Website Bagian Humas Setdako Batam » Seni & Budaya http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Wed, 02 Feb 2011 05:50:26 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Tiga Ustadz dari Tiga Negara Hadiri Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/ http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/#comments Tue, 09 Nov 2010 10:28:56 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14638 BATAM- Setelah perhelatan akbar Kenduri Seni Melayu (KSM) dibuka pada Senin (8/11) malam lalu, pada malam ini, Rabu (10/11) akan digelar Tabligh Akbar Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) XII. Acara yang digelar di Masjid Agung Batam Centre ini dimulai pukul 19.30 WIB dan masih merupakan rangkaian acara KSM. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan Kegiatan Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama ini akan dihadiri oleh ustadz dari tiga negara, yakni Negara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Untuk menyukseskan acara tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengundang seluruh pegawai dan masyarakat Kota Batam untuk menghadiri kegiatan itu. Kegiatan ini menurutnya akan dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan serta unsur Muspida.

“Tabligh Akbar ini merupakan rangkaian acara KSM. Ini untuk pertama kalinya DMDI digelar di luar Malaka, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kota Batam. Untuk itu mari kita dukung perhelatan ini tentunya dengan menghadiri acara tabligh akbar yang akan dihadiri oleh tiga ustadz kondang dari tiga negara,” paparnya.

Konvensi DMDI XII ini sendiri akan dibuka pada Kamis (11/11) di Auditorium Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre. Konvensi ini akan oleh 16 Negara Delegasi yang merupakan anggota DMDI. Diperkirakan sekitar 1.500 wisatawan akan berkunjung ke Batam dalam rangka kegiatan DMDI ini. Adapun rangkaian acara DMDI lainnya sebelum Tabligh Akbar adalah petemuan penyair dan tokoh adat Melayu, Seminar Empire Malaka sekaligus peresmian Galery Malaka. Pertemuan tersebut akan digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu pada Selasa (9/11). Kemudian juga akan digelar forum perdana zikir DMDI yang bentuknya seperti tabligh akbar. Dalam forum tersebut menurutnya akan menampilkan tiga ustad dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Forum ini akan dilaksanakan di Masjid Agung, Batam Centre.

Dipenghujung acara KSM tepatnya pada Tanggal 13 November 2010, para delegasi yang hadir akan disuguhkan sebuah paduan budaya kental Melayu yang diberi nama Festival Jong dan Gebyar Budaya Nusantara dan diharapkan masing-masing peserta juga ikut dalam acara ini untuk berkolaborasi dan menikmati secara langsung festival dan gebyar budaya Nusantara tersebut. Gebyar Budaya Nusantara akan menampilkan 20 paguyuban di Kota Batam. Yang mengambil start dari Harbour Bay dan finish di Nagoya Hill. Sementara untuk Festival Jong akan diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 kecamatan se Kota Batam. Kegiatan ini menurutnya akan dilombakan. Untuk menyukseskan rangkaian acara tersebut, Yusfa mengajak masyarakat Batam untuk dapat menyaksikan event tersebut dengan berkunjung ke Gedung SCC Batam Centre.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/feed/ 0 Pembukaan KSM ke-XII Berlangsung Meriah http://www.humasbatam.com/2010/11/09/pembukaan-ksm-ke-xii-berlangsung-meriah/ http://www.humasbatam.com/2010/11/09/pembukaan-ksm-ke-xii-berlangsung-meriah/#comments Tue, 09 Nov 2010 07:11:59 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14630 BATAM- Pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-XII berlangsung meriah, di halaman parkir Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre, Senin (8/11) malam. Wakil Gubernur Kepulauan Riau, HM Soerya Respationo berkesempatan membuka secara resmi event tahunan Pemerintah Kota Batam tersebut. Pembukaan KSM itu ditandai dengan penabuhan kompang oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi dan Kepala BP Kawasan, Mustofa Widjaja. Selain itu hadir pula delegasi dari negara-negara tetangga Malaysia, Singapura, Brunai Darusalam dan juga Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Lampung serta  Bupati Aceh Besar.

Ratusan masyarakat yang memadati pelataran parkiran SSC dengan antusias meyaksikan  acara demi acara yang diselingi dengan hiburan dan atraksi dari beberapa sanggar tari yang ada di Batam. Acara semakin semarak ketika 30 orang penari dari sanggar tari di Batam menampilkan tarian persembahan. Penampilan penari semakin menarik dengan taburan gemerlap lampu warna-warni. Di panggung yang langsung menghadap ke arah lautan tersebut juga disuguhkan atraksi dari 200 penari yang membawakan tarian ‘historika menyapa’. Selain itu di tampilkan pula tarian kompang oleh puluhan pemuda. Pada malam itu juga ditampilkan kesenian khas China, barongsay dan penampilan Presiden penyair Indonesia Soetardji Calzoum Bahcri yang tampil membacakan puisi karyanya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya menyampikan bahwa tahun ini Kenduri Seni Melayu dilaksanakan dengan sangata istimewa karena merupakan bagian dari program Pemerintah Kota Batam Visit Batam 2010. Sekaligus bersamaan dengan di gelarnya Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yaitu acara tahunan yang di gagas oleh Kerajaan Negeri Melaka yang telah berdiri sejak tahun 2000 dan beranggotakan 13 negara-negara melayu.

“Dengan demikian berarti Batam telah mendapat kepercayaan dari dunia Internasional untuk menyelenggarakan acara-acara yang bertaraf internasional pula. Diharapkan acara ini dapat dijadikan moment berkembangnya budaya dan pererat silaturahmi antara suku bangsa yang ada di Batam. Karena perbedaan suku bangsa yang ada di Batam sebagai kekuatan dan merupakan kelebihan Batam yang membedakan dengan daerah lain,” jelas Dahlan

Diakhir sambutannya Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah ikut berperan serta mensukseskan KSM. Dilanjutkan dengan penyerahan prasasti KSM yang diberikan oleh Husnizar Hood kepada Wali Kota Batam Ahmad Dahlan sebagai tanda dimulainya KSM.  Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Pemerintah Kota Batam kepada Polresta Barelang berupa satu unit mobil ambulance, satu unit kendaraan dinas Vios dan dua unit sepeda motor sebagai kendaraan operasional Polresta Barelang, yang diterima langsung oleh Kapolresta Barelang Eka Yuda. Disparbud Kota Batam juga menyerahkan bantuan alat musik tradisional kepada group kompang Pecung, Batubesar, Kecamatan Bengkong, Batu Besar Kecamatan Nongsa, dan sanggar tari Zapin kepada Kecamatan Galang.

Sementara Wakil Gubernur Kepri, HM Soerya Respationo dalam sambutannya mengatakan bahwa bangsa Melayu selamanya akan berjuang agar selalu eksis di peradapan. Dan peradapan diukur dari kegemilangannya suatu kebudayaan. Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan takniah untuk Jaya gelar KSM ke-12. “Kembangkan budaya Melayu melalui karya seni dalam memperkaya khazanah seni,” ungkap Soerya. Soerya berharap melalui event KSM ini dapat memberikan pencerahan jiwa kepada masyarakat, dan merupakan tontonan menarik untuk mencintai budaya Melayu.

Turut hadir Ketua DPRD Kepulauan Riau H Abdul Azis, Anggota Delegasi dari berbagai daerah, Bupati/Walikota se-Kepulauan Riau, Anggota DPD RI asal Kepri H Zulbahri dan Jasarmen Purba, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, DPRD Kota Batam, Ketua LAM, dan sejumlah Tokoh Melayu.

(crew_humas/hw_nn)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/09/pembukaan-ksm-ke-xii-berlangsung-meriah/feed/ 0
2000 Anak TK di Kota Batam Ikuti Pawai Budaya http://www.humasbatam.com/2010/10/23/2000-anak-tk-di-kota-batam-ikuti-pawai-budaya/ http://www.humasbatam.com/2010/10/23/2000-anak-tk-di-kota-batam-ikuti-pawai-budaya/#comments Sat, 23 Oct 2010 02:24:45 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14245 BATAM - Sekitar 2000 murid Taman Kanak-kanak di Kota Batam mengikuti pawai budaya, Sabtu (23/10). Pawai Budaya ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Indonesia bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pawai ini yang keempat kalinya dan digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2010. Rute yang dilewati oleh peserta pawai mulai dari depan My Mart dan berakhir di Gedung Walikota Batam.


Para peserta dilepas oleh Ketua IGTK, Hj. Jusmaniar dengan cara melepas satu persatu kelompok atau rombongan dari masing-masing TK. Anak-anak yang mengikuti pawai itu mengenakan berbagai pakaian daerah dan profesi serta menampilkan sajian hiburan drum band, tarian dan rabana. Pawai terlihat semakin ramai dan semarak karena barisan pawai juga diikuti oleh para guru TK dan orang tua murid yang ikut memeriahkan acara tersebut. Diperkirakan sekitar 7000 orang turut serta dalam kegiatan yang berlangsung sore itu.

Jusmaniar yang menjadi pimpinan pelaksanaan acara, mengatakan pawai budaya ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai cinta tanah air. Juga untuk memotivasi para pelajar agar lebih mengetahui budaya Indonesia sehingga budaya Indonesia dapat tergali dan dikenal lebih jauh lagi oleh para murid sejak usia dini. Katanya, IGTK terus berusaha keras untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan Taman Kanak-kanak serta memprioritaskan pembentukan iman dan taqwa yang dimulai sejak usia dini.

Di kantor Walikota, barisan pawai budaya disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin. Dengan ramah Muslim menyapa dan menyalami para guru Taman Kanak-kanak serta murid TK yang baru saja selesai mengikuti pawai budaya. Dalam sambutannya Muslim menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa bangga atas partisipasi aktif yang ditunjukkan oleh guru dan murid TK dalam melaksanakan pawai budaya. Muslim berharap kegiatan pawai budaya itu dapat menjadi pembelajaran dan pengalaman yang positif dalam rangka menanamkan kecintaan terhadap tanah air.
(crew_humas/bb)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/10/23/2000-anak-tk-di-kota-batam-ikuti-pawai-budaya/feed/ 0
Pemilihan Duta Wisata Untuk Bantu Promosi Wisata Batam http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/ http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/#comments Tue, 01 Jun 2010 08:52:48 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12314

BATAM – Penobatan sebanyak 20 Finalis Duta Wisata Kota Batam 2010 yang dipilih pada Minggu (30/5) lalu menjadi salah satu momen penting dalam upaya mengenalkan berbagai potensi pariwisata dan kebudayaan Batam ke dunia luar. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam sebagai leading sektor pemberdayaan para finalis tersebut akan sangat terbantu dalam melakukan berbagai promosi khusunya dalam rangka Visit Batam 2010.
Pemasangan selempang terhadap 14 wanita dan 6 pria sebagai finalis Duta Wisata Batam 2010, dilakukan secara langsung oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Guntur Sakti, serta tokoh perempuan Batam Sri Soedarsono dan tamu kehormatan lainnya. Para finalis tersebut telah melewati serangkaian tes sejak Minggu pagi harinya .
Kepala Disparbud Kota Batam, Guntur Sakti menyampaikan, konsep pemilihan duta wisata tahun ini agak berbeda dengan even yang sejenis ditahun sebelumnya untuk mendukung program kepariwisataan dan kebudayaan di Kota Batam secara efektif dan berkelanjutan, ungkapnya. “Kesemua finalis duta wisata tersebut akan mendukung kegiatan promosi dalam berbagai bidang untuk kemajuan Kota Batam” ungkapnya optimis.
Masih menurut Pria berperawakan besar ini, para duta wisata tersebut, akan diberdayakan untuk mendukung pariwisata di Batam seperti dilibatkan dalam even-even kepariwisataan baik tingkat lokal, nasional dan internasional.
”Dalam satu even mungkin melibatkan lima sampai enam orang duta wisata. Anggaran yang ada bisa kita gunakan untuk biaya oprasional seperti transportasi serta make-up para duta wisata,” tuturnya.
Para duta wisata yang telah dinobatkan, sebutnya akan mengikuti pelatihan dan pembinaan seperti etika dan kemampuan bahasa Inggris. ”Hal ini untuk meningkatkan kemampuan para duta wisata tersebut,” imbuhnya.
Untuk mengungkap karakteristik khusus dalam duta wisata tersebut, kedepan pasangan duta wisata akan diberikan ‘label’ atau penamaan secara spesifik yang terkait dengan Batam. ”Sama halnya dengan Jakarta yang tenar dengan sebutan Abang dan None Jakarta, kita akan mencari sebutan khusus untuk Batam,” terangnya.
Untuk penentuan nama tersebut, Disparbud Kota Batam tengah berkoordinasi dengan tokoh melayu serta Lembaga Adat Melayu (LAM). ”Biasanya laki-laki melayu disebut Awang dan perempuan disebut Dayang. Rencananya, Awang dan Dayang bakal jadi sebutan putra dan putri melayu,” sebutnya.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan, dalam acara tersebut berpesan agar para Duta Wisata Batam sebagai putera-puteri terbaik dalam ajang tersebut menjadi panutan bagi kaum muda lainnya untuk mempromosikan dan membangun wisata Batam. Peran Duta Wisata, kata Dahlan, sangat dibutuhkan dalam berbagai iven, mengiformasikan wisata Batam dan membangun imej wisata Batam.
“Komitmen dan sinergitas kita semua sangat dibutuhkan untuk membangun Batam, meningkatkan wisata Batam dan menigkatkan wisatawan ke Batam melalui kerja sama dengan Tim Visit Batam 2010. Ciptakan imej wisata kita bagus agar Batam yang dicanangkan sebagai pintu gerbang (gateway) wisata nasional di bagian Barat juga sukses,” katanya.
Koordinator penyelenggara acara pemilihan Duta Wisata Batam 2010, Silvia Hilda, menjelaskan, sebelumnya peserta yang mengikuti ajang tahunan ini berjumlah 37 orang dan setelah melalui beberapa seleksi seperti pemahaman tentang Batam, pengetahuan bahasa serta performance, baru diputuskan sebanyak  20 orang dinobatkan sebagai duta wisata.
“Duta Wisata Batam berumur 15-25 tahun. Tinggi untuk pria dipatok minimal 170 cm dan perempuan 165 cm. Ini persyaratan untuk daerah dan kalau diikutkan untuk nasional, tinggi laki-laki minimal 175 cm dan perempuan 165 cm.

(humas_crew/ttn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/feed/ 0
Artis KDI dan Pesta Kembang Api Meriahkan Malam Pergantian Tahun http://www.humasbatam.com/2009/12/30/artis-kdi-dan-pesta-kembang-api-meriahkan-malam-pergantian-tahun/ http://www.humasbatam.com/2009/12/30/artis-kdi-dan-pesta-kembang-api-meriahkan-malam-pergantian-tahun/#comments Wed, 30 Dec 2009 00:59:22 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10662 BATAM-Memeriahkan malam pergantian tahun baru 2009, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar pesta rakyat dan pesta kembang api spektakuler di Dataran Engku Putri, Batam Centre. Pada Kamis (31/12) malam tersebut, masyarakat Batam juga akan dihibur oleh sejumlah artis ibukota. Yakni Lola KDI, Andy KDI, Yulia Citra dan Kity yang merupakan personil Manis Manja Group. Kemudian Eva Sari dan Rury Modiska. Sementara kembang api yang akan diluncurkan dalam rangka menyambut pergantian malam tahun baru ini berdurasi 15 menit sama seperti tahun lalu. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengundang masyarakat Batam untuk hadir menyaksikan acara hiburan yang digelar gratis tersebut.

Menurutnya, pesta rakyat tersebut sengaja digelar untuk menghibur masyarakat Batam. Oleh karena itu, Pemko Batam akan memberikan sesuatu yang spesial pada malam pergantian tahun tersebut dengan berbagai hiburan. Pesta kembang ini merupakan agenda tahunan yang telah diselenggarakan tiga tahun berturut-turut. Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk memberikan hiburan kepada warga Batam agar tidak bingung menentukan tempat untuk merayakan malam pergantian tahun. Ketika kegiatan ini dinilai mubazir, Dahlan tidak manampiknya namun karena ini sifatnya hiburan dan hanya dilaksanakan setahun sekali.

“Dulu tidak ada kembang api minta kembang api, sekarang ada kembang api malah dinilai berlebihan,” ujar Dahlan.

Menurutnya, pesta kembang api yang dilakukan di Batam juga telah menjadi perhatian tersendiri bagi sebagian masyakarat di sekitar Batam. Bahkan, ada seorang temannya yang berada di Indragiri Hilir (Inhil), Riau, akan datang ke Batam hanya sekedar untuk melihat pesta kembang api. Banyaknya orang yang berkunjung ke Batam untuk menyaksikan pesta kembang api ini akan berdampak pada perekonomian Batam karena bias menghasilkan pendapatan bagi daerah.

“Hotel bisa terisi, rumah makan juga laris, taksi atau tukang ojek juga mendapatkan pendapatan. Jadi banyak yang akan diuntungkan bila mereka datang ke Batam dan ini akan memberikan dampak yang baik untuk Visit Batam 2010,” paparnya.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/12/30/artis-kdi-dan-pesta-kembang-api-meriahkan-malam-pergantian-tahun/feed/ 1
Kompang Ditabuh, KSM ke-11 dan Gebyar Parade Nusantara Dimulai http://www.humasbatam.com/2009/12/13/kompang-ditabuh-ksm-ke-11-dan-parade-nusantara-dimulai/ http://www.humasbatam.com/2009/12/13/kompang-ditabuh-ksm-ke-11-dan-parade-nusantara-dimulai/#comments Sat, 12 Dec 2009 23:07:08 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10465

Kenduri Seni Melayu

BATAM- Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-11 dimulai, Sabtu (12/12) malam di Dataran Engku Putri, Batam Centre. Dimulainya acara yang telah diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam sejak sepuluh tahun lalu ini, ditandai dengan ditabuhnya kompang oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama Unsur Muspida Kota Batam. Antusias masyarakat Batam yang hadir menyaksikan acara ini terlihat dari ramainya warga yang memadati Dataran Engku Putri pada malam itu. Pada acara KSM ini akan ditampilkan tari-tarian yang dipersembahkan oleh sanggar baik dari Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri maupun provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Diantaranya provinsi yang turut serta dalam pentas KSM yang diselenggarakan empat malam berturut-turut ini, Provinsi Kalimantan Tengah, Tulang Bawang, Lampung, Nangro Aceh Darusalam, Bintan, Karimun dan Lingga. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Keberagaman Dalam Harmoni”. Acara yang selama ini digelar di Gedung SPC, untuk pertama kalinya diselenggarakan di panggung utama Engku Putri, Batam Centre.

“Dalam event Kenduri Seni Melayu ini juga akan tampil peserta dari Johor Bahru, Singapura untuk meramaikan pentas seni yang menjadi event dalam menyambut Hari Jadi Kota Batam ke 180 tahun dan dalam rangka menyambut Visit Batam 2010,” ujar Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dalam sambutannya.

Pada malam ini (Sabtu) diselenggarakan tiga event sekaligus. Diawali dengan Batam Big Bazar (BBB) yang digelar di Ikan Daun Batam Centre sampai ke ruko menuju BCM Mall. BBB akan dimulai dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB selama sembilan hari. Kemudian, pentas Kenduri Seni Melayu dan Gebyar Nusantara di Dataran Engku Putri dan pameran khazanah melayu yang diselenggarakan di Dataran Engku Putri. Disana menampilkan masakan khas melayu, pakaian tradisional melayu, senjata tradisional melayu hingga karya sastra melayu baik lisan maupun tulisan.

Dimalam pertama penyelenggaraan KSM ini, sanggar yang tampil tidak hanya dari Batam. Melainkan juga dari Sanggar Seni Tualang dari Kabupaten Lingga, dan seniman dari Kuala Lumpur. Acara diawali dengan tarian persembahan dan dilanjutkan dengan nyanyian “Batamku”. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya memberikan apresiasi penuh atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya, dengan waktu yang singkat panitia rangkaian HUT Kota Batam mampu menyukseskan pelaksanaan pentas kenduri seni melayu tersebut. Yang membuatnya bangga adalah, bahwa Batam telah melaksanakan event yang serupa selama sepuluh tahun berturut-turut.

Pada tahun 2010 mendatang, akan ada event besar dalam rangka Visit Batam 2010. Event yang sudah diselenggarakan ditahun 2010 menurutnya akan menjadi event yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya. “KSM ajan menjadi identitas Kepri terutama Batam bahkan menjadi event nasional,” katanya bangga.

Dalam kesempatan itu Walikota juga menyinggung pembangunan Batam yang dari waktu ke waktu terus berkembang. Sehingga agar terus dapat memacu perkembangan Batam diperlukan Sumbe Daya Manusia (SDM) yang handal. Membangun satu daerah menurutnya tidak bisa hanya dengan mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA). Untuk itu industri di Kota Batam harus dikembangkan agar dapat menampung tenaga kerja yang ada untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Batam.

Batam, didesain sebagai daerah perdagangan, alih kapal, jasa, pariwisata dan industri. Karenanya Batam akan terus tumbuh tidak hanya di Asia Tenggara tapi juga di Asia Pasifik. Walikota optimis dengan keberagaman suku yang dimiliki Batam menjadi penguat untuk membangun Batam. Budaya Melayu merupakan Payung Negeri dan Batam telah berkomitmen untuk ini. Pada malam pembukaan KSM ini, hadir mewakili Menteri Pariwisata, Staf Ahli dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Anggota DPD RI, Hardi Hood dan Zulbahri serta unsur Muspida di Kota Batam.

(crew_humas/dv)

foto lainnya **

Kenduri Seni Melayu-1

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/12/13/kompang-ditabuh-ksm-ke-11-dan-parade-nusantara-dimulai/feed/ 2
Malam Ini Gebyar Kenduri Seni Melayu Awali Penggunaan ‘Wajah Baru’ Engku Putri http://www.humasbatam.com/2009/12/12/malam-ini-gebyar-kenduri-seni-melayu-awali-penggunaan-wajah-baru-engku-putri/ http://www.humasbatam.com/2009/12/12/malam-ini-gebyar-kenduri-seni-melayu-awali-penggunaan-wajah-baru-engku-putri/#comments Sat, 12 Dec 2009 09:05:22 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10421 *7 Provinsi Dipastikan Akan Tampil ‘All Out”

syukuraan Gedung Seni PemkoBATAM- Malam ini, Sabtu (12/12) Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan membuka Kenduri Seni Melayu (KSM) di Dataran Engku Putri. Acara yang telah menjadi agenda rutin di Dinas Paariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini akan berlangsung hingga Rabu (16/12). Kegiatan ini akan menampilkan berbagai bentuk kesenian Melayu dan nusantara dari berbagai daerah dan negara Rumpun Melayu. Setiap harinya KSM akan dimulai pukul 19.30 sampai dengan pukul 23.00 WIB. Kabag Huma Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, agenda ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke 180 tahun dan mendukung Visit Batam 2010.

Dipastikan tujuh Provinsi di Indonesia sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir mengisi acara. Bagi provinsi yang berhalangan hadir maka pentas seni akan diisi oleh paguyuban yang ada di Kota Batam. Pada penyelenggaraan KSM tahun ini juga akan diisi dengan cluster khazanah budaya melayu dalam tenda berukuran besar. Disana akan ditampilkan kontens kue tradisional, masakan melayu, perkakas rumah tangga melayu, senjata traadisional melayu dan sejarah serta karya sastra lisan dan tulisan melayu.

Event KSM ini juga dimeriahkan dengan Batam Big Bazar (BBB) yang dibuka pada sore harinya oleh Walikota. Pada stand-stand ini akan dijual berbagai produk dan mulai dibuka dari pukul 16.00-23.00 WIB. Stand berlokasi di depan kantor PLN Batamcentre sampai ke belokan arah BCM Mall Batam Centre. Selama BBB berlangsung, untuk sementara jalan raya depan PLN Batam Centre sampai BCM Mall akan ditutup. Terhadap gangguan kelancaran pengguna jalan raya, Pemko Batam menyampaikan permohonan maaf.

Masih dalam rangkaian acara KSM ini, juga akan digelar bincang tokoh Noeng Isa di televisi lokal di Kota Batam. Adapun yang menjadi narasumber dalam bincang tokoh tersebut, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Aswandi Syahri, mantan Ketua Pansus Hari Jadi Kota Batam, Irwansyah dan Nyat Kadir. Bertindak sebagai moderator yakni Samson Rambah Pasir. Pemerintah Kota Batam mengundang masyarakat Batam, untuk dapat hadir menyaksikan pentas kenduri seni melayu di Dataran Engku Putri Batam Centre.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/12/12/malam-ini-gebyar-kenduri-seni-melayu-awali-penggunaan-wajah-baru-engku-putri/feed/ 0
Puncak Hari Jadi Kota Batam ke-180 Dari Even Budaya Hingga Malam Anugerah Batam Madani http://www.humasbatam.com/2009/12/12/puncak-hari-jadi-kota-batam-ke-180-dari-even-hingga-malam-anugerah-batam-madani/ http://www.humasbatam.com/2009/12/12/puncak-hari-jadi-kota-batam-ke-180-dari-even-hingga-malam-anugerah-batam-madani/#comments Sat, 12 Dec 2009 08:46:18 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10443 event kc1BATAM – Jumat (18/12) mendatang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam yang ke-180 tahun. Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah mempersiapkan beberapa agenda untuk memperingati HUT Kota Batam tersebut. Dimulai dari ziarah ke makam  Nong Isa, peresmian gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Sidang Paripurna  Istimewa dan Malam Anugerah Batam Madani.

Berdasarkan jadwal yang telah disiapkan oleh panitia HUT Kota Batam, agenda akan diawali dengan ziarah ke zuriyat Nong Isa pada pukul 09.00 WIB di Nongsa. Namun sebelum ke makam, rombongan akan berkumpul di masjid At-Taqwa untuk membaca Yassin. Baru kemudian melakukan arak-arakkan ke makam zuriyat Nong Isa.

Disana,Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama rombongan akan melakukan tabur bunga dan doa bersama. “Ziarah ke Makam Nong Isa ini diselenggarakan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM)  Kota Batam,” ungkap Kepala Badan Pertanahan Kota Batam sekaligus Ketua Pelaksana  HUT Kota Batam, Buralimar.

Usai melakukan ziarah, rombongan kembali ke Masjid At-Taqwa untuk menunaikan Shalat Jumat berjamaah. Pada pukul 14.00 WIB, acara dilanjutkan dengan sidang  Paripurna Istimewa di DPRD Kota Batam. Dalam kesempatan itu, Walikota bersama dengan Ketua DPRD Kota Batam akan membacakan pidatonya dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) pada pukul 15.30 WIB di Batam Centre. Gedung LAM ini akan diresmikan oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan disaksikan oleh Ketua LAM Kota Batam, Datuk Imran AZ.

Puncaknya, akan diselenggarakan “Malam Anugerah Batam Madani” di Hotel Goodway. Malam itu Pemko Batam akan memberikan penghargaan kepada para pihak yang telah berperan dalam membangun Batam. Untuk tahun ini, Pemko Batam mempersiapkan 20 penghargaan.

Diantaranya penghargaan diberikan kepada para mantan Ketua Otorita Batam (OB), mantan Wali Kota Batam, mantan Ketua DPRD Kota Batam, Lembaga Kekerabatan Adat, LAM dan lima  perusahaan yang telah eksis di Batam.

Diantaranya yang akan menerima penghargaan ini adalah BJ Habibie, Ismeth

Abdullah, Soerya Respationo, Taba Iskandar, Nyat Kadir, Usman Draman, Azman Abnur, Raja Zainudin dan Makmur Ismail. Buralimar mengatakan, penghargaan ini dibagi dalam kategori, politik pemerintahan, ekonomi, social dan budaya. Penghargaan yang diberikan berupa Selempang, Pin Emas dan sertifikat Batam Madani.

“Penghargaan Batam Madani ini kita berikan untuk pertama kalinya. Tahun depan akan kita tingkat kan lagi jumlah yang menerimanya,” tutur Buralimar.

Acara pada malam hari itu juga akan diisi dengan hiburan yang akan dilantunkan oleh artis Ibukota, Kiki KDI. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria  Saptarika, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi dan Unsur  Mupida Kota Batam akan hadir pada Malam Anugerah Batam Madani tersebut.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/12/12/puncak-hari-jadi-kota-batam-ke-180-dari-even-hingga-malam-anugerah-batam-madani/feed/ 0
7 Provinsi Nyatakan Kesiapan Untuk Tampil Pada Event KSM http://www.humasbatam.com/2009/12/08/7-provinsi-nyatakan-kesiapan-untuk-tampil-pada-event-ksm/ http://www.humasbatam.com/2009/12/08/7-provinsi-nyatakan-kesiapan-untuk-tampil-pada-event-ksm/#comments Tue, 08 Dec 2009 11:01:20 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10354 tarian   Foto by: Irwansyah, PBATAM- Pada hari Sabtu (12/12) Dataran Engku Putri akan diramaikan dengan acara Kenduri Seni Melayu (KSM). Acara yang telah menjadi agenda rutin di Dinas Paariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini akan berlangsung hingga Rabu (16/12). Kegiatan yang menampilkan berbagai bentuk kesenian Melayu dan nusantara dari berbagai daerah dan negara Rumpun Melayu ini akan dibuka oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Setiap harinya KSM akan dimulai pukul 19.30 sampai dengan pukul 23.00 WIB. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Guntur Sakti mengatakan, agenda ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke 180 tahun dan mendukung Visit Batam 2010.

“Dalam event ini kita akan menampilkan ragam seni budaya melayu dalam bentuk pementasan dan expo cluster. Nanti juga akan ditampilkan pentas seni budaya dari masing-masing daerah di Indonesia,” ujar Guntur.

Dipastikan tujuh Provinsi di Indonesia sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir mengisi acara. Bagi provinsi yang berhalangan hadir maka pentas seni akan diisi oleh paguyuban yang ada di Kota Batam. Yang menarik pada penyelenggaraan KSM tahun ini dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena akan dibuat cluster khazanah budaya melayu dalam tenda berukuran besar. Disana akan ditampilkan kontens kue tradisional, masakan melayu, perkakas rumah tangga melayu, senjata traadisional melayu dan sejarah serta karya sastra lisan dan tulisan melayu.

Event KSM ini juga dimeriahkan dengan Batam Big Bazar (BBB) yang dibuka pada hari yang sama dan berlangsung selama sembilan hari berturut-turut. Pada stand-stand ini akan dijual berbagai produk dan mulai dibuka dari pukul 16.00-23.00 WIB. Stand berlokasi di depan kantor PLN Batamcentre sampai ke Jalan Engku Putri. Masih dalam rangkaian acara KSM ini, juga akan digelar bincang tokoh Noeng Isa di televise lokal di Kota Batam. Adapun yang menjadi narasumber dalam bincang tokoh tersebut, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Aswandi Syahri, mantan Ketua Pansus Hari Jadi Kota Batam, Irwansyah dan Nyat Kadir. Bertindak sebagai moderator yakni Samson Rambah Pasir.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/12/08/7-provinsi-nyatakan-kesiapan-untuk-tampil-pada-event-ksm/feed/ 0
Datuk Ali Rustam Anugerahkan Gelar Tun Perak untuk Wali Kota Batam http://www.humasbatam.com/2009/12/07/datuk-ali-rustam-anugerahkan-gelar-tun-perak-untuk-wali-kota-batam/ http://www.humasbatam.com/2009/12/07/datuk-ali-rustam-anugerahkan-gelar-tun-perak-untuk-wali-kota-batam/#comments Mon, 07 Dec 2009 05:27:02 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10299 malaccaMELAKA – Walikota Batam, Ahmad Dahlan menerima anugerah Tun Perak Dunia Islam Dunia Melayu (DMDI). Gelar ini diserahkan langsung oleh Presiden DMDI, Datuk Seri Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam yang juga Gubernur Melaka. Penyematan penghargaan tertinggi ini bersempena dengan pelaksanaan Konvensi DMDI ke-10 yang berlangsung di Melaka International Trade Centre (MITC), Malaysia, Sabtu (6/12). Bersama Dahlan, tiga tokoh Kepri lainnya juga menerima penghargaan yaitu dosen Umrah, H Abdul Malik, Ketua LAM Kepri, H Abdul Razak, AB dan Direktur Quran Centre, Mahadi Rahman. Tokoh Kepri ini mendapat penghargaan Hang Tuah karena mereka dinilai berjasa dalam bidang pendidikan, sosial dan budaya serta keagamaan.

Walikota menerima penghargaan ini karena dinilai berkomitmen mengembangkan seni budaya Melayu dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Melayu. Selanjutnya walikota juga dianggap berjasa dalam memajukan kerja sama dengan DMDI yang meliputi bidang sosial, budaya dan pariwisata. Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengaku penghargaan yang diterimanya itu di luar dugaannya.

Awalnya ia hanya diminta memberikan materi soal pengembangan budaya Melayu dan pariwisata di Batam. Namun dua hari menjelang pelaksanaan konvensi, ia menerima surat, kalau yang menerima penghargaan Tun Perak, termasuk dirinya. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan penghargaan ini diberikan hanya untuk perseorangan yang dinilai telah komitmen memberikan pembinaan dan pengembangan budaya dan seni Melayu di Batam. Anugerah ini diberikan tidak kepada sembaran orang. Sebab yang melakukan penilaian langsung adalah presiden.

DMDI merupakan sebuah wadah kerja sama antara negara-negara Melayu Islam. Mereka adalah, Malaysia, Indonesia, Brunai, Thailand, Srilanka, Singapura, Afrika Selatan, Australia Kamboja dan Cina.

Konvensi ini merupakan acara tahunan  telah menjadi pertemuan antar pemimpin-pemimpin Melayu dari seluruh dunia dalam usaha meningkatkan taraf sosial ekonomi  dan budaya Melayu Islam. Pada tahun 2008 lalu, konvensi ke-9 diselenggarakan di Holiday Inn Melaka. Konvensi ini merupakan acara tahunan oleh Kerajaan Negeri Melaka melalui Dunia Melayu Dunia Islam dan merupakan acara pertemuan bagi pemimpin-pemimpin melayu dari seluruh Dunia dalam usaha meningkatkan taraf sosial ekonomi dan budaya umat Melayu Islam.

Promosikan Visit Batam 2010

Dalam kesempatan itu, Kota Batam mendapat kehormatan di dunia internasional untuk menyampaikan presentasi tentang Batam.  Keikutsertaan Batam pada Konvensi DMDI yang bertajuk “Transformasi Model Baru Perdagangan DMDI”  membawa dampak positif bagi kemajuan pembangunan Batam. Batam diberikan kesempatan pada sesi pertama untuk menyampaikan materi tentang pengembangan Melayu dan pariwisata. Materi disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Raja Supri mewakili Walikota Batam, Ahmad Dahlan.

Dengan keikutsertaan Batam yang dihadiri negara-negara tetangga, diantaranya Filipina,  Kamboja, Srilangka, Bangladesh itu, menurut Raja Supri  akan semakin membuka peluang kerjasama  dalam berbagai bidang terutama bidang pariwisata dengan program visit Batam 2010. Dalam pemaparannya Supri mengatakan Pemko Batam tetap komitem membangun hubungan kerjasam dengan DMDI dalam segala bidang, salah satuanya pariwisata.

Pada Desember 2009, Pemko Batam akan menggelar iven pariwisata selama satu bulan penuh. Iven itu mulai dari chinese dance and fashion festival menampilkan kebudayaan tradisional Indonesia hingga Sea Eagle Boat Race dan kegiatan lainnya. Untuk itu ia mengajak negara-negara yang tergabung dalam DMDI agar datang ke Batam agar dapat menyaksikan seni budaya yang ditampilkan di Batam.

Dihadapan seluruh peserta konvensi Supri mengatakan Batam merupakan salah satu gateway unggulan diantara 13 gateway yang ditetapkan Depbudpar RI. Batam juga merupakan bagian dari tiga besar penyumbang angka kunjungan setelah Bali dan Jakarta. Ditetapkannya Batam sebagai kota MICE dari 13 kota se Indonesia. Batam berani membuat program Visit Batam 2010, karena Batam merupakan tempat pergeseran orang. Krisis global yang melanda beberapa waktu lalu, menurutnya tidak berdampak pada wisatawan. Infrastruktur Batam juga cukup untuk mendukung Visit Batam 2010.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2009/12/07/datuk-ali-rustam-anugerahkan-gelar-tun-perak-untuk-wali-kota-batam/feed/ 0