Website Bagian Humas Setdako Batam » Sukseskan Visit Batam 2010 http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Sat, 20 Aug 2011 05:54:36 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.2.1 Youth Park 2010 Digelar Hari Ini http://www.humasbatam.com/2010/11/10/youth-park-2010-digelar-hari-ini/ http://www.humasbatam.com/2010/11/10/youth-park-2010-digelar-hari-ini/#comments Wed, 10 Nov 2010 11:44:59 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14686 BATAM- Sempena dengan rangkaian kegiatan Kenduri Seni Melayu (KSM), akan digelar Youth Park 2010.  Youth Park 2010 akan diselenggarakan pada hari ini, 11-14 November bersamaan dengan event Sumatera Expo 2010, Dunia Melayu Dunia Islam XI. Sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, Youth Park 2010 tahun ini mengangkat tema ”The Heart Beat of a Revolution : Create a Youth Feature”. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Youth Park tetap konsistensi dengan garis program fokus pendidikan multimedia, multimedia education focus programme ( MEFP). Kegiatan ini akan digelar di Gedung Sumatera Convention Centre (SPC).

Pengembangan konsep komunitas terus dibangun dari waktu ke waktu. Pada tahun ini, Youth Park kembali menjalin komunitas, diantaranya, Komunitas Film Kita, Indonesia Kreatif Production, Batam Motor Club, Indonesia Go Open Sourge ( IGOS), Batam Analog and Toycam Community, Batam Local Indie, Batam Headbang Trops, Batam Rawk and Punk dan berbagai komunitas lainnya.

Ammar Satria selaku penanggung jawab Youth Park 2010, mengatakan kegiatan Youth Park terbagi dalam empat bentuk, yaitu; workshop, music performance, exhibition, school talents. Untuk workshop 10 diantaranya; klinik musik oleh Batam Local Indie, workshop Digital Imaging oleh Indonesia Kreatif Production, workshop Robotik oleh Tim Robotik Politeknik Batam, workshop Kick Start for Indie Film Maker oleh Melayu Studio dot com, workshop Linux Ubuntu oleh Indonesia Go Open Sourge ( IGOS), workshop Reproduksi Kesehatan Remaja “Bahaya Sex Bebas” oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN), workshop animasi oleh Infinite Frameworks Studios, workshop motion graphic oleh Fingerfast Laboratory, workshop graphic design oleh Duasebelast Studio, workshop automotive freestyle oleh Batam Motor Club.

Sedangkan untuk Exhibition akan di laksanakannya soft launching dari Batam Analog and Toycam Community. Dan pada program school talents; Traditional Dance & Cheers SMUN 3 Batam, Acapella SMU Kartini, Beatbox Batam Facebook Community & Standboy. “Youth Park 2010 adalah rangkuman pergerakan kontinyu dari pemerintah melalui sosialisasi, tentang pentingnya generasi muda dalam menjalankan kinerja negara dalam bidangnya masing masing, karena pada dasarnya merekalah ujung tombak awal bangsa kita,” ujar Ammar.

Dengan mengumpulkan kelompok-kelompok berskala besar yang kompeten dalam bidangnya, dan melakukan diskusi bersama membincangkan persoalan dewasa ini. Segala usaha yang bias harus dikerahkan, untuk bisa belajar dan memahami. Dengan banyak belajar kita akan selalu menjadi satu yaitu taman pemuda (Youth Park) adalah jawaban yang bangkit dari mereka, yang sering mengatakan bahwa kita harus pesimis dan takut, dan menjadi ragu akan hal yg seharusnya bisa kita lakukan, dan untuk menggenggam tangan mereka menuntun mereka sekali lagi kepada harapan untuk tujuan yg lebih baik.

“Tentu, ada yang meragukan skala ambisi kita, dengan mengatakan hal ini adalah tidak mungkin, dan kita akan mengubah sekolah, perguruan tinggi dan universitas untuk memenuhi tuntuntan globalisasi, mereka sudah membuat komitmen, dan janji yang terpenuhi,” pungkasnya.(***)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/10/youth-park-2010-digelar-hari-ini/feed/ 1
Wako: Tahun Ini Batam Harus Jadi Juara http://www.humasbatam.com/2010/11/10/wako-tahun-ini-batam-harus-jadi-juara/ http://www.humasbatam.com/2010/11/10/wako-tahun-ini-batam-harus-jadi-juara/#comments Wed, 10 Nov 2010 11:38:34 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14683 BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melepas Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih yang akan mengikuti event Tanjungpinang International Dragon Boat Race. Event yang digelar pada Kamis (11/11) hingga Minggu (14/11) merupakan event tahunan yang digelar oleh Pemko Tanjungpinang. Pada seluruh anggota tim yang akan berangkat ke Tanjungpinang itu, Wali Kota mengeaskan bahwa tahun ini Batam harus menjadi juara. Pasalnya, sebelum mengikuti event Tanjungpinang International Dragon Boat Race itu, Pemko Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam telah menggelar Sea Eagle Boat yang digelar di Belakang Padang. Dan mereka yang berangkat ke Tanjungpinang ini merupakan atlit terbaik yang dimiliki Batam.

“Jika tahun lalu gagal, tahun ini harus menjadi juara. Sebagai daerah yang terdiri dari daerah lautan tidak ada alasan untuk tidak jadi juara,” tutur Dahlan dalam sambutannya ketika melepas Tim Batam Merah dan Batam Putih di lantai IV Kantor Wali Kota, Rabu (10/11).

Untuk meraih juara tersebut menurutnya diperlukan semangat juang yang tinggi dan persiapan yang matang. Yang tak kalah penting lainnya adalah menjaga kekompakan dan satukan tekad untuk meraih juara yang pernah lepas dari Batam tersebut. Tidak lupa Wali Kota mengingatkan agar anggota tim yang berangkat itu dapat menjaga nama baik Batam. Karena mereka yang berangkat juga sebagai media promosi bagi Batam.

”Menjaga nama baik Batam sangat perlu. Selama ini nama Batam masih baik di luar, jadi jangan sampai menjadi rusak karena ulah satu orang. Untuk itu saya ucapkan selamat bertanding, jada selalu kekompakan dan disiplin,” pesannya.

Pelepasan dua anggota tim itu ditandai dengan pemasangan jaket kepada perwakilan anggota tim yang berangkat. Sementara itu, Kadisparbud Pemko Batam, Guntur Sakti mengatakan bahwa peserta yang mengikuti event tersebut telah diseleksi melalui Sea Eagle Boat yang digelar di Belakang Padang beberapa waktu lalu. Event tahunan Pemko itu menurutnya merupakan modal awal bagi para tim. Guntur yakin dengan bekal yang telah dimiliki para pendayung tersebut, mereka mampu bersaing dengan peserta lainnya dalam event Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race.

adalah Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih. Keberangkatan dua tim ini ke Tanjung Pinang, akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada Rabu (10/11) di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti mengatakan bahwa pada tahun ini Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih bertekad untuk merebut kembali juara umum yang gagal direbut pada tahun 2009 lalu.

“Baik Tim Batam Merah maupun Tim Batam Putih telah melakukan persiapan-persiapan untuk mengikuti event ini. Target kita, tim ini mampu merebut kembali juara umum yang pada tahun 2009 lalu berhasil direbut oleh peserta dari Kabupaten Lingga,” ujar Guntur.
Ajang ini menurutnya diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepri dan bahkan dari negara lain. Untuk itu perlu kerja keras serta kekompakan tim untuk dapat meraih kembali juara yang pernah lepas. Yang perlu diperhatikan oleh masing-masing anggota tim adalah kekompakan serta ketahanan fisik. Namun, ia yakin dengan latar belakang anggota tim yang merupakan anak-anak pulau, Guntur yakin mereka dapat mendayung dengan baik serta tetap menjaga kekompakannya.

Terlebih, Pemko Batam juga memiliki event serupa yang digelar setiap tahunnya yakni Sea Eagle Boat Race. Dengan keikutsertaan Batam pada event ini merupakan bukti bahwa Batam memiliki potensi bahari yang sangat strategis untuk ditumbuhkembangkan menjadi daya tarik wisata khususnya wisata bahari. Kepada dua tim Guntur juga mengingatkan bahwa kedisiplinan selama mengikuti perlombaan tersebut perlu dijaga. Untuk mengikuti perlombaan ini menurutnya tidak hanya fisik dan kekuatan tubuh yang diperlukan, tapi juga taktik dan strategi agar bisa keluar sebagai juara.

“Tentunya banyak peserta yang akan mengikuti event ini. Agar tim ini dapat merebut kembali juara umum, selain latihan yang rutin, kondisi fisik dan kekompakan perlu dijaga. Jika tim kompak bukan tidak mungkin Batam akan berhasil meraih kembali juara umum,” pungkasnya. (crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/10/wako-tahun-ini-batam-harus-jadi-juara/feed/ 0
Prasasti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Muasal Bahasa Indonesia http://www.humasbatam.com/2010/11/10/prasasti-bahasa-melayu-kepulauan-riau-sebagai-asal-muasal-bahasa-indonesia/ http://www.humasbatam.com/2010/11/10/prasasti-bahasa-melayu-kepulauan-riau-sebagai-asal-muasal-bahasa-indonesia/#comments Wed, 10 Nov 2010 11:34:03 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14680 BATAM- Sempena Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke XI, Panitia Pelaksana menggelar Seminar Bahasa dan Adat Melayu, Rabu (10/11) di Auditorium Sumatera Convention Centre. Seminar yang dihadiri 500 peserta itu dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani dan dihadiri Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan serta Ketua Mentri Melaka merangkap Presiden DMDI, Datuk Moh Ali Rustam. Adapun tema yang diangkat pada seminar ini yakni “Mewujudkan Prasasti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Muasal Bahasa Indonesia”. Ketua Panitia Pelaksana, AZ Dadang mengatakan seminar ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai Melayu. Selain itu DMDI merupakan wadah untuk mempererat tali silahturahmi.

“Kegiatan ini sebagai forum untuk meningkatkan budaya dan bahasa Melayu yang mana budaya Melayu ini tersebar di berbagai daerah,” katanya.

Adapun yang menjadi peserta dalam seminar ini adalah pemerintah, akademisi, tokoh masyarakat dan tokoh melayu. Seminar itu sendiri terbagi dalam dua sesi dengan narasumber yang berbeda-beda. Adapun yang menjadi narasumber dalam seminar Bahasa dan Adat Melayu itu adalah Prof. Datuk Dr. Abdul Latiff Abu Bakar, yang membahas tentang Kepulauan Riau Sebagai Pusat Kebudayaan dan Tamadun Melayu.

Selanjutnya Prof Emeritus Abdullah Hassan yang mengupas tentang Menggagas dan Mewujudkan Prasasti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Bahasa Nasional Indonesia. Narasumber lainnya Abdul Malik mengemukakan tentang Sepuluh Bukti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Muasal Bahasa Indonesia. Sementara Dr Rozak A Zaidan menyampaikan bahan tentang Telaahan Raja Ali Haji Sebagai Perintis Bahasa Indonesia.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani selaku Ketua DMDI Provinsi Kepri mengharapkan agar melalui seminar tersebut diperoleh ,masukan-masukan yang bermanfaat untuk kemajuan Melayu dan Provinsi Kepri khususnya. Gubernur juga mengharapkan agar prasasti Bahasa Melayu di Provinsi Kepri tepatnya di Pulau Penyengat. Ceritanya, Raja Ali Haji merupakan raja dari Penyengat yang telah membuat Gurindam 12 dan ini merupakan salah satu catatan sejarah bahwa Bahasa Melayu telah digunakan sejak dahulu. Untuk itu dengan banyaknya seminar, selain sebagai ajang untuk mempererat tali silahturahmi, juga sebagai tempat untuk memperoleh saran dan masukan demi kesempurnaan seminar-seminar yang telah digelar sebelumnya. Akhirnya, dengan mengucap Bismillahhirohmannirohim, Seminar Bahasa dan Adat Melayu tersebut resmi dibuka.

Usai membuka acara tersebut, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan berkenan menjemput Ketua Mentri Melaka merangkap Presiden DMDI, Datuk Moh Ali Rustam beserta rombongan lainnya. Datuk Ali Rustam yang tiba melalui Terminal Ferry Internasional Batam Centre tersebut tampak senang dengan sambutan yang dilakukan oleh Wali Kota selaku tuan rumah tempat diselenggarakannya DMDI ini. Selanjutnya dari Terminal Ferry International, Wali Kota bersama dengan rombongan Datuk Ali Rustam langsung menuju ke Gedung SCC. Hadir dalam acara seminar pagi itu, Huzrin Hood, Tennas Efendi dan tokoh Melayu lainnya.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/10/prasasti-bahasa-melayu-kepulauan-riau-sebagai-asal-muasal-bahasa-indonesia/feed/ 0
Tiga Ustadz dari Tiga Negara Hadiri Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/ http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/#comments Tue, 09 Nov 2010 10:28:56 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14638 BATAM- Setelah perhelatan akbar Kenduri Seni Melayu (KSM) dibuka pada Senin (8/11) malam lalu, pada malam ini, Rabu (10/11) akan digelar Tabligh Akbar Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) XII. Acara yang digelar di Masjid Agung Batam Centre ini dimulai pukul 19.30 WIB dan masih merupakan rangkaian acara KSM. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan Kegiatan Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama ini akan dihadiri oleh ustadz dari tiga negara, yakni Negara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Untuk menyukseskan acara tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengundang seluruh pegawai dan masyarakat Kota Batam untuk menghadiri kegiatan itu. Kegiatan ini menurutnya akan dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan serta unsur Muspida.

“Tabligh Akbar ini merupakan rangkaian acara KSM. Ini untuk pertama kalinya DMDI digelar di luar Malaka, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kota Batam. Untuk itu mari kita dukung perhelatan ini tentunya dengan menghadiri acara tabligh akbar yang akan dihadiri oleh tiga ustadz kondang dari tiga negara,” paparnya.

Konvensi DMDI XII ini sendiri akan dibuka pada Kamis (11/11) di Auditorium Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre. Konvensi ini akan oleh 16 Negara Delegasi yang merupakan anggota DMDI. Diperkirakan sekitar 1.500 wisatawan akan berkunjung ke Batam dalam rangka kegiatan DMDI ini. Adapun rangkaian acara DMDI lainnya sebelum Tabligh Akbar adalah petemuan penyair dan tokoh adat Melayu, Seminar Empire Malaka sekaligus peresmian Galery Malaka. Pertemuan tersebut akan digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu pada Selasa (9/11). Kemudian juga akan digelar forum perdana zikir DMDI yang bentuknya seperti tabligh akbar. Dalam forum tersebut menurutnya akan menampilkan tiga ustad dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Forum ini akan dilaksanakan di Masjid Agung, Batam Centre.

Dipenghujung acara KSM tepatnya pada Tanggal 13 November 2010, para delegasi yang hadir akan disuguhkan sebuah paduan budaya kental Melayu yang diberi nama Festival Jong dan Gebyar Budaya Nusantara dan diharapkan masing-masing peserta juga ikut dalam acara ini untuk berkolaborasi dan menikmati secara langsung festival dan gebyar budaya Nusantara tersebut. Gebyar Budaya Nusantara akan menampilkan 20 paguyuban di Kota Batam. Yang mengambil start dari Harbour Bay dan finish di Nagoya Hill. Sementara untuk Festival Jong akan diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 kecamatan se Kota Batam. Kegiatan ini menurutnya akan dilombakan. Untuk menyukseskan rangkaian acara tersebut, Yusfa mengajak masyarakat Batam untuk dapat menyaksikan event tersebut dengan berkunjung ke Gedung SCC Batam Centre.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/feed/ 0 Malam Ini KSM XII Digelar di SCC http://www.humasbatam.com/2010/11/08/malam-ini-ksm-xii-digelar-di-scc/ http://www.humasbatam.com/2010/11/08/malam-ini-ksm-xii-digelar-di-scc/#comments Mon, 08 Nov 2010 09:05:19 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14616 BATAM- Perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) akan digelar pada Senin (8/11) malam ini di halaman parkir Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre pukul 19.00 WIB. Event tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani. Selain dihadiri oleh Wali Kota dan Bupati se Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri, acara ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Lampung, Bupati Aceh Besar serta Sutardji Calzoum Bachri. Dalam acara pembukaan itu, Sutardji juga akan tampil dengan membawakan karyanya. Perhelatan lainnya yang digelar secara bersamaan yakni Pameran Khazanah Melayu. Selanjutnya kegiatan Pentas Seni Serumpun yang akan menampilkan kesenian-kesenian dari 10 daerah di luar Batam serta dimeriahkan dengan penampilan seni dari 6 sanggar seni yang ada di Kepri. Pameran Khazanah Melayu dan Pentas Seni Melayu Serumpun sempena Kenduri Seni Melayu ini akan digelar selama 5 hari berturut-turt mulai Tanggal 8 – 13 Nopember 2010 dan dipusatkan di Sumatera Convention Centre (SCC), Batam.

“Pameran Khazanah Melayu tersebut akan memamerkan benda-benda peninggalan sejarah Melayu, situs-situs sejarah dan ornamen-ornamen khas Melayu. Untuk lokasi pameran akan dilaksanakan di halaman parkir yang akan mulai dibuka dari pukul 15.00-22.30 WIB. Rangkaian acara lainnya yakni festival gasing,” ujar Rudi Panjaitan, Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

Selanjutnya pada Kamis (11/11) akan digelar Kovnesi Dunia Melayu Dunia Islam  (DMDI) XI di SCC. Konvensi ini menurutnya akan dihadiri oleh 16 Negara Delegasi yang merupakan anggota DMDI. Diperkirakan sekitar 1.500 wisatawan akan berkunjung ke Batam dalam rangka kegiatan DMDI ini. Adapun rangkaian acara DMDI ini adalah petemuan penyair dan tokoh adat Melayu, Seminar Empire Malaka sekaligus peresmian Galery Malaka. Pertemuan tersebut akan digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu pada Selasa (9/11). Kemudian juga akan digelar forum perdana zikir DMDI yang bentuknya seperti tabligh akbar. Dalam forum tersebut menurutnya akan menampilkan tiga ustad dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Forum ini akan dilaksanakan di Masjid Agung, Batam Centre.

“Pelaksanaan Konvensi di Batam ini merupakan yang pertama kalinya digelar di luar Malaka. Ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Batam. Semoga dari kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Batam,” paparnya.
Dipenghujung acara KSM tepatnya pada Tanggal 13 November 2010, para delegasi yang hadir akan disuguhkan sebuah paduan budaya kental Melayu yang diberi nama Festival Jong dan Gebyar Budaya Nusantara dan diharapkan masing-masing peserta juga ikut dalam acara ini untuk berkolaborasi dan menikmati secara langsung festival dan gebyar budaya Nusantara tersebut.. Gebyar Budaya Nusantara akan menampilkan 2- paguyuban di Kota Batam.

Yang mengambil start dari Harbour Bay dan finish di Nagoya Hill. Sementara untuk Festival Jong akan diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 kecamatan se Kota Batam. Kegiatan ini menurutnya akan dilombakan. Untuk menyukseskan rangkaian acara tersebut, Rudi mengajak masyarakat Batam untuk dapat menyaksikan event tersebut dengan berkunjung ke Gedung SCC Batam Centre.(***)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/08/malam-ini-ksm-xii-digelar-di-scc/feed/ 0
Talkshow Dirjen Hortikultura Bersama Wako Batam Ditayang Sabtu Besok http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/ http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/#comments Fri, 09 Jul 2010 01:43:36 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12630 JAKARTA - Setelah mengalami penundaan  beberapa hari, akhirnya talkshow terkait pelaksanaan Pekan Flora Flori Nasional (PF2N) 2010 di Batam ditayang ulang untuk memberikan informasi yang lengkap dan terbarukan kepada seluruh stakeholders flori dan flora yang akhir-akhir ini semakin berkembang pesat ditengah kompetisi global yang telah menerapkan teknologi hortikultura. Pada tanggal 15-22 Juli mendatang, acara PF2N yang sengaja dihadirkan di Kota Batam sebagai potensi baru pengembangan dan bisinis hortikultura akan digelar dengan menghadirkan berbagai varietas unggul dan baru yang potensial untuk dikembangkan di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, selaku tuan rumah penyelenggaraan even tersebut bersama Dirjen Hortikultura Kementan RI secara sinergis telah melakukan berbagai upaya untuk publikasi informasi termasuk mengikuti talkshow bersama di Televisi Republik Indonesia (TVRI), pada Senin (5/7) yang lalu. Talkshow ini juga diikuti oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI,  Dr. Ir. Ahmad Dymiati, M.S. Acara Talkshow yang dipandu oleh presenter Wardaniah Hadiyanto membahas tentang berbagai potensi pengembangan hortikultura di Indonesia serta upaya membidik akses pasar global melalui gelaran acara di Batam yang berbatasan langsung dengan luar negeri. Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Ahmad Dymiati, M.S. menyampaikan bahwa Direktorat hortikultura dibawah pimpinannya telah berupaya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas agar komoditas hortikultura menjadi sebuah komoditas yang multi manfaat dan multi fungsi. Serta bernilai tinggi yang terdiri dari kelompok tanaman buah, tanaman hias, sayuran dan biofarmaka.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran direktorat hortikultura tersebut menambahkan pengembangan hasil-hasil pembangunan hortikultura merupakan sebuah prioritas dengan menggandeng semua stakeholders untuk melakukan berbagai inovasi, kreasi hingga promosi produk hortikultura. Salah satunya dengan penyelenggaraan PF2N yang setiap tahunnya digelar secara selektif di daerah-daerah yang memiliki komitmen yang tinggi dalam ketiga upaya dimaksud.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, selaku tuan rumah penyelenggaraan even besar tersebut menjelaskan kesiapan Kota Batam sebagai tuan rumah dalam menyambut event nasional tersebut.  Bahkan dari informasi terbaru yang diperoleh dari sekretariat menjadikan even ini sebagai even Internasional dengan keikutsertaan negera-negara lain yang bertetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thaailand. Dengan berbagai potensi yang dimiliki, Batam berupaya memainkan perannya sebagai etalase berbagai peluang bisnis termasuk hortikultura dengan tujuan membuka peluang bisnis dan pengembangan dunia hortikultura kedepannya.

“Kami mengajak semua pihak untuk dapat memanfaatkan moment PF2N tahun 2010 ini sebagai peluang besar untuk pengembangan potensi hortikultura, bahkan bisinis yang terkait dengan hortikultura yang belum dimanfaatkan sebelumnya,” katanya seraya mengundang seluruh stakeholders terkait.

Sementara Kabag Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, mengatakan acara talkshow yang berdurasi 30 menit tersebut sengaja digelar dan akan ditayangkan  pada Sabtu besok (9/7) pada pukul 10.30 wib dalam acara Even Minggu Ini di media Televisi Nasional  TVRI sebagai stasiun televisi Nasional terluas jangkauan dan daya jelajah siarannya di seluruh tanah air bahkan sanpai ke luar negeri sebagai upaya brain storming seluruh stakeholders dalam dan luar negeri. Sehingga dapat mengundang antusiasme dan keikutsertaan para pelaku, pecinta bahkan pemerhati hortikultura dapat mempersiapkan berbagai hal terkait keikutsertannya dalam even tersebut. Menurutnya, PF2N akan dibuka langsung oleh Menteri Pertanian, Suswono. Untuk kesiapan yang telah dilakukan, paniti mulai mendirikan tenda-tenda di Jalan Engku Putri Batam Centre. Sementara untuk jumlah stand, peserta yang sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut serta sebanyak 183 dengan jumlah stand bursa 100 stand.

“Bahkan kita sudah menerima konfirmasi dari Thailand, bahwa mereka akan ikut serta dalam event ini. Stand yang mereka pesan sebanyak 10 stand, sementara dari Malaysia telah memesan dua stand,” kata Yusfa.

Saat ini persiapan sudah ditandai dengan pemasangan panggung utama dan pembangunan stand disepanjang jalan Engku Putri Batam Centre.

PF2N ini bertujuan untuk mempromosikan hasil pembangunan dan produk hortikultura, termasuk pemberian informasi peluang investasi dibidang hortikultura dan penjajakan kerjasama bisnis antar pelaku usaha. Selain ada pameran, lomba, bursa tanaman hias, lomba merangkai bungsa, lomba fotografer, lomba merangkai sayur juga akan digelar pawai kendaraan hias yang akan berjalan mulai dari Mega Wisata Ocarina menuju Engku Putri pada tanggal 17 Juli 2010.

Anda penasaran dengan berbagai potensi varietas unggul komoditas Hirtikultura Indonesia? Silahkan menonton acara Talkshow tersebut pada waktu yang telah disebutkan diatas dan hadir dalam acara pembukaan sampai berakhirnya cara Pekan Flori Flora Nasional di Batam tersebut.

(*humas_crew/ttn)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/feed/ 1
Peserta International Sea Eagle Boat Race Mulai Tiba di Belakang Padang http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/ http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/#comments Wed, 30 Jun 2010 12:37:30 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12550 BATAM- Menjelang pelaksanaan International Sea Eagle Boat Race yang di laksanakan 2-4 Juli 2010 di Belakang Padang, panitia pelaksana telah melakukan persiapan. Rabu (30/6) bertempat di lantai IV Kantor Wali Kota, seluruh peserta lomba International Sea Eagle Boat Race diundang untuk mendapatkan pengarahan dari panitia. Dari hasil technical meeting itu tercatat jumlah tim yang telah mendaftarkan diri berjumlah 45 tim, dengan rincian 30 tim lokal yang antara lain berasal dari tanjung Balai, Tanjung Pinang, Tembilahan, Meranti, dan 15 tim internasional yang berasal dari Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam.
Dalam kesempatan itu, Ketua Harian International Sea Eagle Boat Race 2010, Buralimar mengatakan bahwa acara pembukaan akan dilaksanakan pada Kamis (1/7) malam di Belakang Padang Menurut rencana, malam pembukaan acara olahraga air ini akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, HM Sani, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan seluruh jajaran Muspida Kota Batam. Bahkan sebagian peserta telah tiba seperti Tim Kuala Lumpur PDRM yang terdiri dari tim putra dan putri sejak Rabu malam lalu telah chek in di Hotel Gloris, Tim Tanjung Pinang A dan B telah tiba di Belakang Padang, Tim Aceh (Simeleu) juga telah sampai di Belakang Padang demikian juga tim dari Inhil telah tiba di Belakang Padang dan menginap di Hotel Asia.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam sendiri telah menyiapkan paket acara khusus dalam pembukaan ini. Dikemas dengan gaya yang kental dengan entertainment dan culture. Sehingga malam itu akan menjadi sebuah perayaan yang berbeda dari even-even lainnya. Hadir pula beragam pameran produk unggulan daerah, pusat juadah yang menggelar aneka jajanan, permainan rakyat dan sajian menarik lainnya.

International Sea Eagle Boat Race 2010 yang ke delapan tahun ini menawarkan total hadiah uang tunai sejumlah Rp 55 juta, yang akan diperebutkan oleh tim yang bertanding. Throphy tetap, piagam penghargaan dan throphy bergilir. Kategori Lomba terdiri dari kategori lokal dan internasional, yang akan diperlombakan melewati babak penyisihan pada hari Jumat dan Sabtu (2-3/7), serta babak semi final dan final yang diadakan pada hari Minggunya (4/7). Jarak tempuh yang diperlombakan tahun ini adalah 600 meter (pulang/pergi) melewati riak ombak Perairan Elang Laut Belakang Padang, Batam.

Kesiapan panitia dari tahun ke tahun semakin membaik, hal ini ditunjukkan dengan adanya itikad baik dari panitia untuk mengasuransikan seluruh peserta yang ikut berlomba. Pada sesi technical meeting juga para peserta dibagikan manual book yang akan menjadi panduan bagi peserta guna memberikan segala informasi terkait pelaksanaan dan persyaratan lomba. Melalui acara ini panitia berharap, even internasional yang juga merupakan bagian dari gencarnya promosi Visit Batam 2010 ini dapat menjadi sarana dan media promosi, kreasi dan sekaligus sebagai wujud apresiasi masyarakat pesisir Belakang Padang dalam rangka mendukung Visit Batam 2010.

Lebih jauh lagi, even ini diharapkan dapat menjaring wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Batam. Sehingga tercermin sinergi yang cukup kuat di dalam mewujudkan tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat Batam yang lebih baik lagi di masa depan. Untuk itu, partisipasi serta kehadiran seluruh elemen masyarakat Batam sangat diharapkan guna mendukung kesuksesan dan kelancaran International Sea Eagle Boat Race 2010.(crew_humas/bb)

ft lainnya**


]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/feed/ 0
30 Tim Ikuti International Sea Eagle Boat Race 2010 http://www.humasbatam.com/2010/06/17/30-tim-ikuti-international-sea-eagle-boat-race-2010/ http://www.humasbatam.com/2010/06/17/30-tim-ikuti-international-sea-eagle-boat-race-2010/#comments Thu, 17 Jun 2010 02:27:01 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12440 BATAM- Sebanyak 30 tim akan mengikuti International Sea Eagle Boat Race 2010 yang diselenggarakan 2-4 Juli 2010. Even tahunan yang telah diagendakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini bertujuan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dan domestik, dalam rangka mensukseskan Visit Batam 2010 dengan motto “The Spirit to Build Our Culture”. Ketua Panitia International Sea Eagle Boat Race 2010, Buralimar mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan di Dataran Elang Laut Kecamatan Belakang Padang. Rencananya, ujar Buralimar, acara ini akan dihadiri oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Wali Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam serta jajaran Muspida Kota Batam.

Dalam perlombaan International Sea Eagle Boat Race 2010 ini juga mengundang negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darusalam serta beberapa negara Eropa yang berada di Singapura yang memiliki tim Dragon Boat. Katanya, perlombaan ini akan dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori Internasional dan lokal. Peserta akan memperebutkan piala bergilir Wali Kota, uang pembinaan serta sertifikat. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp46 juta pada perlombaan ini. Untuk masing-masing tim terdiri dari 12 orang pendayung, 1 orang juru mudi dan 2 orang cadang.

“Kegiatan perlombaan ini dalam rangka tahun kunjungan wisata di Kota Batam. Kita juga akan menampilkan konsep baru pada penyelenggaraan International Sea Eagle Boat Race kali ini,” ujar Buralimar yang akan mengatakan even ini merupakan yang ke tujuh sejak diselenggarakan pada tahun 2007 lalu.

Sea Eagle Boat Race kali ini akan diadakan pada malam hari dengan nuansa keindahan lampu. Pemko Batam juga akan mendatangkan kapal Cheng Ho untuk memeriahkan acara tersebut. Dengan demikian maka masing-masing peserta yang terlibat dalam even ini akan menikmati indahnya lautan Batam pada malam hari dengan kapal tersebut. Tidaknya peserta yang dapat melihat kapal ini, namun masyarakat Kota Batam juga diberi kesempatan untuk menyaksikan acara ini.

Kenapa even ini menjadi unik, Buralimar mengatakan karena peserta start dari pantai dan bergerak sejauh 300 meter ke tengah laut selanjutnya kembali memutar ke pantai. Pada even kali ini panitia mengadakan berbagai even dan atraksi budaya serta pameran UKM untuk memeriahkan acara. Acara menurutnya akan dipusatkan di wilayah perkotaan dalam rangka memperkenalkan daerah hinterland kepada wisatawan.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/06/17/30-tim-ikuti-international-sea-eagle-boat-race-2010/feed/ 3 Pemilihan Duta Wisata Untuk Bantu Promosi Wisata Batam http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/ http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/#comments Tue, 01 Jun 2010 08:52:48 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12314

BATAM – Penobatan sebanyak 20 Finalis Duta Wisata Kota Batam 2010 yang dipilih pada Minggu (30/5) lalu menjadi salah satu momen penting dalam upaya mengenalkan berbagai potensi pariwisata dan kebudayaan Batam ke dunia luar. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam sebagai leading sektor pemberdayaan para finalis tersebut akan sangat terbantu dalam melakukan berbagai promosi khusunya dalam rangka Visit Batam 2010.
Pemasangan selempang terhadap 14 wanita dan 6 pria sebagai finalis Duta Wisata Batam 2010, dilakukan secara langsung oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Guntur Sakti, serta tokoh perempuan Batam Sri Soedarsono dan tamu kehormatan lainnya. Para finalis tersebut telah melewati serangkaian tes sejak Minggu pagi harinya .
Kepala Disparbud Kota Batam, Guntur Sakti menyampaikan, konsep pemilihan duta wisata tahun ini agak berbeda dengan even yang sejenis ditahun sebelumnya untuk mendukung program kepariwisataan dan kebudayaan di Kota Batam secara efektif dan berkelanjutan, ungkapnya. “Kesemua finalis duta wisata tersebut akan mendukung kegiatan promosi dalam berbagai bidang untuk kemajuan Kota Batam” ungkapnya optimis.
Masih menurut Pria berperawakan besar ini, para duta wisata tersebut, akan diberdayakan untuk mendukung pariwisata di Batam seperti dilibatkan dalam even-even kepariwisataan baik tingkat lokal, nasional dan internasional.
”Dalam satu even mungkin melibatkan lima sampai enam orang duta wisata. Anggaran yang ada bisa kita gunakan untuk biaya oprasional seperti transportasi serta make-up para duta wisata,” tuturnya.
Para duta wisata yang telah dinobatkan, sebutnya akan mengikuti pelatihan dan pembinaan seperti etika dan kemampuan bahasa Inggris. ”Hal ini untuk meningkatkan kemampuan para duta wisata tersebut,” imbuhnya.
Untuk mengungkap karakteristik khusus dalam duta wisata tersebut, kedepan pasangan duta wisata akan diberikan ‘label’ atau penamaan secara spesifik yang terkait dengan Batam. ”Sama halnya dengan Jakarta yang tenar dengan sebutan Abang dan None Jakarta, kita akan mencari sebutan khusus untuk Batam,” terangnya.
Untuk penentuan nama tersebut, Disparbud Kota Batam tengah berkoordinasi dengan tokoh melayu serta Lembaga Adat Melayu (LAM). ”Biasanya laki-laki melayu disebut Awang dan perempuan disebut Dayang. Rencananya, Awang dan Dayang bakal jadi sebutan putra dan putri melayu,” sebutnya.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan, dalam acara tersebut berpesan agar para Duta Wisata Batam sebagai putera-puteri terbaik dalam ajang tersebut menjadi panutan bagi kaum muda lainnya untuk mempromosikan dan membangun wisata Batam. Peran Duta Wisata, kata Dahlan, sangat dibutuhkan dalam berbagai iven, mengiformasikan wisata Batam dan membangun imej wisata Batam.
“Komitmen dan sinergitas kita semua sangat dibutuhkan untuk membangun Batam, meningkatkan wisata Batam dan menigkatkan wisatawan ke Batam melalui kerja sama dengan Tim Visit Batam 2010. Ciptakan imej wisata kita bagus agar Batam yang dicanangkan sebagai pintu gerbang (gateway) wisata nasional di bagian Barat juga sukses,” katanya.
Koordinator penyelenggara acara pemilihan Duta Wisata Batam 2010, Silvia Hilda, menjelaskan, sebelumnya peserta yang mengikuti ajang tahunan ini berjumlah 37 orang dan setelah melalui beberapa seleksi seperti pemahaman tentang Batam, pengetahuan bahasa serta performance, baru diputuskan sebanyak  20 orang dinobatkan sebagai duta wisata.
“Duta Wisata Batam berumur 15-25 tahun. Tinggi untuk pria dipatok minimal 170 cm dan perempuan 165 cm. Ini persyaratan untuk daerah dan kalau diikutkan untuk nasional, tinggi laki-laki minimal 175 cm dan perempuan 165 cm.

(humas_crew/ttn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/01/pemilihan-duta-wisata-untuk-bantu-promosi-wisata-batam/feed/ 0
Wako Paparkan Batam Sebagai ‘Gate-Way’ Indonesia http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-paparkan-batam-sebagai-gate-way-indonesia/ http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-paparkan-batam-sebagai-gate-way-indonesia/#comments Wed, 19 May 2010 11:52:40 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12167 BATAM- Tim Visit Batam 2010 melakukan Rapat Kordinasi Visit Batam 2010 bertempat di Kantor Walikota Batam (19/5). Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Batam Guntur Sakti mengatakan rapat kordinasi ini sebagai evaluasi tehadat program Visit Batam 2010. Selain sebagai evaluasi, rakor kemarin juga sebagai sarana untuk menenangkap ide-ide cemerlang dari stake holder dunia pariwisata untuk pembagunan pariwisata Batam ke depan.

Pada kesempatan itu Guntur juga memaparkan program kerja Visit Batam 2010 antara lain Penataan Infrastruktur, Penataan Objek Wisata dan Promosi even-event wisata dan objek wisata ke wisatawan. Dalam kesempatan itu, Guntur memaparkan arah kebijakan dan pengembangan pariwisata Kota Batam dan rencana strategis Visit Batam 2011 s/d 2015. Sehingga pada tahun 2015 diharapkan Batam menjadi pintu masuk (gate way) Wisatawan Asing ke Indonesia dan menjadi Destinasi Pariwisata Nasional/International (Gate Way Indonesia).

Sementara itu Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, Batam sebagai kota Industri,perdagangan, dan alih kapal juga mengandalkan sektor Pariwisata. Berbicara industri Pariwisata harus ada perencanaan yang matang dan terintegrasi antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat kota Batam. Sehingga diharapkan program visit Batam ini berkesinambungan, sehingga pada tahun 2015 Batam menjadi Pintu masuk wisatawan mancanegara teruma untuk wilayah Sumatra.

Diakhir arahannya Wako mengatakan  Visit Batam 2010 merupakan sarana awal untuk memajukan pariwisata di Batam. Ia berharap walaupun pemimpin Batam berubah, namun  program visit Batam terus berjalan demi kemajuan Dunia pariwisata di Batam. Rapat yang dipimpin Wako ini dihadiri Wakapoltabes Barelang Kombes Eka Yudha, SKPD penunjang Visit Batam dan stake holders yang bergerak dibidang Pariwisata diantaranya Asosiasi Travel, Pengusaha Hotel, Pengelola Pelabuhan dan Pengelola tempat Hiburan.(crew_humas/yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-paparkan-batam-sebagai-gate-way-indonesia/feed/ 0