Website Bagian Humas Setdako Batam » Puasa Ramadhan 1431 H http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Fri, 04 Feb 2011 10:03:36 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Wako Sidak Arus Mudik di Pelabuhan Beton http://www.humasbatam.com/2010/09/08/wako-sidak-arus-mudik-di-pelabuhan-beton/ http://www.humasbatam.com/2010/09/08/wako-sidak-arus-mudik-di-pelabuhan-beton/#comments Wed, 08 Sep 2010 11:11:49 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13648 BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pelabuhan Beton, Sekupang, Rabu (8/9). Sidak tersebut untuk mengetahui arus mudik masyarakat Batam pada H- 2 Hari Raya Idul Fitri 1431. Ketika melakukan Sidak Wako didampingi oleh Kepala Cabang Pelni Batam, Kapten Kunto, Kabid Laut Dinas Perhubungan Kota Batam Filasuf dan Kabag Bina Mitra Polres Barelang Suyanto. Kacab Pelni Batam, Kapten  Kunto mengatakan, jadwal kapal yang berangkat pada hari itu (Rabu,red) adalah Kapal KM Kelud dan KM Lambelu. Ketika Sidak tersebut, Kapal Pelni KM Kelud tujuan Medan tengah bersandar di Pelabuhan Beton untuk mengangkut penumpang.

Kapal dengan kapasitas penumpang 2.650 itu mengangkut 1.500 orang penumpang dan akan bertolak dari Batam pada pukul 18.00 WIB dengan tujuan Tanjung Balai Karimun, Dumai dan Belawan. Pada malam harinya kembali masuk KM Lambelu dengan kapasitas yang sama dari Kijang dengan tujuan Batam-Belawan akan berangkat pada pukul 24.00 WIB. Dalam Sidak tersebut, Wako juga berkesempatan meninjau langsung ke dalam Kapal KM Kelud dan berdialog dengan beberapa orang penumpang dan awak kapal. Di kapal Wako meninjau ke klas ekonomi dan klas eksekutif.

Kepada Kapten dan Awak Kapal, Wako berpesan agar mematuhi ketentuan pelayaran dari Syah Bandar. Selain itu juga memperhatikan hak-hak penumpang di dalam kapal, seperti keamanan, kenyamanan dan fasilitas kebersihan selama berada di dalam kapal. “Saya titip penumpang. Agar selamat sampai di tujuan sehingga mereka bisa berlebaran dengan keluarga mereka di kampung halaman,” pesannya pada Kapten KM Kelud.

Melihat kondisi di Pelabuhan Beton, Sekupang, Wako mengatakan sudah cukup baik. Terlihat dari tertibnya antrian penumpang. Mulai dari pintu pengantaran, ruang tunggu hingga ke kapal cukup tertib. Pasalnya, disana tidak terlihat penumpukan penumpang. Terlebih, di pelabuhan itu juga sudah dilengkapi dengan X-ray dan ruang tunggu. Diakuinya masih ada beberapa sarana yang harus dibenahi, terutama jalan masuk menuju ke pelabuhan. Menyikapi kerusakan tersebut, Wako meminta PT Persero Batam selaku pengelola gedung untuk memperbaiki fasilitas jalan masuk menuju ruang keberangkatan.

Tidak lupa Wako menghimbau kepada warga Batam yang mudik agar menitipkan rumah yang ditinggalkan kepada orang yang dipercaya. Kemudian bagi warga Batam yang kembali ke Batam diharapkan tidak membawa saudaranya. Jika memang ingin membawa keluarga datang ke Batam, maka yang bersangkutan harus memiliki keterampilan. “Disamping itu masyarakat juga harus melaporkan ke petugas keamanan jika melihat hal yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggalnya. Dengan demikian keamanan di Kota Batam dapat terjaga,” pungkasnya.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/09/08/wako-sidak-arus-mudik-di-pelabuhan-beton/feed/ 0 Titik Shalat Ied Dipusatkan di 358 Titik http://www.humasbatam.com/2010/09/07/titik-shalat-ied-dipusatkan-di-358-titik/ http://www.humasbatam.com/2010/09/07/titik-shalat-ied-dipusatkan-di-358-titik/#comments Tue, 07 Sep 2010 05:01:37 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13630 BATAM- Kementrian Agama Kota Batam menetapkan titik Shalat Idul Fitri 1431 Hijriah di 358 titik yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Batam. Penetapan titik Shalat Ied ini, menurut Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri berdasarkan surat dari Kementrian Agama dengan Nomor: Kd.32.05/5.BA.00/1706/2010 Tentang Titik Shalat dan Pelaksanaan Idul Fitri 1431 Hijriah. Secara rinci titik Shalat Ied dibagi per kecamatan yakni di Kecamatan Bengkong terdapat 45 titik, Kecamatan Sekupang 27 titik, Batuampar 20 titik, Nongsa 36 titik, Sagulung 24 titik, Sei Beduk 26 titik, Bulang, 16 titik, Galang 41 titik, Lubuk Baja 28 titik, Batu Aji 27 titik, Batam Kota 46 titik dan Kecamatan Belakang Padang 22 titik.

“Paling banyak titik Shalat Ied tersebar di Kecamatan Batam Kota yakni 46 titik dan Kecamatan Galang 41 titik,” ungkap Yusfa.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan melaksanakan di Masjid Agung Batam pada Jumat (10/9). Sedangkan Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika menjadi Khatib Sholat Ied di Lapangan Bola Sei Harapan. Usai menunaikan Shalat Ied, Wali Kota bersama dengan Wakil Wali Kota (Wawako) Batam akan menghadiri open house yang dipusatkan di Asrama Haji, Batam Centre. Pada acara Open house tersebut juga hadir Unsur Muspida Kota Batam, Pimpinan DPRD serta Wakil Pimpinan DPRD Batam dan BP Batam. Sementara pada Lebaran ke dua (11/9), pukul 08.00 – 12.00 wib akan digelar open house di kediaman Wali Kota dan  pukul 12.00 – 20.00 wib open house dikediaman Wawako.

Pada malam Lebaran, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemko Batam menggelar takbir yang dipusatkan di Masjid Agung Batam, Batam Centre. Pada malam takbir ini juga akan dimeriahkan dengan pawai mobil hias. Rute yang akan dilalui saat takbir keliling, start dari Masjid Agung Batam menuju simpang kabil, melewati Polresta Barelang, Simpang Jam hingga Simpang Baloi. Dari simpang Baloi belok kiri, melewati Bunga Raya, Penuin, Jodoh, DC Mall, Batuampar (Jalan Yos Sudarso). Setelah itu melalui Seipanas, Simpang Kuda dan berakhir di Masjid Agung, Batam Centre.

“Masing-masing kecamatan akan mengirim kendaraan hias yang merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam dan perwakilan masjid. Kendaraan hias ini akan kita lombakan dan pengumuman pemenangnya akan kita ketahui pada pagi sebelum Shalat Ied,” ujarnya.

Yusfa menegaskan bahwa pawai takbir ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat.  Peserta pawai takbir ini menurutnya akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan beserta Unsur Muspida Kota Batam.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/09/07/titik-shalat-ied-dipusatkan-di-358-titik/feed/ 1 FKAP Tingkatkan Silaturahmi di Bulan Suci Ramadan http://www.humasbatam.com/2010/09/06/fkap-tingkatkan-silaturahmi-di-bulan-suci-ramadan/ http://www.humasbatam.com/2010/09/06/fkap-tingkatkan-silaturahmi-di-bulan-suci-ramadan/#comments Mon, 06 Sep 2010 07:01:10 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13621 BATAM- Forum Komunikasi Abdi Praja Batam yang merupakan wadah alumni pendidikan sekolah pamong praja (APDN-STPDN-IPDN-IIP)   yang bertugas di wilayah pemerintahan Kota (Pemko) Batam, Minggu (5/9) menggelar acara Buka Puasa Bersama di Golden Prawn Restaurant. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan silaturahmi seluruh abdi Praja Batam yang dihadiri sekitar 100 alumni. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan dan membangun kembali semangat kepamongprajaan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta nasionalisme antar sesama anak bangsa sebagai salah satu komponen perekat keutuhan NKRI dalam bingkai kebangsaan dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam acara yang berlangsung dengan khidmat dan penuh keakraban tersebut, terlihat bahwa Kota Batam sebagai salah satu tempat mengabdi para Abdi Praja. Melalui wadah inilah berbagai kegiatan dilaksanakan disamping pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang ditempatkan dilevel paling bawah struktur pemerintahan sampai ketingkat yang paling atas. Lebih istimewa lagi dalam acara silaturahmi itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Batam, Ir. Ria Saptarika selaku pembina forum komunikasi juga menyempatkan diri untuk hadir berbagi kebahagiaan dengan para abdi praja dan keluarga.

Ketua Harian FKAP Kota Batam, H. Buralimar, dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaanya atas pengabdian serta kinerja yang telah ditunjukkan oleh para alumni pamong praja yang bertugas di Kota Batam dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Batam. “Dalam penugasannya para alumni Pamong Praja di Kota Batam sebagai abdi Negara dan pelayan masyarakat senantiasa mengacu pada kebijakan dan arahan Pimpinan,”.

Sementara itu Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap FKAP Kota Batam yang memang terdiri dari orang-orang pilihan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Menurut Dahlan, alumni abdi praja merupakan tonggak utama Pemerintahan Kota Batam. Untuk itu diharapkan para abdi praja selalu mampu menjadi panutan bagi pegawai lain dan memberikan yang terbaik di institusi  yang ditugaskan.

“Kiranya para abdi praja dapat terus eksis dan komit dalam melayani masyarakat, serta mampu memainkan perannya masing-masing sebagai pelayan masyarakat yang profesional diwilayah Pemerintahan Kota Batam yang kita cintai ini,”tegas Dahlan.

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, yang didaulat memberikan sekapur sirih menyampaikan harapan, agar Forum Komunikasi Abdi Praja dapat menjadi wadah yang tepat untuk mendukung jalannya pemerintahan. Disamping itu juga dapat terus berkembang menjadi wadah yang mampu terus berinovasi dan membanggakan. Ria juga memberikan support kepada seluruh abdi praja yang hadir untuk bias selalu survive dan produktif dimana saja ditempatkan. “Untuk masalah loyalitas, tentu para abdi praja tidak perlu diragukan lagi,” katanya disambut tepuk tangan para alumni dan keluarga yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini pula, H. Buralimar bersama para senior alumni abdi praja memberikan santunan kepada 30 orang anak yatim dari Yayasan Rahmatullah yang bertempat di Tanjung Sengkuang. Suasana silaturahmi menjelang buka puasa bersama tersebut semakin khusuk dengan siraman rohani yang dibawakan oleh Ustadz Yusuf.

Tampak hadir  dalam acara Buka bersama Forum komunikasi Abdi Praja ini para alumni senior H. Muramis, , H. Guntur Sakti, H. Heriman, Yusfa Hendri, Hj. Rosdyana, Hj. Nurul Iswahyuni, Hj, Dece Awidaria, alumni yang lebih junior lainnya serta tiga belas orang praja yang tengah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kota Batam.

(crew_humas/bb)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/09/06/fkap-tingkatkan-silaturahmi-di-bulan-suci-ramadan/feed/ 0 Wako Pastikan Ketersediaan Sembako Jelang Lebaran http://www.humasbatam.com/2010/09/06/wako-pastikan-ketersediaan-sembako-jelang-lebaran/ http://www.humasbatam.com/2010/09/06/wako-pastikan-ketersediaan-sembako-jelang-lebaran/#comments Mon, 06 Sep 2010 06:12:42 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13616 BATAM- Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang. Hal tersebut diungkapkan Wako usai melakukan kunjungan silahturahmi kepada Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam, Mustofa Widjaja, Senin (6/9). Hal lain yang dibahas dalam pertemuan itu yakni menyangkut transportasi selama Ramadan, pelayanan hingga keamanan di Kota Batam selama Lebaran. Terkait Sembako, dari pantauan yang dilakukan Wako mengatakan cukup. Untuk harga Sembako, Pemerintah berupaya untuk menstabilkan harga. Pemerintah juga mengontrol harga di pasaran agar tidak tinggi. Salah satu penyebab tingginya harga di pasaran, karena sebagian besar barang yang masuk ke Batam berasal dari luar. Wako mengimbau agar pedagang tidak memanfaatkan moment lebaran untuk menaikkan harga di pasaran.

“Untuk harga ini memang B to B. Tapi, jangan sampai harga di pasaran terlalu tinggi dan pemerintah terus mengontrol agar harga di pasar tidak tinggi,” ungkap Wako yang didampingi Kepala Bapedal Kota Batam, Dendi Purnomo dan Kepala Dinas KP2K, Suhartini dalam kunjungannya itu.

Sementara bagi masyarakat Batam yang mudik lebaran, Wako mengingatkan agar menitipkan rumahnya pada tetangga yang dipercaya. Untuk transportasi baik laut maupun udara, Wako mengatakan semuanya bisa mengkover masyarakat Batam yang akan mudik. Wako mengharapkan aktivitas di pelabuhan maupun di bandara dapat berjalan seperti biasa dan tidak ada yang libur.

Dalam pertemuan singkat dengan Mustofa tersebut, Wako juga meminta agar tidak seluruh pegawai baik di lingkungan Pemko Batam maupun OB mendapat izin cuti. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya stagnan dalam rangka pelayanan publik. Bagi pejabat eselon II di lingkungan Pemko Batam yang mendapat izin cuti, Wako meminta agar pejabat yang bersangkutan dapat meninggalkan nomor telefon yang bisa dihubungi. Dengan demikian, jika terjadi masalah pada SKPD yang dipimpinnya, akan dapat langsung dihubungi. Untuk pejabat eselon II di lingkungan Pemko Batam, menurutnya ada beberapa orang saja yang memperoleh izin cuti.

“Mari kita jaga keamanan di Batam ini. Bagi masyarakat yang mudik, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal, titipkan rumah pada orang yang dipercaya,” himbaunya.

Mengenai keamanan di Kota Batam selama Lebaran, Wako berharap agar aparat keamanan dapat menjaga keamanan di Kota Batam. Tentunya dengan berkoordinasi bersama masyarakat dan instansi terkait lainnya. Diakuinya, baru-baru ini terjadi tindak kriminal di Kota Batam dan ini membuatnya prihatin. Untuk menghindari kejadian serupa, menurutnya perlu diantisipasi semaksimal mungkin, misalnya berkoordinasi dengan masyarakat. Jika masyarakat menemukan hal yang mencurigakan, diharapkan segera melapor kepada pihak yang berwajib.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/09/06/wako-pastikan-ketersediaan-sembako-jelang-lebaran/feed/ 0 494 Petugas Kebersihan Terima Bingkisan Sembako http://www.humasbatam.com/2010/09/04/494-petugas-kebersihan-terima-bingkisan-sembako/ http://www.humasbatam.com/2010/09/04/494-petugas-kebersihan-terima-bingkisan-sembako/#comments Sat, 04 Sep 2010 06:00:14 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13609 BATAM- Sudah menjadi agenda setiap tahunnya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam memberikan paket bantuan sembako. Bingkisan Sembako ini diberikan kepada 494 orang petugas kebersihan di Dinas DKP. Sebanyak 494 petugas kebersihan itu terdiri dari 200 orang penyapu jalan, 77 orang penggali parit, 55 orang pemelihara taman, 55 orang pemangkas rumput, petugas nursery 10 orang, sopir, kernet armada 93 orang, petugas KPS 2 orang dan petugas kebersihan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Belakang Padang 2 orang. Penyerahan bingkisan bantuan Sembako ini  diserahkan langsung oleh Asisten Administrasi Umum Pemko Batam, Maaz Ismail.

Paket Sembako yang dikemas dalam kantong plastik diantaranya berisi beras, gula, minyak goreng dan mie instant. Kabid kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, M Jamil mengatakan, paket Sembako yang diberikan tersebut merupakan sumbangan dari donatur yang berasal dari mitra Dinas DKP, PT Surya Sejahtera, PT Jamsostek, PT Agung Auto Mall, Batam Pos, Indosat, Anggota DPD RI, Jasarmen Purba, Ketua LAM, Imran AZ, Arsikon dan Rumah Sakit Awal Bros (RSAB).

Diharapkan dengan bantuan paket Sembako yang diberikan ini, dapat meringankan dan bermanfaat bagi para petugas kebersihan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah. “Ini merupakan tahun yang ke empat, DKP memberikan bantuan Sembako kepada petugas kebersihan sebagai mitra kerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Azwan mengatakan, kegiatan penyerahan bantuan paket Sembako ini merupakan agenda tahunan. Sebagai penyelenggara acara tersebut, Azwan merasa berbahagia karena dapat berkumpul bersama dengan petugas kebersihan yang merupakan garda terdepan dalam menjaga kebersihan di Kota Batam.

Menurutnya, sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih kepada petugas kebersihan tersebut. Kepada perusahaan yang telah menjadi donatur, tak lupa Azwan menyampaikan ucapan terimakasihnya. Semoga apa yang disumbangkan dapat menjadi amal jariyah dibulan Ramadan ini. Penyerahan bantuan sembako yang dilaksanakan di halaman kantor DKP saat ini menurutnya yang terakhir, karena pada akhir tahun ini, DKP akan pindah ke kantor yang baru yakni eks kantor Dinas Pendapatan (Dispenda) yang terletak di Sekupang.

“Bantuan paket Sembako ini merupakan bentuk perhatian yang diberikan pemerintah kepada petugas kebersihan sebagai garda terdepan dalam menjaga kebersihan di Kota Batam,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Azwan juga mengatakan bahwa pada hari libur lebaran sampah di Kota Batam tetap akan diangkut oleh petugas kebersihan. DKP, menurutnya telah menempatkan para petugas yang bertugas menjaga kebersihan baik ketika Shalat Ied maupun pada saat pelaksanaan open house. Secara simbolis paket sembako diserahkan kepada perwakilan petugas kebersihan oleh Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail. Usai penyerahan paket sembako, acara sore itu dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh ustad Abdurahman LC dan buka bersama.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/09/04/494-petugas-kebersihan-terima-bingkisan-sembako/feed/ 0 Wawako Buka Puasa Bersama Mahasiswa Yogyakarta Asal Batam http://www.humasbatam.com/2010/09/02/wawako-buka-bersama-mahasiswa-asal-batam-yang-kuliah-di-ugm/ http://www.humasbatam.com/2010/09/02/wawako-buka-bersama-mahasiswa-asal-batam-yang-kuliah-di-ugm/#comments Thu, 02 Sep 2010 07:26:51 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13596

JOGJAKARTA- Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika menggelar buka puasa bersama  mahasiswa Yogjakarta asal Batam, Rabu (1/9) di Restaurant Bumbu Desa, Jogyakarta. Yanti, mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan tahun 2007 UGM, selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan acara buka bersama tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa asal Batam yang kuliah di Jogjakarta. Dari 400 orang mahasiswa asal Batam yang kuliah di Jogjakarta, sebanyak 100 orang hadir dalam acara buka bersama itu. Hadir juga dalam kesempatan tersebut delapan orang mahasiswa dan mahasiswi hinterland yang menerima bantuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Pada kesempatan itu, Yanti memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemko Batam khususnya kepada Wawako yang telah meluangkan waktunya ditengah kesibukannya untuk bertemu dengan mahasiswa dan mahasiswi UGM asal Batam. Menurutnya Wawako, merupakan orang kedua setelah Nyat Kadir yang datang bersilaturahmi dengan mahasiswa di Jogjakarta. Nyat Kadir ketika berkunjung ke Jogjayakarta dalam rangka meresmikan asrama putra sedangkan asrama putri sampai sekarang belum ada.

Wawako dalam sambutannya mengajak semua mahasiswa mempergunakan masa muda untuk menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Agar kelak, dapat mengabdikan ilmu yang diperolehnya untuk kepentingan negara dan masyarakat. “Gunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu,” ungkap Ria.

Wawako berpesan kepada mahasiswa yang hadir saat itu untuk senantiasa menjaga nama baik Kota Batam, karena mereka berada di daerah orang. Jadi harus senantiasa mentaati peraturan yang ada didaerah tersebut. “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung dan jangan pernah sia-siakan kesempatan yang datang padamu,”jelas Ria.

Dalam kesempatan tersebut Wawako mengajak seluruh mahasiswa untuk melakukan dialog. Dwi salah seorang mahasiswi menginginkan adanya asrama putri. Menanggapi permintaan Dwi tersebut, Wawako berusaha agar mengajukannya pada anggaran selanjutnya. Selain Dwi, mewakili mahasiswa yang hadir Yanti menginginkan adanya sumbangan dari Pemko untuk mengadakan Musabaqah antar mahasiswa UGM se-Indonesia yang digawangi  oleh mahasiswa asal Batam. Ini salah satu cara untuk menunjukkan pada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Kota Batam yang sebenarnya adalah Kota religi.

Wawako menyambut baik wacana Musabaqah yang diajukan oleh Yanti itu.. Mangatur mewakili mahasiswa yang mendapatkan beasiswa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemko kepada mahasiswa. Sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Usai berdialog, acara pun dilanjutkan dengan buka bersama.

(crew_humas/nn)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/09/02/wawako-buka-bersama-mahasiswa-asal-batam-yang-kuliah-di-ugm/feed/ 0 Disnaker Buka Posko Pengaduan THR di Tanjung Uncang http://www.humasbatam.com/2010/09/02/disnaker-buka-posko-pengaduan-thr-di-tanjung-uncang/ http://www.humasbatam.com/2010/09/02/disnaker-buka-posko-pengaduan-thr-di-tanjung-uncang/#comments Thu, 02 Sep 2010 06:27:02 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13592 BATAM - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Pemko Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan bahwa Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemko Batam akan membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR). Posko tersebut telah dibuka sejak Kamis (2/9) hingga Kamis (9/9) mendatang. Posko tersebut menurutnya akan dibuka satu titik yakni di Tanjung Uncang, tepatnya di samping Polsek Tanjung Uncang. Kenapa memilih membuka posko di Tanjung Uncang, menurutnya karena Tanjung Uncang merupakan daerah yang cukup rawan. Di posko tersebut menurut Rudi apapun masalah THR akan ditampung.
“Posko ini kita buka selama seminggu. Kita bekerjasama dengan serikat pekerja dan jamsostek,” katanya pada Rabu (1/9).
Menurutnya, perusahaan diwajibkan untuk mebayar THR H -7 sebelum Lebaran

Idul Fitri 1431 Hijriyah. Tentunya bagi perusahaan yang melanggar ketentuan ini, akan mendapat sanksi sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-undang. Bagi pekerja yang memiliki masalah terkait THR yang belum dibayarkan, menurutnya dapat mendatangi posko tersebut. Tentunya dengan membawa persyaratan yang merupakan bukti bahwa sebelumnya pernah bekerja di perusahaan itu.

“Jika karyawan tersebut putus kontrak sebelum lebaran, maka perusahaan harus membayar THR sesuai dengan masa kerjanya. Paling lama THR itu harus dibayarkan 7 hari sebelum lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi perusahaan yang telah membayarkan THR pada karyawannya tidak ada kewajiban untuk melaporkan kepada Disnaker. Sedangkan bagi perusahaan yang belum membayar THR nya, maka diminta untuk segera membayar THR. Tentunya THR ini akan sangat membantu karyawan yang akan merayakan lebaran Idul Fitri 1430 H.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/09/02/disnaker-buka-posko-pengaduan-thr-di-tanjung-uncang/feed/ 0
Wako Ajak Pegawai Pemko Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat http://www.humasbatam.com/2010/09/02/wako-ajak-pegawai-pemko-tingkatkan-pelayanan-kepada-masyarakat/ http://www.humasbatam.com/2010/09/02/wako-ajak-pegawai-pemko-tingkatkan-pelayanan-kepada-masyarakat/#comments Thu, 02 Sep 2010 05:55:38 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13585 *Buka Bersama di Flat Pemda

BATAM - Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan mengajak pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam terutama yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan pelayanannya. Hal itu disampaikan Wako saat buka bersama dengan pegawai di lingkungan Pemko Batam di Flat Pemda, Sei Harapan, Sekupang, Rabu (1/9). Menurutnya, pegawai Pemko harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kota Batam.

Buka bersama di Flat Pemda tersebut menurutnya diselenggarakan secara rutin diinternal Pemko Batam. Tradisi buka bersama dengan keluarga besar Pemko Batam ini menurutnya perlu diteruskan. Di tengah-tengah pegawai Pemko itu, Wako menyampaikan bahwa ia baru saja mengikuti paripurna dengan agenda penyampaikan hasil reses. Dari hasil reses itu, yang menjadi catatan adalah mengenai infrastruktur dan  pelayanan publik. Sementara guru tidak ada dikeluhkan, kecuali menyangkut sarana pendidikan.

“Infrastruktur yang dikeluhkan seperti jalan, pendidikan dan kesehatan. Namun dari tahun ke tahun, kita berupaya untuk membangun infrastruktur dengan kemampuan anggaran yang kita miliki,” kata Wako dalam sambutannya.
Sementara itu menyangkut tentang kualitas pegawai memang menjadi keluhan, terutama bagi pegawai  yang berada pada front terdepan.

Misalnya, petugas kecamatan, kelurahan, puskesmas dan rumah sakit. Ini menurutnya harus diperbaiki dan menjadi perhatian bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemko Batam. Sebagai front terdepan yang melayani masyarakat, menurutnya harus memberikan pelayanan dengan baik dan penuh senyum kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat tentu akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan tersebut.

Pada kesempatan itu Wako juga mengajak agar pegawai di lingkungan Pemko Batam dapat bersinergi dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Disamping itu juga merajut silahturahmi dengan pegawai instansi yang diluar Pemko Batam. Pegawai Pemko menurutnya harus menjadi subjek bukan objek. Karena sebagai tuan rumah di Kota Batam, maka pegawai Pemko lah yang harus menyapa ketika bertemu dengan masyarakat.
“Kita lah yang harus merangkul masyarakat. Dengan begitu kita akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat. Ini yang perlu ditingkatkan,” paparnya.

Mengenai prilaku guru, menurutnya tidak ada dikeluhkan. Yang menjadi keluhan adalah mengenai kurangnya jumlah kelas ketika penerimaan siswa baru. Namun demikian dari tahun ke tahun, Pemko Batam berupaya untuk mengantisipasi kurangnya daya tampung tersebut dengan membangun Unit Sekolah Baru dan Ruang Kelas Baru. Pada kesempatan itu Wako juga mengajak masyarakat dan stafnya untuk tidak lupa membayar zakat. Ia berharap masyarakat Batam membayar zakat di Kota Batam tidak di kampung halamannya.

“Cari rejeki di Batam jadi bayar zakatnya juga harus di Batam. Selain itu kalau kembali ke Batam jangan bawa saudara ke Batam. Kalau pulangnya tiga orang, datang ke Batam juga harus tiga orang,” pesannya.

Acara buka bersama tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman beserta istri, Asisten dan pejabat eselon II dan III serta staf di lingkungan Pemko Batam.(crew_humas/dv)


]]>
http://www.humasbatam.com/2010/09/02/wako-ajak-pegawai-pemko-tingkatkan-pelayanan-kepada-masyarakat/feed/ 0
Safari Ramadan Wako di Masjid Al-Hijrah http://www.humasbatam.com/2010/09/01/safari-ramadan-wako-di-masjid-al-hijrah/ http://www.humasbatam.com/2010/09/01/safari-ramadan-wako-di-masjid-al-hijrah/#comments Wed, 01 Sep 2010 06:21:44 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13588 *Masyarakat Minta Sekolah SD dan SMP

BATAM - Malam 23 Ramadan, Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan bersama dengan romongan Pemko Batam mengikuti safari ramadan di Masjid Al-Hijrah di Perumahan Galaxi Park, Tanjung Riau, Sekupang, Rabu (1/9). Dalam kesempatan itu, Wako menyerahkan bantuan untuk kelanjutan pembangunan masjid kepada Nazirin selaku pengurus Masjid Al-Hijrah. Atas kehadiran Wako ke perumahan mereka, Nazirin mengucapkan puji syukur dan ucapan terimakasih. Dengan bantuan yang diberikan tersebut, maka dapat digunakan untuk kelanjutan pembangunan yang menurutnya masih jauh dari kesempurnaan. Masyarakat setempat yakin bahwa Pemerintah Kota Batam akan memberikan perhatian untuk kelanjutan pembangunan masjid tersebut.

“Ini karena Pak Wali terkenal debagai pemimpin yang Al-Mukminin dan perhatian kepada warganya,” kata Nazirin dalam sambutannya.
Sementara itu dalam sambutannya Wako mengucap puji syukur Alhamdulillah karena bisa silahturahmi dengan masyarakat di Perumahan Galaxi Park. Dengan silahturahmi tersebut ia berdoa semoga amal ibadah diterima oleh Allah SWT. Pembangunan Batam menurutnya sangat pesat namun disamping itu yang penting adalah ketenangan hati terutama dalam menjalankan ibadah. Untuk itu ia mengajak masyarakat di Galaxi Park untuk menjadikan masjid sebagai rumah sehingga senantiasa meramaikan masjid tersebut.
Jika melihat letak dari perumahan tersebut, Wako mengakui bahwa sarana pendidikan masih minim. Hal ini menurutnya akan menjadi perhatian bagi Pemko Batam, agar di sekitar pemukiman masyarakat dibangun sekolah. Namun tentunya harus didukung dengan ketersediaan lahan. “Anak-anak kita harus sekolah dan jangan sampai anak-anak kita ada yang putus sekolah,” pesannya kepada jamaah masjid Al-Hijrah.

Pesatnya pembangunan di Batam terbukti dengan munculnya kampung-kampung baru. Untuk itu ia mengajak agar bersama-sama menjaga Batam agar tetap kondusif. Katanya, atas kekurangan selama ini, Pemko Batam akan berusaha untuk memperbaiki kekurangan itu. Seperti kurangnya sekolah baru, setiap tahun Pemko membangun unit sekolah baru. Demikian juga jika pada satu sekolah kekurangan kelas, maka Pemko akan membangun ruang kelas baru. Usai menunaikan Shalat Tarawih berjamaah, acara malam itu dilanjutkan dengan dialog antara Wako dengan masyarakat setempat. Dari dialog tersebut dikemukakan masyarakat bahwa mereka membutuhkan sarana pendidikan untuk tingkat SD dan SMP. Karena di lingkungan mereka tidak ada sekolah SD dan SMP.

Menanggapi hal itu, Wako meminta agar Dinas Pendidikan dibantu dengan Camat untuk berkoordinasi dengan masyarakat dalam hal mendapatkan lahan. Jika lahan telah dipastikan, maka pada tahun anggaran 2011 akan dibangun sekolah SD dan SMP di sekitar pemukiman tersebut. Hadir dalam rombongan safari ramadan Wako tersebut, pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Batam.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/09/01/safari-ramadan-wako-di-masjid-al-hijrah/feed/ 0
Wako Mengajak Warga Untuk Membayar Zakat http://www.humasbatam.com/2010/09/01/wako-mengajak-warga-untuk-membayar-zakat/ http://www.humasbatam.com/2010/09/01/wako-mengajak-warga-untuk-membayar-zakat/#comments Wed, 01 Sep 2010 05:00:51 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13573 Batam - Selasa, 31 Agustus 2010 yang bertepatan dengan malam ke-22 Ramadhan 1431 H Safari Ramadhan Walikota Batam beserta rombongan hadir di Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji. Tepatnya di Masjid Al-Islah yang terletak Perum Muka Kuning Indah II, Walikota Batam rombongan disambut oleh camat Batu Aji beserta Lurah-lurah dan jajarannya.

Sesaat setelah tiba di Masjid Al-Islah, Walikota beserta rombongan dan seluruh jamaah masjid langsung menunaikan sholat Isya’ berjamaah. acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh pengurus masjid Al-Islah, Drs. Muhammad Sulton. Dalam sambutannya Sulton menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya atas kesediaan Walikota dan jajaran Pemerintah Kota Batam untuk melakukan Safari Ramadhan di Masjid Perumahan mereka.

Karena 2 Bulan sebelumnya Walikota Batam juga pernah hadir dan menjadi Khatib pada Shalat Jum’at di masjid tersebut. “Sebagai pengurus masjid, saya berterimakasih atas kehadiran Bapak Walikota dan rombongan, semoga silaturahmi dengan Walikota ini dapat terus terjalin sehingga dapat memperpanjang usia dan melapangkan rezeki kita smua, amin”, jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa masjid yang dibangun pada tahun 2001 ini, sebelumnya adalah mushalla bernama At Taqwa, yang kemudian pada perkembangannya setelah selesai pembangunan dan berdiri masjid di sebelahnya, pada tahun 2003 dinamakanlah Al-Islah. Setelah itu, pembangunan masjid dihentikan karena ingin mendahulukan pembangunan dan pengembangan TK, TPA dan MDA karena semakin banyaknya anak-anak di perumahan tersebut dan sekitarnya yang membutuhkan pendidikan agama.

Pada safari ramadhan kali ini Walikota Batam juga berkesempatan menyerahkan bantuan kepada Masjid Al-Islah. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota kepada Pengurus Masjid Al-Islah, Drs. Muhammad Sulton.

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan bahwa sore sebelumnya telah meresmikan gedung baru BAZDA Batam, sekaligus menyerahkan santunan kepada 500 anak yatim dan 500 paket sembako pada acara pemberian santunan oleh BAZNAS kepada 10 ribu anak yatim yang dilakukan serentak di 10 Kota di Indonesia. Disampaikan pula bahwa Kota Batam adalah satu-satunya kota yang bukan ibukota Provinsi yang ikut pada acara tesebut,  hal ini karena Kota Batam dinilai efektif dan cukup aktif menghidupkan zakat di Indonesia.

Wako juga mengingatkan untuk jangan lupa membayarkan zakat sebelum bulan ramadhan berakhir, “Karena kita bekerja dan mencari rezeki di Kota Batam, maka bayarkanlah zakat kita di tempat kita mencari rezeki” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Syafriadi, S.ag. dalam tausiyahnya beliau mengingatkan bahwa tujuan dari puasa di Bulan Ramadhan adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Sedangkan jalan yang menuju ketakwaan yang sempurna ada tiga hal. Pertama, ingatlah janji kita terhadap Allah, dalam setiap ibadah dan sholat kita kita telah berikrar kepada Allah bahwa Sholatku, ibadahku, hidupku, matiku hanya karen Allah Ta’ala.

Kedua, selalu merasa diawasi oleh Allah. Karen Allah Maha Melihat, Maha Mengetahui dan Maha Mendengar. Dengan begitu segala yang akan kita kerjakan akan lebih berhati-hati. Ketiga, Belajarlah menghukum diri. Sebagai bentuk kedisiplinan kita terhadap perintah-Nya.

(crew humas*nani)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/09/01/wako-mengajak-warga-untuk-membayar-zakat/feed/ 0