Website Bagian Humas Setdako Batam » Agenda http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Wed, 02 Feb 2011 05:50:26 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 KSM dan DMDI Akan Berlangsung Sepekan http://www.humasbatam.com/2010/10/27/ksm-dan-dmdi-akan-berlangsung-sepekan/ http://www.humasbatam.com/2010/10/27/ksm-dan-dmdi-akan-berlangsung-sepekan/#comments Wed, 27 Oct 2010 06:46:56 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14340 BATAM – Perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) dan Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) XI yang akan digelar di Kota Batam bulan November mendatang akan menampilkan berbagai kesenian dan budaya melayu kontemporer.  Hal tersebut di ungkapkan Ketua Panitia Buralimar saat rapat panita KSM dan DMDI yang melibatkan  Polresta, Dinas  Perhubungan, Satpol PP, Kecamatan se Kota Batam, dan pengusaha perhotelan Batam bertempat di Kantor Walikota Batam,  Rabu (27/10).


Buralimar mengatakan, rangkaian kegiatan KSM akan dimulai sejak tanggal 11 November yang diawali dengan pembukaan Kenduri seni Melayu bertempat di Lapangan parkir Sumatra Convention Centre (SCC) Batam Centre. Acara Pembukaan tersebut dijadwalkan akan di buka oleh Gubernur Kepulauan Riau HM Sani dan dihadiri oleh tokoh Melayu se Provinsi Kepulauan Riau dan Tokoh Melayu Sumatra.
Pada malam pembukaan nanti  akan ditampilkan juga pagelaran tarian kontemporer  Melayu  bertajuk “Histeria Menyapa” yang melibatkan 200 orang penari lokal maupun penari dari provinsi lain seperti Pekanbaru, Medan dan  Jambi. Para penari ini saat ini tengah berlatih dengan melibatkan instruktur koregrafer ternama diantaranya  Iwan Irawan, Trisapto, Toni sumarsono dan Tomtom Kodrat, keempatnya dari Institut kesenian Jakarta (IKJ).

Tidak hanya itu malam kedua sampai malam keempat pengunjung dapat menyaksikan pameran khazanah Melayu yang dihibur oleh  artis-artis Nasional maupun artis luar Negeri dari Singapura dan Malaysia. Artis Nasional yang akan memeriahkan  KSM tahun 2010 diantaranya Betharia Sonata dan  Victor Hutabarat. Siang harinya, KSM akan  diisi kegiatan seminar tentang Seni  Budaya Melayu dan seminar tentang  Bahasa Melayu Kepri sebagai Asal Usul Bahasa Indonesia bertempat di Auditorium Sumatra Conventio Centre.

Sementara itu pembukaan Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang di ikuti negara-negara berbudaya Melayu dibuka pada hari kamis tanggal 11 november masih di Sumatra Convention centre. DMDI XI di Kota Batam ini direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Datuk Moh. Najib Tun Hj. Abdul Razak. Saat ini tercatat limabelas  Negara telah mendaftar dan akan hadir mengikuti konvensi DMDI XI di Kota Batam. Pada hari yang sama Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata juga akan mengelar pameran Gasing Nusantara yang akan menampilkan gasing seberat 2 ton yang merupakan Gasing terbesar dan tercatat dalam Musium Rekor Indonesia (MURI).

Malamnya, bertempat di Masjid Agung Batam  dilaksanakan Tabligh Akbar yang menghadirkan tiga Ustad terkenal dari tiga Negara Indonesia, Malaysia dan singapura. Memasuki hari Jumat, 12 November peserta DMDI dari Malaysia dan Singapura akan di Wisata tour dan malam harinya penutupan DMDI di Harmoni One Hotel Batam Centre, terang Buralimar.

Ketua harian yang juga Kapala Dinas Pariwisata Guntur Sakti pada kesempatan tersebut juga menyampaikan kegiatan DMDI dan KSM akan ditutup dengan Pawai Gebyar Budaya Nusantara dirangkai dengan Festifal Jong pada sabtu 13 November.
Guntur menjelaskan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Gebyar Budaya Nusantara pada tahun ini diselenggarakan pada malam hari yang mengambil posisi start di Panorama Regency Hotel dan finish di Nagoya Plaza.

“Tahun ini kita mengadakan Pawai Budaya Nusantara pada malam hari, disertai efek lampu sehingga diharapkan menambah daya tarik wisatawan” ujarnya.

Pawai Budaya Nusantara dan Festifal jong nanti akan dimeriahkan oleh atraksi kesenian dari seluruh paguyuban yang ada di Kota Batam, seperti tari Bali, reog ponorogo, debus, barongsai dan pawai jong sebagai budaya asli melayu. Untuk menambah semarak pawai juga akan dipasang lampu sorot  dan lampu hias di sepanjang rute pawai untuk menambah menarik wisatawan dalam mendukung program Visit Batam 2010. (humascrew_yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/10/27/ksm-dan-dmdi-akan-berlangsung-sepekan/feed/ 1
Semarak HUT ke-65 RI Tingkat Kota Batam Mulai Dipersiapkan http://www.humasbatam.com/2010/07/21/semarak-hut-ke-65-ri-tingkat-kota-batam-mulai-dipersiapkan/ http://www.humasbatam.com/2010/07/21/semarak-hut-ke-65-ri-tingkat-kota-batam-mulai-dipersiapkan/#comments Wed, 21 Jul 2010 02:29:37 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12879 Wujud Nasionalisme Yang Diperingati Saat Bulan Suci Ramadhan

BATAM – Rapat Panitia HUT ke 65 peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kembali digelar untuk yang kedua kalinya. Pada kesempatan awal Wakil Penanggungjawab, Drs. Buralimar memulai rapat dan selanjutnya diarahkan langsung oleh ketua umum, DR. Wan Darussalam, didampingi Ketua Pelaksana, Drs. H. Azwan, M.Si  dan dihadiri hampir keseluruhan personil panitia yang telah ditetapkan oleh SK Walikota Batam dengan Nomor : KPTS.255/HK/VII/2010.  Untuk mempermudah koordinasi mulai persiapan dan pelaksanaan, maka rapat tersebut diawali dengan saling memperkenalkan diri dan membina silaturahmi, masing-masing koordinator mulai memaparkan hal-hal terkait tugas dan pelasanaan tanggung jawab masing-masing bidang.

Ditunjuk bertindak sebagai koordinator bidang upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera pada tahun ini adalah dari Pangkalan Laut (LANAL) Batam yang dikoordinir oleh Palaksa Lanal Batam, Letkol. Laut (P) Teddy Bernard. Sedangkan untuk upacara renungan suci akan dilaksanakan dengan koordinasi dari pihak Kodim 0316 Batam yang dihadiri oleh Kasdim 0316 Batam. Sementara upacara Taptu yang penyelenggaraannya akan disesuaikan dengan suasana Ramadhan akan dikoordinir oleh jajaran Polresta Barelang.

Pada rapat kali ini, panitia telah beranjak pada pembicaraan yang lebih teknis menyangkut pelaksanaan beberapa rangkaian kegiatan agenda besar : detik-detik proklamasi, pawai taptu, renungan suci, upacara Hari Pramuka, pemberian remisi, serta aneka agenda kegiatan dimasing-masing kecamatan. Terkait dengan tibanya pelaksanaan puasa ramadhan yang dimulai pada tanggal 10 Agustus 2010 nanti, maka berbagai kegiatan akan dipersiapkan untuk dimajukan pelaksanaannya dibanding dengan agenda tahun-tahun sebelumnya.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Panitia ini, dipaparkan seluruh uraian tugas, serta penyesuaian waktu perayaan HUT Kemerdekaan yang tahun ini berbentrokan dengan bulan puasa ramadhan, serta pembagian dana disetiap bidang pelaksanaan.

Tahun ini, panitia mengusahakan rangkaian agenda besar HUT RI dapat diselaraskan dengan pelaksanaan di pusat jika memungkinkan. Dimulai denga Malam ramah tamah dengan veteran dan warakauri pada tanggal 13 Agustus 2010, pengukuhan paskibraka pada tanggal 14 Agustus 2010, Pembacaan Pidato kenegaraan di tanggal 16 Agustus 2010, dilanjutkan dengan renungan suci pada pukul 24.00 WIB Pelaksanaan detik-detik proklamasi (17/8) dan diakhiri dengan resepsi kenegaraan pada pukul 20.30 di hari yang sama.

Pada kesempatan ini pula disampaikan arahan dari Walikota Batam, bahwa untuk tahun ini tiap kecamatan akan ditiadakan pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi, untuk lebih memusatkan acara di tingkat Kota Batam, kecuali untuk kecamatan Belakang Padang, Galang dan Bulang. Para Camat juga diminta secepatnya melaporkan berbagai jenis lomba dan kegiatan kemasyarakatan yang akan dilaksanakan.

Untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-65 Kemerdekaan RI, para Camat seb Kota Batam diminta untuk menghimbau dan mengajak partisipasi seluruh masyarakatnya untuk ikut menyemarakkan lewat pemasangan umbul-umbul, spanduk, dan pendirian gapura serta pengecatan bangunan toko atau ruko yang ada. Menanggapi hal ini, muncul usulan untuk melaksanakan lomba kreativitas masyarakat di tingkat RT/RW dalam hal menciptakan gapura, umbul-umbul, serta slogan yang menarik dalam spanduk HUT RI.

Diharapkan tahun ini, meskipun waktu pelaksanaan peringatan HUT RI berbarengan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan bagi umat muslim tidak menurunkan animo masyarakat untuk tetap menunjukkan nasionalisme dan juga menyemarakkan gelora peringatan kemerdekaan Ri yang ke-65 dimaksud.

(*humas_crew/bb)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/07/21/semarak-hut-ke-65-ri-tingkat-kota-batam-mulai-dipersiapkan/feed/ 0
Dahlan Ajak Masyarakat Batam Saksikan Pawai Kendaraan Hias http://www.humasbatam.com/2010/07/16/dahlan-ajak-masyarakat-batam-saksikan-pawai-kendaraan-hias/ http://www.humasbatam.com/2010/07/16/dahlan-ajak-masyarakat-batam-saksikan-pawai-kendaraan-hias/#comments Fri, 16 Jul 2010 10:26:02 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12843 BATAM – Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengajak masyarakat Batam untuk bersama-sama menyaksikan Pawai Kendaraan Hias Hortikultura, pada Kamis (17/7) esok. Seluruh kendaraan hias tersebut akan mengambil start mulai dari Mega Wisata Ocarina pada pukul 15.00 WIB, dengan rute melewati Graha Kadin, PLN, Masjid Raya dan berakhir di Hall utama arena PF2N Engku Putri. Setibanya di Engku Putri, peserta pawai akan disambut langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, pawai kendaraan hias ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Pekan Flori Flora Nasional (PF2N) 2010, yang kemarin telah dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian, Suswono.
Pawai kendaraan hias ini merupakan ajang yang cukup menarik dalam rangkaian agenda kegiatan PF2N selain workshop, seminar, lomba merangkai bunga dan lomba merangkai buah. Karena event ini baru pertama kali diadakan di Kota Batam atau pun di Provinsi Kepri. Sehingga diharapkan warga masyarakat Batam serta wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan ikut berpartisipasi pada event ini dengan beramai-ramai menyaksikan pawai kendaraan hias holtikultura tersebut.     Beberapa persiapan peserta pawai dalam pelaksanaan event ini sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu, antara lain mendatangkan berbagai jenis bunga segar dari luar pulau Batam, karena terbatasnya bunga di Kota Batam.
Beberapa instansi yang telah memastikan keikutsertaannya pada event pawai kendaraan hias ini antara lain, untuk mobil hias yaitu dari tuan rumah PF2N sendiri, Pemerintah Kota Batam, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan yang bekerjasama dengan Bintan Beach Resort, Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Karimun, Kota Bandung, Provinsi Bangka Belitung dan PT. Surya Sejahtera Envirotech (SSET). Dan masing-masing mobil hias akan mengambil tema yang berbeda-beda.
Selain itu juga akan ada beberapa komunitas yang akan ikut ambil bagian pada pawai ini, yaitu komunitas Vespa, komunitas sepeda Onthel, dan kelompok sepeda hias. Serta untuk memeriahkan acara pawai kendaraan hias ini, akan dihadirkan pula berbagai kesenian khas daerah-daerah di Nusantara, antara lain tari Bali, tari Jawa Timuran, Reog Ponorogo, tari Melayu Pelelawan, Barongsai dan juga marching band. Masih di Hall utama arena PF2N Engku Putri, pada malam harinya acara akan dilanjutkan dengan Pentas Kesenian Tari Tradisional. Yang akan menampilkan sejumlah kesenian tradisional dari Nusantara, seperti tari Jawa, Melayu dan Bali.(crew_humas/hw)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/07/16/dahlan-ajak-masyarakat-batam-saksikan-pawai-kendaraan-hias/feed/ 1
Talkshow Dirjen Hortikultura Bersama Wako Batam Ditayang Sabtu Besok http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/ http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/#comments Fri, 09 Jul 2010 01:43:36 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12630 JAKARTA - Setelah mengalami penundaan  beberapa hari, akhirnya talkshow terkait pelaksanaan Pekan Flora Flori Nasional (PF2N) 2010 di Batam ditayang ulang untuk memberikan informasi yang lengkap dan terbarukan kepada seluruh stakeholders flori dan flora yang akhir-akhir ini semakin berkembang pesat ditengah kompetisi global yang telah menerapkan teknologi hortikultura. Pada tanggal 15-22 Juli mendatang, acara PF2N yang sengaja dihadirkan di Kota Batam sebagai potensi baru pengembangan dan bisinis hortikultura akan digelar dengan menghadirkan berbagai varietas unggul dan baru yang potensial untuk dikembangkan di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, selaku tuan rumah penyelenggaraan even tersebut bersama Dirjen Hortikultura Kementan RI secara sinergis telah melakukan berbagai upaya untuk publikasi informasi termasuk mengikuti talkshow bersama di Televisi Republik Indonesia (TVRI), pada Senin (5/7) yang lalu. Talkshow ini juga diikuti oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI,  Dr. Ir. Ahmad Dymiati, M.S. Acara Talkshow yang dipandu oleh presenter Wardaniah Hadiyanto membahas tentang berbagai potensi pengembangan hortikultura di Indonesia serta upaya membidik akses pasar global melalui gelaran acara di Batam yang berbatasan langsung dengan luar negeri. Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Ahmad Dymiati, M.S. menyampaikan bahwa Direktorat hortikultura dibawah pimpinannya telah berupaya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas agar komoditas hortikultura menjadi sebuah komoditas yang multi manfaat dan multi fungsi. Serta bernilai tinggi yang terdiri dari kelompok tanaman buah, tanaman hias, sayuran dan biofarmaka.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran direktorat hortikultura tersebut menambahkan pengembangan hasil-hasil pembangunan hortikultura merupakan sebuah prioritas dengan menggandeng semua stakeholders untuk melakukan berbagai inovasi, kreasi hingga promosi produk hortikultura. Salah satunya dengan penyelenggaraan PF2N yang setiap tahunnya digelar secara selektif di daerah-daerah yang memiliki komitmen yang tinggi dalam ketiga upaya dimaksud.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, selaku tuan rumah penyelenggaraan even besar tersebut menjelaskan kesiapan Kota Batam sebagai tuan rumah dalam menyambut event nasional tersebut.  Bahkan dari informasi terbaru yang diperoleh dari sekretariat menjadikan even ini sebagai even Internasional dengan keikutsertaan negera-negara lain yang bertetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thaailand. Dengan berbagai potensi yang dimiliki, Batam berupaya memainkan perannya sebagai etalase berbagai peluang bisnis termasuk hortikultura dengan tujuan membuka peluang bisnis dan pengembangan dunia hortikultura kedepannya.

“Kami mengajak semua pihak untuk dapat memanfaatkan moment PF2N tahun 2010 ini sebagai peluang besar untuk pengembangan potensi hortikultura, bahkan bisinis yang terkait dengan hortikultura yang belum dimanfaatkan sebelumnya,” katanya seraya mengundang seluruh stakeholders terkait.

Sementara Kabag Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, mengatakan acara talkshow yang berdurasi 30 menit tersebut sengaja digelar dan akan ditayangkan  pada Sabtu besok (9/7) pada pukul 10.30 wib dalam acara Even Minggu Ini di media Televisi Nasional  TVRI sebagai stasiun televisi Nasional terluas jangkauan dan daya jelajah siarannya di seluruh tanah air bahkan sanpai ke luar negeri sebagai upaya brain storming seluruh stakeholders dalam dan luar negeri. Sehingga dapat mengundang antusiasme dan keikutsertaan para pelaku, pecinta bahkan pemerhati hortikultura dapat mempersiapkan berbagai hal terkait keikutsertannya dalam even tersebut. Menurutnya, PF2N akan dibuka langsung oleh Menteri Pertanian, Suswono. Untuk kesiapan yang telah dilakukan, paniti mulai mendirikan tenda-tenda di Jalan Engku Putri Batam Centre. Sementara untuk jumlah stand, peserta yang sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut serta sebanyak 183 dengan jumlah stand bursa 100 stand.

“Bahkan kita sudah menerima konfirmasi dari Thailand, bahwa mereka akan ikut serta dalam event ini. Stand yang mereka pesan sebanyak 10 stand, sementara dari Malaysia telah memesan dua stand,” kata Yusfa.

Saat ini persiapan sudah ditandai dengan pemasangan panggung utama dan pembangunan stand disepanjang jalan Engku Putri Batam Centre.

PF2N ini bertujuan untuk mempromosikan hasil pembangunan dan produk hortikultura, termasuk pemberian informasi peluang investasi dibidang hortikultura dan penjajakan kerjasama bisnis antar pelaku usaha. Selain ada pameran, lomba, bursa tanaman hias, lomba merangkai bungsa, lomba fotografer, lomba merangkai sayur juga akan digelar pawai kendaraan hias yang akan berjalan mulai dari Mega Wisata Ocarina menuju Engku Putri pada tanggal 17 Juli 2010.

Anda penasaran dengan berbagai potensi varietas unggul komoditas Hirtikultura Indonesia? Silahkan menonton acara Talkshow tersebut pada waktu yang telah disebutkan diatas dan hadir dalam acara pembukaan sampai berakhirnya cara Pekan Flori Flora Nasional di Batam tersebut.

(*humas_crew/ttn)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/07/09/talkshow-dirjen-hortikultura-bersama-wako-batam-ditayang-sabtu-besok/feed/ 1
Peserta International Sea Eagle Boat Race Mulai Tiba di Belakang Padang http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/ http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/#comments Wed, 30 Jun 2010 12:37:30 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12550 BATAM- Menjelang pelaksanaan International Sea Eagle Boat Race yang di laksanakan 2-4 Juli 2010 di Belakang Padang, panitia pelaksana telah melakukan persiapan. Rabu (30/6) bertempat di lantai IV Kantor Wali Kota, seluruh peserta lomba International Sea Eagle Boat Race diundang untuk mendapatkan pengarahan dari panitia. Dari hasil technical meeting itu tercatat jumlah tim yang telah mendaftarkan diri berjumlah 45 tim, dengan rincian 30 tim lokal yang antara lain berasal dari tanjung Balai, Tanjung Pinang, Tembilahan, Meranti, dan 15 tim internasional yang berasal dari Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam.
Dalam kesempatan itu, Ketua Harian International Sea Eagle Boat Race 2010, Buralimar mengatakan bahwa acara pembukaan akan dilaksanakan pada Kamis (1/7) malam di Belakang Padang Menurut rencana, malam pembukaan acara olahraga air ini akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, HM Sani, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan seluruh jajaran Muspida Kota Batam. Bahkan sebagian peserta telah tiba seperti Tim Kuala Lumpur PDRM yang terdiri dari tim putra dan putri sejak Rabu malam lalu telah chek in di Hotel Gloris, Tim Tanjung Pinang A dan B telah tiba di Belakang Padang, Tim Aceh (Simeleu) juga telah sampai di Belakang Padang demikian juga tim dari Inhil telah tiba di Belakang Padang dan menginap di Hotel Asia.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam sendiri telah menyiapkan paket acara khusus dalam pembukaan ini. Dikemas dengan gaya yang kental dengan entertainment dan culture. Sehingga malam itu akan menjadi sebuah perayaan yang berbeda dari even-even lainnya. Hadir pula beragam pameran produk unggulan daerah, pusat juadah yang menggelar aneka jajanan, permainan rakyat dan sajian menarik lainnya.

International Sea Eagle Boat Race 2010 yang ke delapan tahun ini menawarkan total hadiah uang tunai sejumlah Rp 55 juta, yang akan diperebutkan oleh tim yang bertanding. Throphy tetap, piagam penghargaan dan throphy bergilir. Kategori Lomba terdiri dari kategori lokal dan internasional, yang akan diperlombakan melewati babak penyisihan pada hari Jumat dan Sabtu (2-3/7), serta babak semi final dan final yang diadakan pada hari Minggunya (4/7). Jarak tempuh yang diperlombakan tahun ini adalah 600 meter (pulang/pergi) melewati riak ombak Perairan Elang Laut Belakang Padang, Batam.

Kesiapan panitia dari tahun ke tahun semakin membaik, hal ini ditunjukkan dengan adanya itikad baik dari panitia untuk mengasuransikan seluruh peserta yang ikut berlomba. Pada sesi technical meeting juga para peserta dibagikan manual book yang akan menjadi panduan bagi peserta guna memberikan segala informasi terkait pelaksanaan dan persyaratan lomba. Melalui acara ini panitia berharap, even internasional yang juga merupakan bagian dari gencarnya promosi Visit Batam 2010 ini dapat menjadi sarana dan media promosi, kreasi dan sekaligus sebagai wujud apresiasi masyarakat pesisir Belakang Padang dalam rangka mendukung Visit Batam 2010.

Lebih jauh lagi, even ini diharapkan dapat menjaring wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Batam. Sehingga tercermin sinergi yang cukup kuat di dalam mewujudkan tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat Batam yang lebih baik lagi di masa depan. Untuk itu, partisipasi serta kehadiran seluruh elemen masyarakat Batam sangat diharapkan guna mendukung kesuksesan dan kelancaran International Sea Eagle Boat Race 2010.(crew_humas/bb)

ft lainnya**


]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/30/peserta-international-sea-eagle-boat-race-mulai-tiba-di-belakang-padang/feed/ 0
183 Stand Ramaikan PF2N 2010 di Batam http://www.humasbatam.com/2010/06/30/183-stand-ramaikan-pf2n-2010-di-batam/ http://www.humasbatam.com/2010/06/30/183-stand-ramaikan-pf2n-2010-di-batam/#comments Wed, 30 Jun 2010 12:34:41 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12548 BATAM- Menyambut acara Pekan Flori Flora Nasional (PF2N) 2010 yang akan diselenggarakan 15-22 Juli mendatang, berbagai persiapan telah dilaksanakan. Sampai saat ini sudah terisi 183 stand pameran yang menyatakan kesiapan untuk mengikuti ajang nasional tersebut. Bahkan menurut Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (KP2K), Suhartini, tidak tertutup kemungkinan jumlah peserta akan terus bertambah untuk mengikuti event ini. Sementara untuk jumlah bursa yang sudah mendaftar sebanyak 100 stand. Untuk mengetahui apa saja persiapan yang telah dilakukan oleh panitia, Rabu (30/6) digelar rapat persiapan Flora Flori Nasional 2010 yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.
Dalam penjelasannya, Suhartini mengatakan bahwa acara PF2N 2010 ini akan dibuka langsung oleh Menteri Pertanian pada tanggal 15 Juli. Untuk lokasi acara akan dipakai penggal jalan Masjid Raya-DPRD Batam yang terletak di Jalan Engku Putri Batam Centre. Pada tanggal 17 Juli akan digelar pawai kendaraan hias yang akan diikuti oleh peserta baik dari dalam maupun luar Batam. Pawai ini akan mengambil start dari Ocarina-Graha Kadin-Kantor Walikota-area pameran-Mega Mall-Pelabuhan Terminal Ferry International Batam Centre dan kembali ke Ocarina. Bagi peserta kendaraan hias yang keluar sebagai juara 1 dan 2, maka kendaraannya akan di poskan di kawasan Engku Putri.

Untuk memeriahkan event ini juga akan ditampilkan pementasan kesenian yang akan dilaksanakan pada sore harinya. Dilanjutkan dengan peninjauan ke stand dan pada tanggal 15 Juli itu juga akan digelar Jambore Teknologi Varitas di Sei Temiang. Untuk persiapan acara PF2N ini, mulai Kamis (1/7) panitia akan mulai melakukan pemasangan tenda-tenda. Untuk kedatangan para peserta pameran, Suhartini mengatakan tiga hari menjelang pelaksanaan PF2N 2010, peserta sudah tiba di Batam.

“Kemungkinan jumlah tenda akan bertambah, baik untuk stand maupun bursa. Untuk stand bursa digunakan sebagai tempat untuk berjualan bagi para pedagang,” katanya usai rapat.

Dengan ditunjuknya Batam sebagai tuan rumah PF2N ini diharapkan jumlah kunjungan wisatawan ke Batam dapat meningkat. Sementara tujuan dari acara ini untuk promosi hasil pembangunan dan produk hortikultura, peningkatan citra, apresiasi dan cinta terhadap Hortikultura oleh masyarakat, pemberian informasi peluang investasi di bidang hortikultura dan penjajakan kerjasama bisnis antar pelaku usaha. Event ini juga diisi dengan kegiatan seperti pameran dan bursa tanaman hias, lomba merangkai bunga, buah dan sayuran. Lomba fotografi dan bazzar juice, lomba tanaman hias, lomba burung berkicau, lomba menggambar untuk anak-anak dan parade mobil hias hortikultura.

Sementara peserta dari PF2N ini berasal dari Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota sentra hortikultura dari seluruh Indonesia. Para pelaku usaha atau perusahaan nasional maupun internasional dibidang hortikultura, assosiasi yang bergerak dibidang hortikultura (produsen, komoditas, supplier, hingga exporter), instansi Pemerintah yang terkait dengan pengembangan hortikultura, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Sementara komoditas poduk dan hasil pembangunan Hortikultura yang akan dipamerkan berupa produk buah-buahan, tanaman hias, sayuran dan tanaman biofarmaka. Dalam rapat kemarin dihadiri oleh seluruh jajaran di lingkungan Pemko Batam dan instansi terkait serta Muspida.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/30/183-stand-ramaikan-pf2n-2010-di-batam/feed/ 0
Batam International FLORIFEST Disanding dengan Singapore Garden http://www.humasbatam.com/2010/06/09/batam-international-florifest-disanding-dengan-singapore-garden/ http://www.humasbatam.com/2010/06/09/batam-international-florifest-disanding-dengan-singapore-garden/#comments Wed, 09 Jun 2010 09:33:39 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12358 BATAM – Even akbar Pekan Flora Flori Nasional dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan, tepatnya akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2010 dan berakhir pada 22 Juli 2010 atau beberapa hari sebelum penyelenggaraan Singapore Garden. Batam yang ditunjuk sebagai tuan rumah melakukan persiapan dengan melaksanakan sejumlah rapat koordinasi guna membahas sejauh mana persiapan yang telah dilakukan seluruh panitia dan stake holder yang terlibat. Pada hari Selasa, 8 Juni 2010, rapat langsung dipimpin oleh Nana Laksana Ranu MS, Direktur Perbenihan dan Sarana Produksi Dirjen Holtikultura Departemen Pertanian, selaku koordinator penyelenggara acara.
Beberapa poin penting yang dibahas dalam rapat tersebut terkait pelaksanaan acara yang telah ditetapkan akan dibuka tanggal 15 Juli 2010 yang rencananya akan dibuka oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Selain itu disampaikan pula adanya perkembangan dari sesi acara dimana Ully Sigar Rusadi akan menampilkan ‘Nyanyian Seribu Bunga dan Didi Petet akan ikut serta memeriahkan rangkaian acara PF2N dengan  acara pane.
Sampai saat pelaksanaan rapat tersebut, tercatat telah terdaftar 155 stan pameran dan bursa yang ikut berpartisipasi, dan kemungkinan potensi peserta untuk bertambah masih tinggi dengan adanya sekitar 70 stan lagi yang tersedia dan masih ditawarkan. Untuk itu, kegiatan promosi masih terus dilakukan baik didalam maupun diluar negeri. Minggu ini, rencananya materi promosi seperti baliho, umbul-umbul dan spanduk akan dipasang untuk memberikan informasi dan menambah semarak penyambutan acara PF2N akan menghiasi berbagai titik strategis di dalam dan luar Batam, ungkap Suhartini selaku koordinator acara di tingkat lokal.
Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si menambahkan, terkait rangkaian kegiatan PF2N akan diisi dengan kegiatan pameran tersebut diawali dengan acara pembukaan yang sebelumnya melaksanakan parade mobil hias yang diisi oleh berbagai tanaman hias, pameran buah, sayuran, tanaman hias, pembenihan, perlindungan, biofarmaka dan holtikultura, Gerakan Peningkatan Konsumsi Buah, Gerakan Peningkatan Konsumsi Sayur. Kegaiatan perlombaan diantaranya: merangkai bunga, sayur dan buah, lomba mengupas dan makan buah, lomba burung berkicau, dan dog show. Seminar dan workshop yang melibatkan sejumlah pakar juga akan dilaksanakan, termasuk juga kursus dan demo serta kegiatan wisata agro.
Masih menurut Yusfa, dalam rangka mensukseskan acara PF2N, dalam waktu dekat, Walikota Batam akan melaksanakan pertemuan dengan seluruh pengusaha Batam yang akan terlibat dalam acara ini, dimana akan dikumpulkan dukungan serta partisipasi, serta mengumpulkan saran dan masukan dari seluruh pelaku usaha Batam terkait dengan akan dilaksanakannya acara ini. Disamping melakukan banyak persiapan teknis, panitia juga terus mempromosikan agenda yang bergengsi ini disejumlah media cetak nasional seperti Majalah Trubus, Majalah Horti Plus, Media Flori, Media Republika, RRI, serta media massa lokal Kota Batam. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan info lengkap mengenai PF2N juga dapat membuka website Dirjen Holtikultura di alamat www.hortikultura.deptan.go.id serta www.humasbatam.com

(*humas_crew/bb)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/06/09/batam-international-florifest-disanding-dengan-singapore-garden/feed/ 0
Wako Nyoblos di TPS 03 Telkom Palapa http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-nyoblos-di-tps-03-telkom-palapa/ http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-nyoblos-di-tps-03-telkom-palapa/#comments Wed, 19 May 2010 11:50:29 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12165 BATAM- Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan menerima undangan Pemilu Kada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri yang akan diselenggarakan pada Rabu (26/5) mendatang. Undangan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Tanjung Pinggir, Ridwan Saleh kepada Wako di lantai lima kantor walikota, Rabu (19/5). Wako beserta istrinya, Mariana Dahlan terdaftar di TPS 03 Telkom Palapa, Sekupang. Sementara Wakil Wali Kota (Wawako) Batam akan melakukan pencoblosan di TPS 02 di Guest House Sekupang dengan jumlah pemilih sebanyak 220 orang. Dari daftar pemilih tetap (DPT) nama Wako menempati urutan ke sepuluh. Undangan yang diterimanya yakni sebanyak empat lembar, dua miliknya bersama istri dan dua undangan lainnya milik orang yang tinggal di rumahnya. Di TPS tempat Wako akan melakukan pencoblosan nanti jumlah pemilih sebanyak 300 orang. Sedangkan TPS yang terdapat di Kelurahan Tanjung Pinggir sebanyak 11 TPS.

“Saya sudah terima undangan dan selaku anggota masyarakat Kota Batam saya sudah bisa menggunakan hak pilih saya. Saya akan gunakan hak pilih pada tanggal 26 Mei di TPS Komplek Telkom Palapa,” ujar Wako usai menerima undangan Pemilu yang didampingi oleh Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni dan Lurah Tanjung Pinggir, Sugiyanto.

Kepada seluruh anggota PPS di Kota Batam, Wako menghimbau agar segera menyampaikan undangan tersebut kepada masyarakat sebagai pemilih. Dengan demikian masyarakat dapat mempersiapkan diri untuk melakukan pemilihan umum pada hari berlangsungnya pesta demokrasi tersebut. Jika pada tanggal 24 Mei masyarakat belum juga mendapatkan kartu undangan Pemilu maka dapat menanyakan langsung ke anggota PPS setempat. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat peduli dan menggunakan hak pilihnya.

Mengenai libur pada hari pemilihan tersebut, Wako mengatakan bahwa atas usul Pemprov Kepri Mendagri telah setuju untuk diselenggarakan libur terbatas pada hari itu. Masyarakat yang telah usai menggunakan hak pilihnya dapat kembali ke kantor untuk melanjutkan pekerjaan. Kepada pihak perusahaan, Wako menghimbau agar memberi dispensasi kepada pekerja untuk menggunakan hak pilihnya. Untuk melihat persiapan pelaksanaan Pemilu, H-1 pelaksanaan Pemilu, Wako bersama unsur Muspida akan melakukan pengecekan ke TPS-TPS. Pada hari pelaksanaan Pemilu, Wako bersama Unsur Muspida juga akan meninjau pelaksanaan Pemilu. Bahkan pada Kamis (20/5) Wako bersama unsur Muspida akan menggelar rapat cheking terakhir persiapan pelaksanaan Pemilu.

Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni yang mendampingi Wako sore itu mengatakan jumlah DPT di Kecamatan Sekupang sebanyak 63.001 pemilih dengan TPS sebanyak 163 titik.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/19/wako-nyoblos-di-tps-03-telkom-palapa/feed/ 0
Pukul 24.00 Wib Atribut Kampanye Wajib Dibersihkan http://www.humasbatam.com/2010/05/19/pukul-24-00-wib-atribut-kampanye-wajib-dibersihkan/ http://www.humasbatam.com/2010/05/19/pukul-24-00-wib-atribut-kampanye-wajib-dibersihkan/#comments Wed, 19 May 2010 11:19:13 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12143 BATAM – Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah (Kada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri akan digelar, Rabu (26/5) mendatang. Masa kampanye pun telah berlangsung sejak Minggu (9/5) dan akan berakhir pada Sabtu (22/5). Memasuki masa tenang, pada Minggu (23/5) masing-masing tim sukses (Timses) harus membersihkan seluruh atribut kampanye milik masing-masing pasangan. Batas waktu untuk pembersihan atribut tersebut yakni pada tanggal 22 Mei pukul 24.00 WIB. Sebelum batas waktu yang ditetapkan tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Batam selaku pelaksana pembersihan atribut kampanye menghimbau Timses atau masing-masing kandidat untuk membersihkan atribut kampanye sebelum batas waktu yang ditentukan. Dasar Pemko Batam melakukan pembersihan atribut kampanye tersebut yakni surat dari Panwaslu Nomor 468/KPU-BATAM-031.436735/V/2010 tertanggal 19 Mei 2010 Tentang Pembersihan Alat Peraga Kampanye.
Kepala Badan Kesbang Pol Kota Batam, Zulhendri menegaskan jika dalam waktu yang ditentukan tersebut Timses tidak membersihkan atribut kampanye, maka tim dari Pemko Batam yang membersihkan atribut tersebut. Untuk pembersihan atribut kampanye ini, Pemko telah membentuk tim. Atribut kampanye atau alat peraga yang dibersihkan mulai dari spanduk, stiker, baliho, billboard dan poster milik masing-masing kandidat. Seluruh atribut kampanye yang belum ditanggalkan sesuai batas yang ditentukan, maka akan dibersihkan oleh tim yang telah dibentuk tersebut. Atribut kampanye yang telah dibersihkan oleh tim akan dibawa langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur untuk dimusnahkan.
“Kami menghimbau kepada seluruh Timses maupun kandidat untuk membersihkan atribut kampanye sebelum atribut tersebut dimusnahkan di TPA,” tegas Zulhendri dalam rapat bersama Anggota Panwaslu Kota Batam, Rabu (19/5).
Untuk melakukan pembersihan tersebut, tim Pemko Batam didampingi oleh anggota Panwaslu Kota Batam. Tim yang diturunkan untuk melakukan pembersihan atribut kampanye ini sebanyak tiga tim yang dibagi menjadi tiga wilayah. Wilayah satu meliputi daerah Lubuk Baja, Nagoya, Jodoh, Batu Ampar dan Bengkong. Untuk wilayah dua meliputi kawasan Sungai Panas, Batam Centre, Duta Mas, arah menuju bandara, Nongsa dan Kabil dan untuk wilayah tiga membersihkan alat peraga di kawasan Muka Kuning, Batu Aji, Tanjung Uncang, Simpang Base Camp, Sekupang, Tiban dan Sei Harapan.
“Masing-masing wilayah akan didampingi oleh satu orang anggota Panwas dan sepuluh orang anggota Satpol PP. Tim akan membersihkan atribut kampanye yang terdapat di jalan-jalan utama. Sementara untuk atribut kampanye yang berada di jalan lingkungan akan menjadi tanggungjawab camat untuk membersihkannya. Untuk itu, kita akan menyurati camat agar dapat membersihkan atribut kampanye dengan didampingi anggota Panwaslu Kecamatan,” katanya didampingi Ketua Panwaslu Kota Batam, Haryanto.

Ditambahkan oleh Ketua Panwas Kota Batam, Haryanto, untuk pembersihan atribut kampanye selama masa tenang ini, Panwas telah menyurati Timses. Surat tersebut juga ditembuskan ke Pemko Batam. Selain itu juga telah digelar rapat dengan para Timses.    (crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/19/pukul-24-00-wib-atribut-kampanye-wajib-dibersihkan/feed/ 0
Berharap Sukses Pilgub 2010, Pemko Gelar Do’a dan Dzikir Bersama http://www.humasbatam.com/2010/05/12/berharap-sukses-pilgub-2010-pemko-gelar-do%e2%80%99a-dan-dzikir-bersama/ http://www.humasbatam.com/2010/05/12/berharap-sukses-pilgub-2010-pemko-gelar-do%e2%80%99a-dan-dzikir-bersama/#comments Wed, 12 May 2010 08:40:48 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12077 BATAM – Semarak penyelenggaraan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yang hanya tingga beberapa minggu lagi dan saat ini sudah memasuki tahapan kampanye terbuka membuat Walikota Batam beserta jajaran Pemko Batam mengawal pelaksanaan proses demokrasi tersebut dengan menggelar Zikir dan Doa Bersama untuk kesuksesan Pemilukada berjalan aman, lancar, tertib dan sukses pada Selasa malam, 18 Mei 2010, di Masjid Raya Batam.

Rapat persiapan penyelenggaraan acara tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan pada Rabu siang (12/05) tersebut, memutuskan pelaksanaan acara zikir dan do’a bersama tersebut akan dilaksanakan di Masjid Raya Batam, pada hari selasa tanggal 18 Mei 2010, dengan mengambil waktu ba’da Isya.

Walikota bermaksud mengajak seluruh warga Batam untuk turut serta dalam rangkaian kegiatan ini. Khususnya para alim ulama, tokoh masyarakat, pengurus masjid, organisasi Islam, dan pesantren yang terdapat di Kota Batam. Akan hadir pula Para Muspida, KPU Batam, Panwaslu, , dan tentunya para kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung di Pemilu nanti. Dalam acara zikir dan doa bersama itu akan berlangsung juga tausiyah singkat dari Ketua MUI Provinsi, T. Ashari Abbas.

Acara massal ini juga akan melibatkan Forum Ukhuwah Islamiyah Batam, BKMT, PKK, dan organisasi lainnya. Terkait dengan acara ini, Walikota sebelumnya sudah mengeluarkan surat himbauan kepada seluruh masyarakat Batam dan seluruh pemeluk agama untuk dapat menyelenggarakan acara serupa, sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Karena tentunya hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi suksesnya penyelenggaraan Pemilukada Gubernur 2010.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Batam bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, dan mewujudkan kesiapan yang maksimal dalam menghadapi Pemilu Kada yang akan berlangsung pada tanggal 26 Mei 2010 nanti.

(*humas_crew/bb)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/12/berharap-sukses-pilgub-2010-pemko-gelar-do%e2%80%99a-dan-dzikir-bersama/feed/ 0