter Wardaniah Hadiyanto membahas tentang berbagai potensi pengembangan hortikultura di Indonesia serta upaya membidik akses pasar global melalui gelaran acara di Batam yang berbatasan langsung dengan luar negeri. Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Ahmad Dymiati, M.S. menyampaikan bahwa Direktorat hortikultura dibawah pimpinannya telah berupaya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas agar komoditas hortikultura menjadi sebuah komoditas yang multi manfaat dan multi fungsi. Serta bernilai tinggi yang terdiri dari kelompok tanaman buah, tanaman hias, sayuran dan biofarmaka.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran direktorat hortikultura tersebut menambahkan pengembangan hasil-hasil pembangunan hortikultura merupakan sebuah prioritas dengan menggandeng semua stakeholders untuk melakukan berbagai inovasi, kreasi hingga promosi produk hortikultura. Salah satunya dengan penyelenggaraan PF2N yang setiap tahunnya digelar secara selektif di daerah-daerah yang memiliki komitmen yang tinggi dalam ketiga upaya dimaksud.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, selaku tuan rumah penyelenggaraan even besar tersebut menjelaskan kesiapan Kota Batam sebagai tuan rumah dalam menyambut event nasional tersebut.  Bahkan dari informasi terbaru yang diperoleh dari sekretariat menjadikan even ini sebagai even Internasional dengan keikutsertaan negera-negara lain yang bertetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thaailand. Dengan berbagai potensi yang dimiliki, Batam berupaya memainkan perannya sebagai etalase berbagai peluang bisnis termasuk hortikultura dengan tujuan membuka peluang bisnis dan pengembangan dunia hortikultura kedepannya.

“Kami mengajak semua pihak untuk dapat memanfaatkan moment PF2N tahun 2010 ini sebagai peluang besar untuk pengembangan potensi hortikultura, bahkan bisinis yang terkait dengan hortikultura yang belum dimanfaatkan sebelumnya,” katanya seraya mengundang seluruh stakeholders terkait.

Sementara Kabag Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, mengatakan acara talkshow yang berdurasi 30 menit tersebut sengaja digelar dan akan ditayangkan  pada Sabtu besok (9/7) pada pukul 10.30 wib dalam acara Even Minggu Ini di media Televisi Nasional  TVRI sebagai stasiun televisi Nasional terluas jangkauan dan daya jelajah siarannya di seluruh tanah air bahkan sanpai ke luar negeri sebagai upaya brain storming seluruh stakeholders dalam dan luar negeri. Sehingga dapat mengundang antusiasme dan keikutsertaan para pelaku, pecinta bahkan pemerhati hortikultura dapat mempersiapkan berbagai hal terkait keikutsertannya dalam even tersebut. Menurutnya, PF2N akan dibuka langsung oleh Menteri Pertanian, Suswono. Untuk kesiapan yang telah dilakukan, paniti mulai mendirikan tenda-tenda di Jalan Engku Putri Batam Centre. Sementara untuk jumlah stand, peserta yang sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut serta sebanyak 183 dengan jumlah stand bursa 100 stand.

“Bahkan kita sudah menerima konfirmasi dari Thailand, bahwa mereka akan ikut serta dalam event ini. Stand yang mereka pesan sebanyak 10 stand, sementara dari Malaysia telah memesan dua stand,” kata Yusfa.

Saat ini persiapan sudah ditandai dengan pemasangan panggung utama dan pembangunan stand disepanjang jalan Engku Putri Batam Centre.

PF2N ini bertujuan untuk mempromosikan hasil pembangunan dan produk hortikultura, termasuk pemberian informasi peluang investasi dibidang hortikultura dan penjajakan kerjasama bisnis antar pelaku usaha. Selain ada pameran, lomba, bursa tanaman hias, lomba merangkai bungsa, lomba fotografer, lomba merangkai sayur juga akan digelar pawai kendaraan hias yang akan berjalan mulai dari Mega Wisata Ocarina menuju Engku Putri pada tanggal 17 Juli 2010.

Anda penasaran dengan berbagai potensi varietas unggul komoditas Hirtikultura Indonesia? Silahkan menonton acara Talkshow tersebut pada waktu yang telah disebutkan diatas dan hadir dalam acara pembukaan sampai berakhirnya cara Pekan Flori Flora Nasional di Batam tersebut.

(*humas_crew/ttn)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/feed/ 1
Peserta International Sea Eagle Boat Race Mulai Tiba di Belakang Padang http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/ http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/#comments Wed, 30 Jun 2010 12:37:30 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12550 BATAM- Menjelang pelaksanaan International Sea Eagle Boat Race yang di laksanakan 2-4 Juli 2010 di Belakang Padang, panitia pelaksana telah melakukan persiapan. Rabu (30/6) bertempat di lantai IV Kantor Wali Kota, seluruh peserta lomba International Sea Eagle Boat Race diundang untuk mendapatkan pengarahan dari panitia. Dari hasil technical meeting itu tercatat jumlah tim yang telah mendaftarkan diri berjumlah 45 tim, dengan rincian 30 tim lokal yang antara lain berasal dari tanjung Balai, Tanjung Pinang, Tembilahan, Meranti, dan 15 tim internasional yang berasal dari Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam.
Dalam kesempatan itu, Ketua Harian International Sea Eagle Boat Race 2010, Buralimar mengatakan bahwa acara pembukaan akan dilaksanakan pada Kamis (1/7) malam di Belakang Padang Menurut rencana, malam pembukaan acara olahraga air ini akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, HM Sani, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan seluruh jajaran Muspida Kota Batam. Bahkan sebagian peserta telah tiba seperti Tim Kuala Lumpur PDRM yang terdiri dari tim putra dan putri sejak Rabu malam lalu telah chek in di Hotel Gloris, Tim Tanjung Pinang A dan B telah tiba di Belakang Padang, Tim Aceh (Simeleu) juga telah sampai di Belakang Padang demikian juga tim dari Inhil telah tiba di Belakang Padang dan menginap di Hotel Asia.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam sendiri telah menyiapkan paket acara khusus dalam pembukaan ini. Dikemas dengan gaya yang kental dengan entertainment dan culture. Sehingga malam itu akan menjadi sebuah perayaan yang berbeda dari even-even lainnya. Hadir pula beragam pameran produk unggulan daerah, pusat juadah yang menggelar aneka jajanan, permainan rakyat dan sajian menarik lainnya.

International Sea Eagle Boat Race 2010 yang ke delapan tahun ini menawarkan total hadiah uang tunai sejumlah Rp 55 juta, yang akan diperebutkan oleh tim yang bertanding. Throphy tetap, piagam penghargaan dan throphy bergilir. Kategori Lomba terdiri dari kategori lokal dan internasional, yang akan diperlombakan melewati babak penyisihan pada hari Jumat dan Sabtu (2-3/7), serta babak semi final dan final yang diadakan pada hari Minggunya (4/7). Jarak tempuh yang diperlombakan tahun ini adalah 600 meter (pulang/pergi) melewati riak ombak Perairan Elang Laut Belakang Padang, Batam.

Kesiapan panitia dari tahun ke tahun semakin membaik, hal ini ditunjukkan dengan adanya itikad baik dari panitia untuk mengasuransikan seluruh peserta yang ikut berlomba. Pada sesi technical meeting juga para peserta dibagikan manual book yang akan menjadi panduan bagi peserta guna memberikan segala informasi terkait pelaksanaan dan persyaratan lomba. Melalui acara ini panitia berharap, even internasional yang juga merupakan bagian dari gencarnya promosi Visit Batam 2010 ini dapat menjadi sarana dan media promosi, kreasi dan sekaligus sebagai wujud apresiasi masyarakat pesisir Belakang Padang dalam rangka mendukung Visit Batam 2010.

Lebih jauh lagi, even ini diharapkan dapat menjaring wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Batam. Sehingga tercermin sinergi yang cukup kuat di dalam mewujudkan tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat Batam yang lebih baik lagi di masa depan. Untuk itu, partisipasi serta kehadiran seluruh elemen masyarakat Batam sangat diharapkan guna mendukung kesuksesan dan kelancaran International Sea Eagle Boat Race 2010.(crew_humas/bb)

ft lainnya**


]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/feed/ 0
30 Tim Ikuti International Sea Eagle Boat Race 2010 http://www.humasbatam.com/2010/06/17/30-tim-ikuti-international-sea-eagle-boat-race-2010/ http://www.humasbatam.com/2010/06/17/30-tim-ikuti-international-sea-eagle-boat-race-2010/#comments Thu, 17 Jun 2010 02:27:01 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12440 BATAM- Sebanyak 30 tim akan mengikuti International Sea Eagle Boat Race 2010 yang diselenggarakan 2-4 Juli 2010. Even tahunan yang telah diagendakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini bertujuan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dan domestik, dalam rangka mensukseskan Visit Batam 2010 dengan motto “The Spirit to Build Our Culture”. Ketua Panitia International Sea Eagle Boat Race 2010, Buralimar mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan di Dataran Elang Laut Kecamatan Belakang Padang. Rencananya, ujar Buralimar, acara ini akan dihadiri oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Wali Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam serta jajaran Muspida Kota Batam.

Dalam perlombaan International Sea Eagle Boat Race 2010 ini juga mengundang negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darusalam serta beberapa negara Eropa yang berada di Singapura yang memiliki tim Dragon Boat. Katanya, perlombaan ini akan dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori Internasional dan lokal. Peserta akan memperebutkan piala bergilir Wali Kota, uang pembinaan serta sertifikat. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp46 juta pada perlombaan ini. Untuk masing-masing tim terdiri dari 12 orang pendayung, 1 orang juru mudi dan 2 orang cadang.

“Kegiatan perlombaan ini dalam rangka tahun kunjungan wisata di Kota Batam. Kita juga akan menampilkan konsep baru pada penyelenggaraan International Sea Eagle Boat Race kali ini,” ujar Buralimar yang akan mengatakan even ini merupakan yang ke tujuh sejak diselenggarakan pada tahun 2007 lalu.

Sea Eagle Boat Race kali ini akan diadakan pada malam hari dengan nuansa keindahan lampu. Pemko Batam juga akan mendatangkan kapal Cheng Ho untuk memeriahkan acara tersebut. Dengan demikian maka masing-masing peserta yang terlibat dalam even ini akan menikmati indahnya lautan Batam pada malam hari dengan kapal tersebut. Tidaknya peserta yang dapat melihat kapal ini, namun masyarakat Kota Batam juga diberi kesempatan untuk menyaksikan acara ini.

Kenapa even ini menjadi unik, Buralimar mengatakan karena peserta start dari pantai dan bergerak sejauh 300 meter ke tengah laut selanjutnya kembali memutar ke pantai. Pada even kali ini panitia mengadakan berbagai even dan atraksi budaya serta pameran UKM untuk memeriahkan acara. Acara menurutnya akan dipusatkan di wilayah perkotaan dalam rangka memperkenalkan daerah hinterland kepada wisatawan.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/06/17/30-tim-ikuti-international-sea-eagle-boat-race-2010/feed/ 3 Pemilihan Duta Wisata Untuk Bantu Promosi Wisata Batam http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/ http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/#comments Tue, 01 Jun 2010 08:52:48 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12314

BATAM – Penobatan sebanyak 20 Finalis Duta Wisata Kota Batam 2010 yang dipilih pada Minggu (30/5) lalu menjadi salah satu momen penting dalam upaya mengenalkan berbagai potensi pariwisata dan kebudayaan Batam ke dunia luar. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam sebagai leading sektor pemberdayaan para finalis tersebut akan sangat terbantu dalam melakukan berbagai promosi khusunya dalam rangka Visit Batam 2010.
Pemasangan selempang terhadap 14 wanita dan 6 pria sebagai finalis Duta Wisata Batam 2010, dilakukan secara langsung oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Guntur Sakti, serta tokoh perempuan Batam Sri Soedarsono dan tamu kehormatan lainnya. Para finalis tersebut telah melewati serangkaian tes sejak Minggu pagi harinya .
Kepala Disparbud Kota Batam, Guntur Sakti menyampaikan, konsep pemilihan duta wisata tahun ini agak berbeda dengan even yang sejenis ditahun sebelumnya untuk mendukung program kepariwisataan dan kebudayaan di Kota Batam secara efektif dan berkelanjutan, ungkapnya. “Kesemua finalis duta wisata tersebut akan mendukung kegiatan promosi dalam berbagai bidang untuk kemajuan Kota Batam” ungkapnya optimis.
Masih menurut Pria berperawakan besar ini, para duta wisata tersebut, akan diberdayakan untuk mendukung pariwisata di Batam seperti dilibatkan dalam even-even kepariwisataan baik tingkat lokal, nasional dan internasional.
”Dalam satu even mungkin melibatkan lima sampai enam orang duta wisata. Anggaran yang ada bisa kita gunakan untuk biaya oprasional seperti transportasi serta make-up para duta wisata,” tuturnya.
Para duta wisata yang telah dinobatkan, sebutnya akan mengikuti pelatihan dan pembinaan seperti etika dan kemampuan bahasa Inggris. ”Hal ini untuk meningkatkan kemampuan para duta wisata tersebut,” imbuhnya.
Untuk mengungkap karakteristik khusus dalam duta wisata tersebut, kedepan pasangan duta wisata akan diberikan ‘label’ atau penamaan secara spesifik yang terkait dengan Batam. ”Sama halnya dengan Jakarta yang tenar dengan sebutan Abang dan None Jakarta, kita akan mencari sebutan khusus untuk Batam,” terangnya.
Untuk penentuan nama tersebut, Disparbud Kota Batam tengah berkoordinasi dengan tokoh melayu serta Lembaga Adat Melayu (LAM). ”Biasanya laki-laki melayu disebut Awang dan perempuan disebut Dayang. Rencananya, Awang dan Dayang bakal jadi sebutan putra dan putri melayu,” sebutnya.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan, dalam acara tersebut berpesan agar para Duta Wisata Batam sebagai putera-puteri terbaik dalam ajang tersebut menjadi panutan bagi kaum muda lainnya untuk mempromosikan dan membangun wisata Batam. Peran Duta Wisata, kata Dahlan, sangat dibutuhkan dalam berbagai iven, mengiformasikan wisata Batam dan membangun imej wisata Batam.
“Komitmen dan sinergitas kita semua sangat dibutuhkan untuk membangun Batam, meningkatkan wisata Batam dan menigkatkan wisatawan ke Batam melalui kerja sama dengan Tim Visit Batam 2010. Ciptakan imej wisata kita bagus agar Batam yang dicanangkan sebagai pintu gerbang (gateway) wisata nasional di bagian Barat juga sukses,” katanya.
Koordinator penyelenggara acara pemilihan Duta Wisata Batam 2010, Silvia Hilda, menjelaskan, sebelumnya peserta yang mengikuti ajang tahunan ini berjumlah 37 orang dan setelah melalui beberapa seleksi seperti pemahaman tentang Batam, pengetahuan bahasa serta performance, baru diputuskan sebanyak  20 orang dinobatkan sebagai duta wisata.
“Duta Wisata Batam berumur 15-25 tahun. Tinggi untuk pria dipatok minimal 170 cm dan perempuan 165 cm. Ini persyaratan untuk daerah dan kalau diikutkan untuk nasional, tinggi laki-laki minimal 175 cm dan perempuan 165 cm.

(humas_crew/ttn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/feed/ 0
Wako Paparkan Batam Sebagai ‘Gate-Way’ Indonesia http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-paparkan-batam-sebagai-gate-way-indonesia/ http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-paparkan-batam-sebagai-gate-way-indonesia/#comments Wed, 19 May 2010 11:52:40 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12167 BATAM- Tim Visit Batam 2010 melakukan Rapat Kordinasi Visit Batam 2010 bertempat di Kantor Walikota Batam (19/5). Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Batam Guntur Sakti mengatakan rapat kordinasi ini sebagai evaluasi tehadat program Visit Batam 2010. Selain sebagai evaluasi, rakor kemarin juga sebagai sarana untuk menenangkap ide-ide cemerlang dari stake holder dunia pariwisata untuk pembagunan pariwisata Batam ke depan.

Pada kesempatan itu Guntur juga memaparkan program kerja Visit Batam 2010 antara lain Penataan Infrastruktur, Penataan Objek Wisata dan Promosi even-event wisata dan objek wisata ke wisatawan. Dalam kesempatan itu, Guntur memaparkan arah kebijakan dan pengembangan pariwisata Kota Batam dan rencana strategis Visit Batam 2011 s/d 2015. Sehingga pada tahun 2015 diharapkan Batam menjadi pintu masuk (gate way) Wisatawan Asing ke Indonesia dan menjadi Destinasi Pariwisata Nasional/International (Gate Way Indonesia).

Sementara itu Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, Batam sebagai kota Industri,perdagangan, dan alih kapal juga mengandalkan sektor Pariwisata. Berbicara industri Pariwisata harus ada perencanaan yang matang dan terintegrasi antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat kota Batam. Sehingga diharapkan program visit Batam ini berkesinambungan, sehingga pada tahun 2015 Batam menjadi Pintu masuk wisatawan mancanegara teruma untuk wilayah Sumatra.

Diakhir arahannya Wako mengatakan  Visit Batam 2010 merupakan sarana awal untuk memajukan pariwisata di Batam. Ia berharap walaupun pemimpin Batam berubah, namun  program visit Batam terus berjalan demi kemajuan Dunia pariwisata di Batam. Rapat yang dipimpin Wako ini dihadiri Wakapoltabes Barelang Kombes Eka Yudha, SKPD penunjang Visit Batam dan stake holders yang bergerak dibidang Pariwisata diantaranya Asosiasi Travel, Pengusaha Hotel, Pengelola Pelabuhan dan Pengelola tempat Hiburan.(crew_humas/yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-paparkan-batam-sebagai-gate-way-indonesia/feed/ 0
Wako Sambut Batam Alternatif Utama Nonton Bareng Piala Dunia 2010 http://www.humasbatam.com/2010/05/05/wako-sambut-batam-alternatif-utama-nonton-bareng-piala-dunia-2010/ http://www.humasbatam.com/2010/05/05/wako-sambut-batam-alternatif-utama-nonton-bareng-piala-dunia-2010/#comments Wed, 05 May 2010 11:01:19 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=11955 BATAM – Hiruk pikuk perhelatan olahraga sejagat “Piala Dunia 2010’ sepertinya mulai mewarnai Kota Batam, sebagai salah satu kota besar yang diperhitungkan di Indonesia dan berdekatan dengan Negara Singapura. Buktinya, Electronic City (EC) sebagai satu-satunya pemegang lisensi atas hak tayang Piala Dunia, berkunjung langsung menemui Walikota Batam, Ahmad Dahlan, untuk memberikan alternatif hiburan bagi warga Batam khususnya serta Singapura yang tidak mempunyai kesempatan untuk menggelar acara Nonton Bareng di negeri merlion tersebut dan sekaligus mengalihkannya ke Kota Batam.

Juana Ekowati, Managing Director Absolute sebagai perusahaan yang ditunjuk EC untuk mengkoordinir wilayah Batam sekitarnya mengatakan, bahwa kedatangannya ke Batam adalah atas perintah pemilik EC yang menugaskannya secara langsung untuk menghandle Kota Batam untuk menjadi bagian dari acara Piala Dunia 2010. Setelah menghubungi beberapa hotel, diperoleh respon yang sangat baik dari para pemilik dan manajemen hotel di Batam untuk melaksanakan acara Nonton Bareng Paiala Dunia 2010. Bahkan ada sebuah hotel ternama di Batam yang menargetkan mampu mendatangkan 3.000 pengunjung di malam final Piala Dunia tersebut.

Melihat letak strategis Batam yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia, EC merasa perlu mensosialisasikan dan menjual paket acara yang menarik ini kepada para wisatawan yang selalu melancong ke Batam. Melalui kerjasama yang baik dengan travel agent di Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, EC mencoba menawarkan paket acara yang menarik kepada para wisatawan yang datang ke Batam. Hal ini mendapat sambutan yang luar biasa dari Walikota Batam yang tentunya juga hal ini akan mendukung sekali program Visit Batam 2010.
Dalam hal ini, pihak Batam View Resort akan mentargetkan pengunjung dari Singapura, Malaysia, serta Taiwan dan Korea yang biasa berkunjung di kala weekend. Selain itu paket yang sama akan ditawarkan juga kepada pihak-pihak corporate atau perusahaan yang ada di Batam, termasuk komunitas-komunitas yang ada, misalnya komunitas para dokter, club mobil, dan lainnya. Guna memeriahkan rangkaian acara ini, pihak EC berjanji akan menyusun paket acara yang menarik dan akan menghadirkan artis-artis ibukota, serta menyediakan hadiah doorprize.
Dalam kesempatan ini pula, Walikota Batam menyampaikan bahwa Batam telah memiliki infrastruktur yang sangat memadai untuk wisata musiman tersebut mulai dari pelabuhan internasional di beberapa entry point serta utilitas hotel dan perkotaan serta dukungan manajerial sebagai daya tarik tersendiri bagi kunjungan para wisatawan.  Disamping itu pula disela-sela perhelatan Piala Dunia tersebut Batam juga telah menyusun beberapa agenda wisata sehingga memberikan alternatif kepada para pelancong seperti Pekan Flora dan Flori se ASEAN, Sea Eagle Boat Race serta Lomba Renang Selat Riau 10 Km akan menambah semarak dan kenyamanan kunjungan para wisatawan, ungkapnya optimis.

Sedangkan untuk daya tarik lain, Turi Beach Ressort dan Batam View Ressort tengah menawarkan paket menarik untuk para golfer lokal dan luar negeri untuk menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobbynya di kawasan Nongsa. Tiga kawasan golf yakni : Tering Bay, Palm Spring Golf dan Tamarine Golf bekerja sama untuk perhelatan event internasional “The Longest Drive International Tournament”.
Untuk kesuksesan pelaksanaan Nonton Bareng Piala Dunia 2010 ini Walikota secara langsung menyampaikan akan memberikan dukungan dengan mengangkat even tersebut sebagai  bagian dari program Visit Batam 2010, sehingga seluruh pihak yang berkepentingan di Kota Batam ini dapat memberikan dukungannya.
Kadisparbud Kota Batam, Guntur Sakti, dalam pertemuan ini menyampaikan hal senada mengenai dukungannya terhadap pihak EC dalam hal penyelenggaraan Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung 11 Juni-11 Juli 2010. Guntur Sakti merasa beruntung, karena tentunya dalam promosi dan pelaksanaan acara nanti gaung Visit Batam akan semakin menggema.
Masih menurut Guntur, dalam kurun waktu tiga bulan kedepan sejumlah acara telah disiapkan oleh pihaknya, diantaranya yaitu : Pemilihan Duta wisata dan Lomba renang Selat Riau sejauh 9800m yang diselenggarakan bersama TNI Angkatan Laut di Bulan Mei, di bulan Juni akan dilaksanakan Pekan Flori Flora, dan di Bulan Juli dijadwalkan akan dilaksanakan Sea Eagle Boat Festival, serta Asean Underground Festival. Semoga dengan hadirnya rangkaian acara tersebut target menghadirkan satu juta wisatawan bisa kita wujudkan, dan Batam semakin dikenal sebagai destinasi wisatawa dunia, ungkapnya optimis.

(*humas_crew/barb)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/05/wako-sambut-batam-alternatif-utama-nonton-bareng-piala-dunia-2010/feed/ 0
Pemko Batam Siapkan Ragam Event Wisata Sukseskan Visit Batam 2010 http://www.humasbatam.com/2010/01/07/pemko-batam-siapkan-ragam-event-wisata-sukseskan-visit-batam-2010/ http://www.humasbatam.com/2010/01/07/pemko-batam-siapkan-ragam-event-wisata-sukseskan-visit-batam-2010/#comments Thu, 07 Jan 2010 03:58:00 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10772 BATAM – Menyambut tahun kunjungan wisata Batam atau Visit Batam 2010, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam mempersiapkan berbagai event wisata. Sebagian besar event tersebut sengaja dikemas dengan segmentasi wisatawan mancanegara. ”Ada sebagian event dari pihak swasta, ada juga dari kegiatan tahunan Pemko Batam. Semua kami upayakan dapat memikat kunjungan wisatawan asing,” kata Kepala Disbudpar, Guntur Sakti, Rabu (6/1).

Beberapa event tersebut antara lain Clipper Around The World yang akan digelar di Nongsa Point Marina pada 19-23 Januari 2010. Selanjutnya, event Strait Regata yang merupakan ajang kompetisi olahraga air yang akan diikuti sejumlah peserta dari luar negeri, seperti Australia, Amerika, Inggris, dan lain sebagainya. Acara ini juga akan digelar di Nongsa Point Marina pada 23-30 Januari 2010.

Selanjutnya ada acara Festival Kapal Pesiar Batam, kompetisi bola voli tingkat Asia Pasifik, kompetisi golf tingkat Asia, Festival Cap Go Meh yang semuanya akan dihelat pada Februari dan April 2010 nanti.

”Untuk awal tahun ini, kami banyak mendukung event-event yang digarap pihak swasta,” kata Guntur.

Guntur menyebutkan, di tahun 2010 ini ada dua event yang menjadi andalan Visit Batam 2010. Yakni Festival Film Indonesia (FFI) dan Kenduri Seni Melayu (KSM). Sayangnya, sampai saat ini belum ada kepastian soal pelaksanaan FFI tersebut.

Namun demikian, dari ke-28 event yang diagendakan Disbudpar masih diselingi dengan berbagai event tambahan yang diorganisir oleh pihak-pihak luar.

Ditanya target kunjungan wisman ke Batam di 2010, Guntur belum berani memasang angka moderat. Katanya, target tersebut perlu dibicarakan bersama dengan para pelaku wisata dan stakeholder terkait.

No    Event                                                                           Waktu                                Tempat
1       Clipper Around The World                         19-23 Jan 2010               Nongsa Point Marina
2       Strait Regata                                                     23-30 Jan 2010              Nongsa Point Marina
3       Lions Club Charity Golf                                31 Jan 2010                     Plam Springs Golf Resort
4       Cap Go Meh                                                        28 Feb 2010                   Vihara Duta Maitreya
5       Batam Grand Wedding Expo                       18-28 Feb 2010             Nagoya Hill
6       Batam Cruise Festival                                     2-4 April 2010              Nongsa Point Marina
7       Asia Pacific Volley Ball Championship    20-25 April 2010       Nongsa Point Marina
8       Asian Golf Charity                                             24-25 April 2010       Batam Golf Club
9       Kejurnas Bridge ke 48                                      23 April 2010             Golden View
10    BGSC Open Tournament                                  15 Mei 2010                Palm Springs Golf Resort
11    The 10th Batam Expo 2010                            5-9 Mei 2010             SPC
12    1st Batam Act & Food festival                       7-14 Mei 2010           SPC
13    Sinar Mas Cup IV Golf Tournamnet            June 2010                  Palm Springs Golf Resort

(*sumber : batamposonline)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/01/07/pemko-batam-siapkan-ragam-event-wisata-sukseskan-visit-batam-2010/feed/ 1
Dukung Visit Batam 2010, FPTI dan Batalyon 134 Meluncur dari Jembatan Barelang http://www.humasbatam.com/2010/01/05/dukung-visit-batam-2010-fpti-dan-batalyon-134-meluncur-dari-jembatan-barelang/ http://www.humasbatam.com/2010/01/05/dukung-visit-batam-2010-fpti-dan-batalyon-134-meluncur-dari-jembatan-barelang/#comments Tue, 05 Jan 2010 03:09:47 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10756

BATAM- Mengawali Tahun Kunjungan Wisata Kota Batam 2010, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Cabang Batam dan Batalyon 134 Tuah Sakti melakukan aksi flying fox dan Rafling, Jumat (1/1). Aksi yang digelar di Jembatan I Barelang dikemas dalam Gebyar Mountenering Visit Batam 2010 dilepas oleh Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika. Aksi menantang yang di tampilkan tim panjat dinding dan Yon 134 tersebut membuat kagum pengunjung jembatan Barelang yang mengisi liburan awal tahun baru 2010. Flying fox dan  rafling dilakukan dari atas jembatan I Barelang meluncur ke dasar jembatan dengan ketinggian + 100 meter. Yang dilakukan dengan berbagai gaya seperti gaya spiderman, gaya kepala di bawah (terbalik), hingga gaya tandem dengan menggendong bayi berumur 10 bulan. Aksi yang ditampilkan ini menambah ketegangan pengunjung yang menyaksikan acara tersebut.Ketua Panitia Yarsi Efendi mengatakan, Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan FPTI dan Yon 134 Tuah Sakti dalam menyambut Tahun kunjungan Wisata Batam 2010. Yarsi menjelaskan kegiatan ini melibatkan 28 orang dari FPTI dan 10 orang dari Yon 134 dengan persiapan pada alat-alat kelengkapan yang safety (aman). Peserta yang terlibat pada aksi dari berbagai usia dari balita (10 bulan) yang digendong, anak-anak dan dewasa, tapi tentunya harus didampingi instruktur dan pelatih, ujarnya.

Dalam sambutannya Wakil Walikota mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat harus mendukung program Visit Batam 2010 sesuai dengan pekerjaan dan keahliannya. Seperti yang dilakkan FPTI Batam dan Yon 134 Tuah Sakti melalui kegiatan flying fox dan rafling ini. Ria berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik.

Ria berpesan kepada panitia dan peserta agar betul-betul memperhatikan keselamatan, mengecek alat-alat yang digunakan, dan mohon keselamatan pada Allah SWT agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Usai memberikan sambutan, Wakil Walikota di daulat untuk mecoba flying fox dari Jembatan I Barelang. Ria yang datang dengan keempat anaknya pun merasa tertantang untuk mencoba Flying Fox, setelah melakukan persiapan dan pemanasan Wawako dan putra putrinya meluncur disaksikan pengunjung jembatan I Barelang. Ditemui usai meluncur, Wawako merasa senang dan surpraise dapat mencoba flying fox dari jembatan Barelang, ujarnya.

Turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Kepri Nur Syafriadi, Kadis Pariwisata Kota Batam Guntur Sakti, Danton Yon 134 Tuah Sakti Letda Inf,Rusdianto dan Kabid dilingkungan Pemko Batam.

(crew_humas/yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/01/05/dukung-visit-batam-2010-fpti-dan-batalyon-134-meluncur-dari-jembatan-barelang/feed/ 2
Wako Sambut Wisman Pertama di Awal Tahun 2010 http://www.humasbatam.com/2010/01/01/wako-sambut-wisman-pertama-di-awal-tahun-2010/ http://www.humasbatam.com/2010/01/01/wako-sambut-wisman-pertama-di-awal-tahun-2010/#comments Fri, 01 Jan 2010 06:54:46 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10720 BATAM-Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menyambut Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berkunjung pertama di awal tahun 2010, Jumat (1/1) di terminal Fery International Batam Centre. Turis asal Singapura yang disambut pagi itu berjumlah 48 orang yang datang menggunakan Kapal Fery Penguin. Penyambutan itu ditandai dengan pengalungan karangan bunga dan penyerahan cinderamata oleh Walikota. Dua orang Wisman yang menerima karangan bunga dari Walikota yakni Asna Binti Abdurrahman dan Azhar Nurlista asal Singapura. Dalam sambutan singkatnya, Walikota mengucapkan selamat datang kepada Wisman yang bari tiba di Batam. Walikota juga mengatakan agar selama di Batam para Wisman merasa senang dan betah. Ia juga menyebut bahwa Batam merupakan pulau yang indah dan bergerak di sektor jasa, industri dan pariwisata.

Atas sambutan yang dilakukan oleh Pemko Batam, Asnah mengucapkan terimakasih dan mendoakan agar Batam sukses dan jaya selalu. Beberda dengan Azhar, Wisman asal Singapura ini merasa berada di rumah sendiri setiap kali berkunjung di Batam. Batam merupakan pulau yang indah dan ia berkunjung tidak hanya dikunjungi setiap kali liburan namun setiap kali ada kesempatan.

“Batam sudah jadi saudara karena kita serumpun, sama-sama melayu. Tak Melayu Hilang di Bumi,” katanya bangga.

Lebih lanjut Walikota mengatakan bahwa pagi itu Batam telah menerima kunjungan rombongan Wisman diawal tahun 2010. Tidak hanya di Terminal Fery International Batam Centre tapi juga turis yang masuk melalui Harbour Bay, pelabuhan Terminal Fery Internasional Sekupang dan Nongsa Pura. Visit Batam 2010, tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan Wisman namun bagaimana menatanya.

“Bali terkenal sebagai tempat kunjungan Wisman, namun butuh waktu panjang untuk mencapai itu semua. Untuk itu perlu dirubah pemikiran tentang pariwisata merupakan tugas pemerintah. Pemerintah hanya sebagai pemicu dan yang berperan adalah masyarakat dan pebisnis,” jelasnya.

Harapan pariwisata Batam di tahun 2010 ini, pariwisata Batam lebih maju. Saat ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam telah menetapkan berbagai objek wisata dan membuat event menjadi event tahunan. Dengan demikian dalam waktu 3 sampai 4 tahun mendatang, Batam menjadi pintu masuk Indonesia khususnya bagian barat. Kenapa? Karena sampai saat ini untuk wilayah Sumatera masih belum tergarap. Bicara mengenai target kunjungan Wisman ditahun 2010, Walikota mengatakan target sebanyak 1,2 juta orang. Meningkatkan minat Wisman ke Batam, Pemko menurutnya akan terus memberikan kemudahan dengan cara mempermudah akses dan meningkatkan infrastruktur di Kota Batam.

Siapkan 15 Event di Tahun 2010

Tahun 2010 ini, Disparbud telah membuat kalender event yang diselenggarakan oleh Pemerintah, swasta dan pemerintah bersama pihak swasta. Event ini akan dilaksanakan pada bulan Januari-April, Mei-Agustus dan Agustus-Desember. Dalam waktu dekat Turi Beach akan menyelenggarakan lomba layer internasional, dimana Batam dijadikan sebagai tempat persinggahan kapal-kapal internasional. Selain itu juga akan diadakan Chinese Festival dengan berkerja sama dengan Persatuan Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI). Kemudian melakukan penataan infrastrukstur perkotaan yakni memperbaiki 150 titik lampu penerangan di kawasan Jodoh dan Nagoya. Penataan median jalan di taman kota, penataan landscape dan lampu hias, seta revitalisasi halte, semuanya bertujuan untuk meningkatkan sisi estetika di setiap sudut kota.

Selanjutnya mengoptimalkan objek wisata yang dimulai dengan penataan jembatan Barelang I. Tim Visit Batam menurutnya akan menata samping kiri dan kanan jembatan tersebut dengan membuat parking area dan community area. Juga akan dibangun sebuah stage (panggung) di bawah jembatan Barelang sebagai tempat kegiatan konser dan sebagainya. Nantinya setiap acara yang digelar di stage ini akan punya pemandangan background Jembatan Barelang I. Di sini juga akan dibangun outlet tourist/information centre. Juga fasilitas toilet umum, selain itu di kedua ujung jembatan akan dibangun menara pandang dengan memanfaatkan kemiringan yang ada. Hal ini digunakan sebagai objek dalam pengambilan foto.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/01/01/wako-sambut-wisman-pertama-di-awal-tahun-2010/feed/ 0
Ribuan Warga Batam Saksikan Pesta Kembang Api Spektakuler di Engku Putri http://www.humasbatam.com/2010/01/01/ribuan-warga-batam-saksikan-pesta-kembang-api-spektakuler-di-engku-putri/ http://www.humasbatam.com/2010/01/01/ribuan-warga-batam-saksikan-pesta-kembang-api-spektakuler-di-engku-putri/#comments Fri, 01 Jan 2010 06:06:06 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10717 BATAM- Menyambut tahun baru 2010, ribuan warga Batam Kamis (31/12) malam lalu memadati Dataran Engku Putri untuk menyaksikan Pesta Kembang Api spektakuler. Warga Batam yang telah sejak sore hari memadati Engku Putri terlebih dahulu dihibur dengan penampilan band local dan artis Ibukota. Kembang api diluncurkan setelah Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama dengan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika beserta unsur Muspida melakukan countdown yang diikuti oleh warga Batam. Tepat pukul 00.00 wib, tiupan terompet menggema disusul dengan luncuran kembang api ke udara menandakan masuknya Tahun 2010. Di malam pergantian tahun baru itu juga, Walikota melaunching Visit Batam 2010.

Sesaat langit di Dataran Engku Putri berubah menjadi indah dengan warna-warna yang indah. Moment tersebut dimamfaatkan oleh masyarakat untuk mengabadikan menggunakan camera hp. Meski berlangsung meriah namun kenduri akhir tahun dan pesta kembang api tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum kembang api diluncurkan seluruh warga yang memadati Dataran Engku Putri menyanyikan lagu nasional “Gugur Bunga”. Lagu itu dinyanyikan sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh nasional KH Abdurrahman Wahid Presiden RI ke 4 yang wafat pada Rabu (30/12). Selain menyanyikan lagu tersebut, bersama-sama juga digelar doa bersama di Masjid Raya Batam Centre.

Acara pergantian tahun diawali dengan atraksi paralayang di Dataran Engku Putri yang membawa bendera Visit Batam 2010. Selain itu juga digelar atraksi sepeda ontel, becak dan jeep. Memasuki waktu Salat Maghrib di Masjid Raya Batam Centre diselenggarakan Salat Gaib dan dilanjutkan dengan doa dan tahlil usai Shalat Isya. Kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah di lantai IV Kantor Walikota. Acara tersebut sekaligus dijadikan momentum penyerahan hadian kepada pemenang lomba manasik haji pelajar se Kota Batam. Walikota dan Wakil Walikota Batam yang hadir bersama para istri terlihat begitu bahagia malam itu. Dalam sambutan singkat yang disampaikan oleh Walikota, pesta akhir tahun ini diselenggarakan tidak maksimum karena tidak begitu meriah.

“Ini sebagai rasa hormat atas berpulangnya Gusdur ke pangkuan Illahi. Nanti (di lapangan) bersama dengan masyarakat Batam, kembali kita akan menggelar doa bersama. Dengan duka yang menyelimuti bangsa ini, Pemko Batam menyampaikan rasa dukanya yang begitu mendalam,” ujarnya.

Usai acara ramah tamah, Walikota, Wakil Walikota bersama unsur Muspida bergabung bersama ribuan masyarakat Batam untuk merayakan malam pergantian tahun. Dihadapan seluruh warga Batam, Walikota menyampaikan harapannya, agar ditahun 2010 membaw abanyak kebaikan dan sukses serta berada dalam ridho Alla. “Mari jadikan tahun 2009 sebagai referensi untuk lebih baik ke depan dan pegangan,” katanya penuh semangat. Warga Batam malam itu dihibur oleh  artis Ibukota Lola KDI, Andy KDI, Yulia Citra dan Kity yang merupakan personil Manis Manja Group, Eva Sari dan Rury Modiska dengan dukungan grup band Republik Dangdut.

(crew_humas/dv)

foto lainnya**


]]>
http://www.humasbatam.com/2010/01/01/ribuan-warga-batam-saksikan-pesta-kembang-api-spektakuler-di-engku-putri/feed/ 2