Website Bagian Humas Setdako Batam » Pariwisata http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Wed, 02 Feb 2011 05:50:26 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Youth Park 2010 Digelar Hari Ini http://www.humasbatam.com/2010/11/10/youth-park-2010-digelar-hari-ini/ http://www.humasbatam.com/2010/11/10/youth-park-2010-digelar-hari-ini/#comments Wed, 10 Nov 2010 11:44:59 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14686 BATAM- Sempena dengan rangkaian kegiatan Kenduri Seni Melayu (KSM), akan digelar Youth Park 2010.  Youth Park 2010 akan diselenggarakan pada hari ini, 11-14 November bersamaan dengan event Sumatera Expo 2010, Dunia Melayu Dunia Islam XI. Sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, Youth Park 2010 tahun ini mengangkat tema ”The Heart Beat of a Revolution : Create a Youth Feature”. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Youth Park tetap konsistensi dengan garis program fokus pendidikan multimedia, multimedia education focus programme ( MEFP). Kegiatan ini akan digelar di Gedung Sumatera Convention Centre (SPC).

Pengembangan konsep komunitas terus dibangun dari waktu ke waktu. Pada tahun ini, Youth Park kembali menjalin komunitas, diantaranya, Komunitas Film Kita, Indonesia Kreatif Production, Batam Motor Club, Indonesia Go Open Sourge ( IGOS), Batam Analog and Toycam Community, Batam Local Indie, Batam Headbang Trops, Batam Rawk and Punk dan berbagai komunitas lainnya.

Ammar Satria selaku penanggung jawab Youth Park 2010, mengatakan kegiatan Youth Park terbagi dalam empat bentuk, yaitu; workshop, music performance, exhibition, school talents. Untuk workshop 10 diantaranya; klinik musik oleh Batam Local Indie, workshop Digital Imaging oleh Indonesia Kreatif Production, workshop Robotik oleh Tim Robotik Politeknik Batam, workshop Kick Start for Indie Film Maker oleh Melayu Studio dot com, workshop Linux Ubuntu oleh Indonesia Go Open Sourge ( IGOS), workshop Reproduksi Kesehatan Remaja “Bahaya Sex Bebas” oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN), workshop animasi oleh Infinite Frameworks Studios, workshop motion graphic oleh Fingerfast Laboratory, workshop graphic design oleh Duasebelast Studio, workshop automotive freestyle oleh Batam Motor Club.

Sedangkan untuk Exhibition akan di laksanakannya soft launching dari Batam Analog and Toycam Community. Dan pada program school talents; Traditional Dance & Cheers SMUN 3 Batam, Acapella SMU Kartini, Beatbox Batam Facebook Community & Standboy. “Youth Park 2010 adalah rangkuman pergerakan kontinyu dari pemerintah melalui sosialisasi, tentang pentingnya generasi muda dalam menjalankan kinerja negara dalam bidangnya masing masing, karena pada dasarnya merekalah ujung tombak awal bangsa kita,” ujar Ammar.

Dengan mengumpulkan kelompok-kelompok berskala besar yang kompeten dalam bidangnya, dan melakukan diskusi bersama membincangkan persoalan dewasa ini. Segala usaha yang bias harus dikerahkan, untuk bisa belajar dan memahami. Dengan banyak belajar kita akan selalu menjadi satu yaitu taman pemuda (Youth Park) adalah jawaban yang bangkit dari mereka, yang sering mengatakan bahwa kita harus pesimis dan takut, dan menjadi ragu akan hal yg seharusnya bisa kita lakukan, dan untuk menggenggam tangan mereka menuntun mereka sekali lagi kepada harapan untuk tujuan yg lebih baik.

“Tentu, ada yang meragukan skala ambisi kita, dengan mengatakan hal ini adalah tidak mungkin, dan kita akan mengubah sekolah, perguruan tinggi dan universitas untuk memenuhi tuntuntan globalisasi, mereka sudah membuat komitmen, dan janji yang terpenuhi,” pungkasnya.(***)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/10/youth-park-2010-digelar-hari-ini/feed/ 1
Wako: Tahun Ini Batam Harus Jadi Juara http://www.humasbatam.com/2010/11/10/wako-tahun-ini-batam-harus-jadi-juara/ http://www.humasbatam.com/2010/11/10/wako-tahun-ini-batam-harus-jadi-juara/#comments Wed, 10 Nov 2010 11:38:34 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14683 BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melepas Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih yang akan mengikuti event Tanjungpinang International Dragon Boat Race. Event yang digelar pada Kamis (11/11) hingga Minggu (14/11) merupakan event tahunan yang digelar oleh Pemko Tanjungpinang. Pada seluruh anggota tim yang akan berangkat ke Tanjungpinang itu, Wali Kota mengeaskan bahwa tahun ini Batam harus menjadi juara. Pasalnya, sebelum mengikuti event Tanjungpinang International Dragon Boat Race itu, Pemko Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam telah menggelar Sea Eagle Boat yang digelar di Belakang Padang. Dan mereka yang berangkat ke Tanjungpinang ini merupakan atlit terbaik yang dimiliki Batam.

“Jika tahun lalu gagal, tahun ini harus menjadi juara. Sebagai daerah yang terdiri dari daerah lautan tidak ada alasan untuk tidak jadi juara,” tutur Dahlan dalam sambutannya ketika melepas Tim Batam Merah dan Batam Putih di lantai IV Kantor Wali Kota, Rabu (10/11).

Untuk meraih juara tersebut menurutnya diperlukan semangat juang yang tinggi dan persiapan yang matang. Yang tak kalah penting lainnya adalah menjaga kekompakan dan satukan tekad untuk meraih juara yang pernah lepas dari Batam tersebut. Tidak lupa Wali Kota mengingatkan agar anggota tim yang berangkat itu dapat menjaga nama baik Batam. Karena mereka yang berangkat juga sebagai media promosi bagi Batam.

”Menjaga nama baik Batam sangat perlu. Selama ini nama Batam masih baik di luar, jadi jangan sampai menjadi rusak karena ulah satu orang. Untuk itu saya ucapkan selamat bertanding, jada selalu kekompakan dan disiplin,” pesannya.

Pelepasan dua anggota tim itu ditandai dengan pemasangan jaket kepada perwakilan anggota tim yang berangkat. Sementara itu, Kadisparbud Pemko Batam, Guntur Sakti mengatakan bahwa peserta yang mengikuti event tersebut telah diseleksi melalui Sea Eagle Boat yang digelar di Belakang Padang beberapa waktu lalu. Event tahunan Pemko itu menurutnya merupakan modal awal bagi para tim. Guntur yakin dengan bekal yang telah dimiliki para pendayung tersebut, mereka mampu bersaing dengan peserta lainnya dalam event Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race.

adalah Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih. Keberangkatan dua tim ini ke Tanjung Pinang, akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada Rabu (10/11) di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti mengatakan bahwa pada tahun ini Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih bertekad untuk merebut kembali juara umum yang gagal direbut pada tahun 2009 lalu.

“Baik Tim Batam Merah maupun Tim Batam Putih telah melakukan persiapan-persiapan untuk mengikuti event ini. Target kita, tim ini mampu merebut kembali juara umum yang pada tahun 2009 lalu berhasil direbut oleh peserta dari Kabupaten Lingga,” ujar Guntur.
Ajang ini menurutnya diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepri dan bahkan dari negara lain. Untuk itu perlu kerja keras serta kekompakan tim untuk dapat meraih kembali juara yang pernah lepas. Yang perlu diperhatikan oleh masing-masing anggota tim adalah kekompakan serta ketahanan fisik. Namun, ia yakin dengan latar belakang anggota tim yang merupakan anak-anak pulau, Guntur yakin mereka dapat mendayung dengan baik serta tetap menjaga kekompakannya.

Terlebih, Pemko Batam juga memiliki event serupa yang digelar setiap tahunnya yakni Sea Eagle Boat Race. Dengan keikutsertaan Batam pada event ini merupakan bukti bahwa Batam memiliki potensi bahari yang sangat strategis untuk ditumbuhkembangkan menjadi daya tarik wisata khususnya wisata bahari. Kepada dua tim Guntur juga mengingatkan bahwa kedisiplinan selama mengikuti perlombaan tersebut perlu dijaga. Untuk mengikuti perlombaan ini menurutnya tidak hanya fisik dan kekuatan tubuh yang diperlukan, tapi juga taktik dan strategi agar bisa keluar sebagai juara.

“Tentunya banyak peserta yang akan mengikuti event ini. Agar tim ini dapat merebut kembali juara umum, selain latihan yang rutin, kondisi fisik dan kekompakan perlu dijaga. Jika tim kompak bukan tidak mungkin Batam akan berhasil meraih kembali juara umum,” pungkasnya. (crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/10/wako-tahun-ini-batam-harus-jadi-juara/feed/ 0
Prasasti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Muasal Bahasa Indonesia http://www.humasbatam.com/2010/11/10/prasasti-bahasa-melayu-kepulauan-riau-sebagai-asal-muasal-bahasa-indonesia/ http://www.humasbatam.com/2010/11/10/prasasti-bahasa-melayu-kepulauan-riau-sebagai-asal-muasal-bahasa-indonesia/#comments Wed, 10 Nov 2010 11:34:03 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14680 BATAM- Sempena Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke XI, Panitia Pelaksana menggelar Seminar Bahasa dan Adat Melayu, Rabu (10/11) di Auditorium Sumatera Convention Centre. Seminar yang dihadiri 500 peserta itu dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani dan dihadiri Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan serta Ketua Mentri Melaka merangkap Presiden DMDI, Datuk Moh Ali Rustam. Adapun tema yang diangkat pada seminar ini yakni “Mewujudkan Prasasti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Muasal Bahasa Indonesia”. Ketua Panitia Pelaksana, AZ Dadang mengatakan seminar ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai Melayu. Selain itu DMDI merupakan wadah untuk mempererat tali silahturahmi.

“Kegiatan ini sebagai forum untuk meningkatkan budaya dan bahasa Melayu yang mana budaya Melayu ini tersebar di berbagai daerah,” katanya.

Adapun yang menjadi peserta dalam seminar ini adalah pemerintah, akademisi, tokoh masyarakat dan tokoh melayu. Seminar itu sendiri terbagi dalam dua sesi dengan narasumber yang berbeda-beda. Adapun yang menjadi narasumber dalam seminar Bahasa dan Adat Melayu itu adalah Prof. Datuk Dr. Abdul Latiff Abu Bakar, yang membahas tentang Kepulauan Riau Sebagai Pusat Kebudayaan dan Tamadun Melayu.

Selanjutnya Prof Emeritus Abdullah Hassan yang mengupas tentang Menggagas dan Mewujudkan Prasasti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Bahasa Nasional Indonesia. Narasumber lainnya Abdul Malik mengemukakan tentang Sepuluh Bukti Bahasa Melayu Kepulauan Riau Sebagai Asal Muasal Bahasa Indonesia. Sementara Dr Rozak A Zaidan menyampaikan bahan tentang Telaahan Raja Ali Haji Sebagai Perintis Bahasa Indonesia.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani selaku Ketua DMDI Provinsi Kepri mengharapkan agar melalui seminar tersebut diperoleh ,masukan-masukan yang bermanfaat untuk kemajuan Melayu dan Provinsi Kepri khususnya. Gubernur juga mengharapkan agar prasasti Bahasa Melayu di Provinsi Kepri tepatnya di Pulau Penyengat. Ceritanya, Raja Ali Haji merupakan raja dari Penyengat yang telah membuat Gurindam 12 dan ini merupakan salah satu catatan sejarah bahwa Bahasa Melayu telah digunakan sejak dahulu. Untuk itu dengan banyaknya seminar, selain sebagai ajang untuk mempererat tali silahturahmi, juga sebagai tempat untuk memperoleh saran dan masukan demi kesempurnaan seminar-seminar yang telah digelar sebelumnya. Akhirnya, dengan mengucap Bismillahhirohmannirohim, Seminar Bahasa dan Adat Melayu tersebut resmi dibuka.

Usai membuka acara tersebut, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan berkenan menjemput Ketua Mentri Melaka merangkap Presiden DMDI, Datuk Moh Ali Rustam beserta rombongan lainnya. Datuk Ali Rustam yang tiba melalui Terminal Ferry Internasional Batam Centre tersebut tampak senang dengan sambutan yang dilakukan oleh Wali Kota selaku tuan rumah tempat diselenggarakannya DMDI ini. Selanjutnya dari Terminal Ferry International, Wali Kota bersama dengan rombongan Datuk Ali Rustam langsung menuju ke Gedung SCC. Hadir dalam acara seminar pagi itu, Huzrin Hood, Tennas Efendi dan tokoh Melayu lainnya.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/10/prasasti-bahasa-melayu-kepulauan-riau-sebagai-asal-muasal-bahasa-indonesia/feed/ 0
Batam Kirim Dua Tim pada Event Internasional Dragon Boat Race http://www.humasbatam.com/2010/11/09/batam-kirim-dua-tim-pada-event-internasional-dragon-boat-race/ http://www.humasbatam.com/2010/11/09/batam-kirim-dua-tim-pada-event-internasional-dragon-boat-race/#comments Tue, 09 Nov 2010 11:12:48 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14640 BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan mengirim dua tim pada event Tanjung Pinang International Dragon Boat Race. Dua tim yang akan berlaga pada Kamis (11/11) hingga Minggu (14/11) adalah Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih. Keberangkatan dua tim ini ke Tanjung Pinang, akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada Rabu (10/11) di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti mengatakan bahwa pada tahun ini Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih bertekad untuk merebut kembali juara umum yang gagal direbut pada tahun 2009 lalu.

“Baik Tim Batam Merah maupun Tim Batam Putih telah melakukan persiapan-persiapan untuk mengikuti event ini. Target kita, tim ini mampu merebut kembali juara umum yang pada tahun 2009 lalu berhasil direbut oleh peserta dari Kabupaten Lingga,” ujar Guntur.

Ajang ini menurutnya diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepri dan bahkan dari negara lain. Untuk itu perlu kerja keras serta kekompakan tim untuk dapat meraih kembali juara yang pernah lepas. Yang perlu diperhatikan oleh masing-masing anggota tim adalah kekompakan serta ketahanan fisik. Namun, ia yakin dengan latar belakang anggota tim yang merupakan anak-anak pulau, Guntur yakin mereka dapat mendayung dengan baik serta tetap menjaga kekompakannya.

Terlebih, Pemko Batam juga memiliki event serupa yang digelar setiap tahunnya yakni Sea Eagle Boat Race. Dengan keikutsertaan Batam pada event ini merupakan bukti bahwa Batam memiliki potensi bahari yang sangat strategis untuk ditumbuhkembangkan menjadi daya tarik wisata khususnya wisata bahari. Kepada dua tim Guntur juga mengingatkan bahwa kedisiplinan selama mengikuti perlombaan tersebut perlu dijaga. Untuk mengikuti perlombaan ini menurutnya tidak hanya fisik dan kekuatan tubuh yang diperlukan, tapi juga taktik dan strategi agar bisa keluar sebagai juara.

“Tentunya banyak peserta yang akan mengikuti event ini. Agar tim ini dapat merebut kembali juara umum, selain latihan yang rutin, kondisi fisik dan kekompakan perlu dijaga. Jika tim kompak bukan tidak mungkin Batam akan berhasil meraih kembali juara umum,” pungkasnya.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/09/batam-kirim-dua-tim-pada-event-internasional-dragon-boat-race/feed/ 0
Tiga Ustadz dari Tiga Negara Hadiri Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/ http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/#comments Tue, 09 Nov 2010 10:28:56 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14638 BATAM- Setelah perhelatan akbar Kenduri Seni Melayu (KSM) dibuka pada Senin (8/11) malam lalu, pada malam ini, Rabu (10/11) akan digelar Tabligh Akbar Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) XII. Acara yang digelar di Masjid Agung Batam Centre ini dimulai pukul 19.30 WIB dan masih merupakan rangkaian acara KSM. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan Kegiatan Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama ini akan dihadiri oleh ustadz dari tiga negara, yakni Negara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Untuk menyukseskan acara tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengundang seluruh pegawai dan masyarakat Kota Batam untuk menghadiri kegiatan itu. Kegiatan ini menurutnya akan dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan serta unsur Muspida.

“Tabligh Akbar ini merupakan rangkaian acara KSM. Ini untuk pertama kalinya DMDI digelar di luar Malaka, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kota Batam. Untuk itu mari kita dukung perhelatan ini tentunya dengan menghadiri acara tabligh akbar yang akan dihadiri oleh tiga ustadz kondang dari tiga negara,” paparnya.

Konvensi DMDI XII ini sendiri akan dibuka pada Kamis (11/11) di Auditorium Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre. Konvensi ini akan oleh 16 Negara Delegasi yang merupakan anggota DMDI. Diperkirakan sekitar 1.500 wisatawan akan berkunjung ke Batam dalam rangka kegiatan DMDI ini. Adapun rangkaian acara DMDI lainnya sebelum Tabligh Akbar adalah petemuan penyair dan tokoh adat Melayu, Seminar Empire Malaka sekaligus peresmian Galery Malaka. Pertemuan tersebut akan digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu pada Selasa (9/11). Kemudian juga akan digelar forum perdana zikir DMDI yang bentuknya seperti tabligh akbar. Dalam forum tersebut menurutnya akan menampilkan tiga ustad dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Forum ini akan dilaksanakan di Masjid Agung, Batam Centre.

Dipenghujung acara KSM tepatnya pada Tanggal 13 November 2010, para delegasi yang hadir akan disuguhkan sebuah paduan budaya kental Melayu yang diberi nama Festival Jong dan Gebyar Budaya Nusantara dan diharapkan masing-masing peserta juga ikut dalam acara ini untuk berkolaborasi dan menikmati secara langsung festival dan gebyar budaya Nusantara tersebut. Gebyar Budaya Nusantara akan menampilkan 20 paguyuban di Kota Batam. Yang mengambil start dari Harbour Bay dan finish di Nagoya Hill. Sementara untuk Festival Jong akan diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 kecamatan se Kota Batam. Kegiatan ini menurutnya akan dilombakan. Untuk menyukseskan rangkaian acara tersebut, Yusfa mengajak masyarakat Batam untuk dapat menyaksikan event tersebut dengan berkunjung ke Gedung SCC Batam Centre.

(crew_humas/dv)

]]> http://www.humasbatam.com/2010/11/09/tiga-ustadz-dari-tiga-negara-hadiri-tabligh-akbar-dan-dzikir-bersama/feed/ 0 Pembukaan KSM ke-XII Berlangsung Meriah http://www.humasbatam.com/2010/11/09/pembukaan-ksm-ke-xii-berlangsung-meriah/ http://www.humasbatam.com/2010/11/09/pembukaan-ksm-ke-xii-berlangsung-meriah/#comments Tue, 09 Nov 2010 07:11:59 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14630 BATAM- Pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-XII berlangsung meriah, di halaman parkir Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre, Senin (8/11) malam. Wakil Gubernur Kepulauan Riau, HM Soerya Respationo berkesempatan membuka secara resmi event tahunan Pemerintah Kota Batam tersebut. Pembukaan KSM itu ditandai dengan penabuhan kompang oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi dan Kepala BP Kawasan, Mustofa Widjaja. Selain itu hadir pula delegasi dari negara-negara tetangga Malaysia, Singapura, Brunai Darusalam dan juga Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Lampung serta  Bupati Aceh Besar.

Ratusan masyarakat yang memadati pelataran parkiran SSC dengan antusias meyaksikan  acara demi acara yang diselingi dengan hiburan dan atraksi dari beberapa sanggar tari yang ada di Batam. Acara semakin semarak ketika 30 orang penari dari sanggar tari di Batam menampilkan tarian persembahan. Penampilan penari semakin menarik dengan taburan gemerlap lampu warna-warni. Di panggung yang langsung menghadap ke arah lautan tersebut juga disuguhkan atraksi dari 200 penari yang membawakan tarian ‘historika menyapa’. Selain itu di tampilkan pula tarian kompang oleh puluhan pemuda. Pada malam itu juga ditampilkan kesenian khas China, barongsay dan penampilan Presiden penyair Indonesia Soetardji Calzoum Bahcri yang tampil membacakan puisi karyanya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya menyampikan bahwa tahun ini Kenduri Seni Melayu dilaksanakan dengan sangata istimewa karena merupakan bagian dari program Pemerintah Kota Batam Visit Batam 2010. Sekaligus bersamaan dengan di gelarnya Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yaitu acara tahunan yang di gagas oleh Kerajaan Negeri Melaka yang telah berdiri sejak tahun 2000 dan beranggotakan 13 negara-negara melayu.

“Dengan demikian berarti Batam telah mendapat kepercayaan dari dunia Internasional untuk menyelenggarakan acara-acara yang bertaraf internasional pula. Diharapkan acara ini dapat dijadikan moment berkembangnya budaya dan pererat silaturahmi antara suku bangsa yang ada di Batam. Karena perbedaan suku bangsa yang ada di Batam sebagai kekuatan dan merupakan kelebihan Batam yang membedakan dengan daerah lain,” jelas Dahlan

Diakhir sambutannya Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah ikut berperan serta mensukseskan KSM. Dilanjutkan dengan penyerahan prasasti KSM yang diberikan oleh Husnizar Hood kepada Wali Kota Batam Ahmad Dahlan sebagai tanda dimulainya KSM.  Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Pemerintah Kota Batam kepada Polresta Barelang berupa satu unit mobil ambulance, satu unit kendaraan dinas Vios dan dua unit sepeda motor sebagai kendaraan operasional Polresta Barelang, yang diterima langsung oleh Kapolresta Barelang Eka Yuda. Disparbud Kota Batam juga menyerahkan bantuan alat musik tradisional kepada group kompang Pecung, Batubesar, Kecamatan Bengkong, Batu Besar Kecamatan Nongsa, dan sanggar tari Zapin kepada Kecamatan Galang.

Sementara Wakil Gubernur Kepri, HM Soerya Respationo dalam sambutannya mengatakan bahwa bangsa Melayu selamanya akan berjuang agar selalu eksis di peradapan. Dan peradapan diukur dari kegemilangannya suatu kebudayaan. Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan takniah untuk Jaya gelar KSM ke-12. “Kembangkan budaya Melayu melalui karya seni dalam memperkaya khazanah seni,” ungkap Soerya. Soerya berharap melalui event KSM ini dapat memberikan pencerahan jiwa kepada masyarakat, dan merupakan tontonan menarik untuk mencintai budaya Melayu.

Turut hadir Ketua DPRD Kepulauan Riau H Abdul Azis, Anggota Delegasi dari berbagai daerah, Bupati/Walikota se-Kepulauan Riau, Anggota DPD RI asal Kepri H Zulbahri dan Jasarmen Purba, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, DPRD Kota Batam, Ketua LAM, dan sejumlah Tokoh Melayu.

(crew_humas/hw_nn)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/09/pembukaan-ksm-ke-xii-berlangsung-meriah/feed/ 0
Malam Ini KSM XII Digelar di SCC http://www.humasbatam.com/2010/11/08/malam-ini-ksm-xii-digelar-di-scc/ http://www.humasbatam.com/2010/11/08/malam-ini-ksm-xii-digelar-di-scc/#comments Mon, 08 Nov 2010 09:05:19 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14616 BATAM- Perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) akan digelar pada Senin (8/11) malam ini di halaman parkir Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre pukul 19.00 WIB. Event tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani. Selain dihadiri oleh Wali Kota dan Bupati se Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri, acara ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Lampung, Bupati Aceh Besar serta Sutardji Calzoum Bachri. Dalam acara pembukaan itu, Sutardji juga akan tampil dengan membawakan karyanya. Perhelatan lainnya yang digelar secara bersamaan yakni Pameran Khazanah Melayu. Selanjutnya kegiatan Pentas Seni Serumpun yang akan menampilkan kesenian-kesenian dari 10 daerah di luar Batam serta dimeriahkan dengan penampilan seni dari 6 sanggar seni yang ada di Kepri. Pameran Khazanah Melayu dan Pentas Seni Melayu Serumpun sempena Kenduri Seni Melayu ini akan digelar selama 5 hari berturut-turt mulai Tanggal 8 – 13 Nopember 2010 dan dipusatkan di Sumatera Convention Centre (SCC), Batam.

“Pameran Khazanah Melayu tersebut akan memamerkan benda-benda peninggalan sejarah Melayu, situs-situs sejarah dan ornamen-ornamen khas Melayu. Untuk lokasi pameran akan dilaksanakan di halaman parkir yang akan mulai dibuka dari pukul 15.00-22.30 WIB. Rangkaian acara lainnya yakni festival gasing,” ujar Rudi Panjaitan, Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

Selanjutnya pada Kamis (11/11) akan digelar Kovnesi Dunia Melayu Dunia Islam  (DMDI) XI di SCC. Konvensi ini menurutnya akan dihadiri oleh 16 Negara Delegasi yang merupakan anggota DMDI. Diperkirakan sekitar 1.500 wisatawan akan berkunjung ke Batam dalam rangka kegiatan DMDI ini. Adapun rangkaian acara DMDI ini adalah petemuan penyair dan tokoh adat Melayu, Seminar Empire Malaka sekaligus peresmian Galery Malaka. Pertemuan tersebut akan digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu pada Selasa (9/11). Kemudian juga akan digelar forum perdana zikir DMDI yang bentuknya seperti tabligh akbar. Dalam forum tersebut menurutnya akan menampilkan tiga ustad dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Forum ini akan dilaksanakan di Masjid Agung, Batam Centre.

“Pelaksanaan Konvensi di Batam ini merupakan yang pertama kalinya digelar di luar Malaka. Ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Batam. Semoga dari kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Batam,” paparnya.
Dipenghujung acara KSM tepatnya pada Tanggal 13 November 2010, para delegasi yang hadir akan disuguhkan sebuah paduan budaya kental Melayu yang diberi nama Festival Jong dan Gebyar Budaya Nusantara dan diharapkan masing-masing peserta juga ikut dalam acara ini untuk berkolaborasi dan menikmati secara langsung festival dan gebyar budaya Nusantara tersebut.. Gebyar Budaya Nusantara akan menampilkan 2- paguyuban di Kota Batam.

Yang mengambil start dari Harbour Bay dan finish di Nagoya Hill. Sementara untuk Festival Jong akan diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 kecamatan se Kota Batam. Kegiatan ini menurutnya akan dilombakan. Untuk menyukseskan rangkaian acara tersebut, Rudi mengajak masyarakat Batam untuk dapat menyaksikan event tersebut dengan berkunjung ke Gedung SCC Batam Centre.(***)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/11/08/malam-ini-ksm-xii-digelar-di-scc/feed/ 0
KSM dan DMDI Akan Berlangsung Sepekan http://www.humasbatam.com/2010/10/27/ksm-dan-dmdi-akan-berlangsung-sepekan/ http://www.humasbatam.com/2010/10/27/ksm-dan-dmdi-akan-berlangsung-sepekan/#comments Wed, 27 Oct 2010 06:46:56 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14340 BATAM – Perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) dan Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) XI yang akan digelar di Kota Batam bulan November mendatang akan menampilkan berbagai kesenian dan budaya melayu kontemporer.  Hal tersebut di ungkapkan Ketua Panitia Buralimar saat rapat panita KSM dan DMDI yang melibatkan  Polresta, Dinas  Perhubungan, Satpol PP, Kecamatan se Kota Batam, dan pengusaha perhotelan Batam bertempat di Kantor Walikota Batam,  Rabu (27/10).


Buralimar mengatakan, rangkaian kegiatan KSM akan dimulai sejak tanggal 11 November yang diawali dengan pembukaan Kenduri seni Melayu bertempat di Lapangan parkir Sumatra Convention Centre (SCC) Batam Centre. Acara Pembukaan tersebut dijadwalkan akan di buka oleh Gubernur Kepulauan Riau HM Sani dan dihadiri oleh tokoh Melayu se Provinsi Kepulauan Riau dan Tokoh Melayu Sumatra.
Pada malam pembukaan nanti  akan ditampilkan juga pagelaran tarian kontemporer  Melayu  bertajuk “Histeria Menyapa” yang melibatkan 200 orang penari lokal maupun penari dari provinsi lain seperti Pekanbaru, Medan dan  Jambi. Para penari ini saat ini tengah berlatih dengan melibatkan instruktur koregrafer ternama diantaranya  Iwan Irawan, Trisapto, Toni sumarsono dan Tomtom Kodrat, keempatnya dari Institut kesenian Jakarta (IKJ).

Tidak hanya itu malam kedua sampai malam keempat pengunjung dapat menyaksikan pameran khazanah Melayu yang dihibur oleh  artis-artis Nasional maupun artis luar Negeri dari Singapura dan Malaysia. Artis Nasional yang akan memeriahkan  KSM tahun 2010 diantaranya Betharia Sonata dan  Victor Hutabarat. Siang harinya, KSM akan  diisi kegiatan seminar tentang Seni  Budaya Melayu dan seminar tentang  Bahasa Melayu Kepri sebagai Asal Usul Bahasa Indonesia bertempat di Auditorium Sumatra Conventio Centre.

Sementara itu pembukaan Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang di ikuti negara-negara berbudaya Melayu dibuka pada hari kamis tanggal 11 november masih di Sumatra Convention centre. DMDI XI di Kota Batam ini direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Datuk Moh. Najib Tun Hj. Abdul Razak. Saat ini tercatat limabelas  Negara telah mendaftar dan akan hadir mengikuti konvensi DMDI XI di Kota Batam. Pada hari yang sama Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata juga akan mengelar pameran Gasing Nusantara yang akan menampilkan gasing seberat 2 ton yang merupakan Gasing terbesar dan tercatat dalam Musium Rekor Indonesia (MURI).

Malamnya, bertempat di Masjid Agung Batam  dilaksanakan Tabligh Akbar yang menghadirkan tiga Ustad terkenal dari tiga Negara Indonesia, Malaysia dan singapura. Memasuki hari Jumat, 12 November peserta DMDI dari Malaysia dan Singapura akan di Wisata tour dan malam harinya penutupan DMDI di Harmoni One Hotel Batam Centre, terang Buralimar.

Ketua harian yang juga Kapala Dinas Pariwisata Guntur Sakti pada kesempatan tersebut juga menyampaikan kegiatan DMDI dan KSM akan ditutup dengan Pawai Gebyar Budaya Nusantara dirangkai dengan Festifal Jong pada sabtu 13 November.
Guntur menjelaskan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Gebyar Budaya Nusantara pada tahun ini diselenggarakan pada malam hari yang mengambil posisi start di Panorama Regency Hotel dan finish di Nagoya Plaza.

“Tahun ini kita mengadakan Pawai Budaya Nusantara pada malam hari, disertai efek lampu sehingga diharapkan menambah daya tarik wisatawan” ujarnya.

Pawai Budaya Nusantara dan Festifal jong nanti akan dimeriahkan oleh atraksi kesenian dari seluruh paguyuban yang ada di Kota Batam, seperti tari Bali, reog ponorogo, debus, barongsai dan pawai jong sebagai budaya asli melayu. Untuk menambah semarak pawai juga akan dipasang lampu sorot  dan lampu hias di sepanjang rute pawai untuk menambah menarik wisatawan dalam mendukung program Visit Batam 2010. (humascrew_yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/10/27/ksm-dan-dmdi-akan-berlangsung-sepekan/feed/ 1
2000 Anak TK di Kota Batam Ikuti Pawai Budaya http://www.humasbatam.com/2010/10/23/2000-anak-tk-di-kota-batam-ikuti-pawai-budaya/ http://www.humasbatam.com/2010/10/23/2000-anak-tk-di-kota-batam-ikuti-pawai-budaya/#comments Sat, 23 Oct 2010 02:24:45 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14245 BATAM - Sekitar 2000 murid Taman Kanak-kanak di Kota Batam mengikuti pawai budaya, Sabtu (23/10). Pawai Budaya ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Indonesia bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pawai ini yang keempat kalinya dan digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2010. Rute yang dilewati oleh peserta pawai mulai dari depan My Mart dan berakhir di Gedung Walikota Batam.


Para peserta dilepas oleh Ketua IGTK, Hj. Jusmaniar dengan cara melepas satu persatu kelompok atau rombongan dari masing-masing TK. Anak-anak yang mengikuti pawai itu mengenakan berbagai pakaian daerah dan profesi serta menampilkan sajian hiburan drum band, tarian dan rabana. Pawai terlihat semakin ramai dan semarak karena barisan pawai juga diikuti oleh para guru TK dan orang tua murid yang ikut memeriahkan acara tersebut. Diperkirakan sekitar 7000 orang turut serta dalam kegiatan yang berlangsung sore itu.

Jusmaniar yang menjadi pimpinan pelaksanaan acara, mengatakan pawai budaya ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai cinta tanah air. Juga untuk memotivasi para pelajar agar lebih mengetahui budaya Indonesia sehingga budaya Indonesia dapat tergali dan dikenal lebih jauh lagi oleh para murid sejak usia dini. Katanya, IGTK terus berusaha keras untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan Taman Kanak-kanak serta memprioritaskan pembentukan iman dan taqwa yang dimulai sejak usia dini.

Di kantor Walikota, barisan pawai budaya disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin. Dengan ramah Muslim menyapa dan menyalami para guru Taman Kanak-kanak serta murid TK yang baru saja selesai mengikuti pawai budaya. Dalam sambutannya Muslim menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa bangga atas partisipasi aktif yang ditunjukkan oleh guru dan murid TK dalam melaksanakan pawai budaya. Muslim berharap kegiatan pawai budaya itu dapat menjadi pembelajaran dan pengalaman yang positif dalam rangka menanamkan kecintaan terhadap tanah air.
(crew_humas/bb)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/10/23/2000-anak-tk-di-kota-batam-ikuti-pawai-budaya/feed/ 0
Wako Hadiri Soft Opening Kepri Mall http://www.humasbatam.com/2010/10/15/kepri-mall-objek-wisata-belanja-baru-di-batam/ http://www.humasbatam.com/2010/10/15/kepri-mall-objek-wisata-belanja-baru-di-batam/#comments Fri, 15 Oct 2010 05:35:02 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=13959

BATAM- Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani bersama dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan meresmikan pusat perbelanjaan Kepri Mall, Jumat (15/10). Peresmian Kepri Mall ini ditandai dengan penandatanganan prasasti Kepri Mall dan prasasti Carrefour oleh Gubernur Provinsi Kepri. Presiden Direktur Kepri Mall, Hartono dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Gubernur dan Wali Kota Batam yang telah memberi dukungan terhadap dunia usaha yang di di Provinsi Kepri dan Kota Batam khususnya. Sebagai pendiri Kepri Mall, Hartono mengaku bangga karena bisa menghadirkan shoping centre mall di Kepri. Katanya, dalam waktu 10 bulan pembangunan Kepri terwujud di Kota Batam. Dengan berdirinya Kepri Mall ini, maka jumlah pusat perbelanjaan di Batam bertambah sebagai tempat wisata belanja. Dengan berdirinya Kepri Mall ini, menurutnya juga memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kota Batam.

“Dengan berdirinya Kepri Mall ini, maka bisa membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran karena telah menciptakan lapangan pekerjaan. Disamping itu juga memberi efek pada pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kepri dan Batam. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur, Wakil Gubernur serta Wali Kota Batam yang telah mendukung berdirinya Kepri Mall,” ujar Hartono mengakhiri sambutannya dalam acara Soft Opening Kepri Mall.

Sementara itu, Mitra Kerja Kepri Mall, Carrefour, yang diwakili oleh Operation Manager Carrefour, Mr James Paul mengatakan gerai Carrefour di Kepri Mall merupakan gerai yang kedua di Kepri dan gerai yang ke 84 di seluruh Indonesia. Dengan dibukanya gerai Carrefour ini diharapkan dapat menjadi pilihan belanja bagi masyarakat Batam khususnya dan masyarakat Kepri pada umumnya. Di gerai Carrefour menurutnya tercatat 300 pemasok lokal sementara tenaga kerjanya 81 persen merupakan SDM dari Kota Batam. Carrefour juga berkomitmen memberi akses kemurahan kepada masyarakat. Komitmen itu yakni dengan meluncurkan program BBM (Benar-benar Murah). Dimana terdapat 20 produk yang dijual lebih murah 30 persen dari kategorinya.

“Carrefour juga memiliki program Satu Nusa Satu Bangsa, dimana harga jual notebook merk Tosyiba dengan harga Rp2,8 juta bagi pelajar. Sementara di luar harga notebook dengan merk yang sama yakni Rp3,2 juta. Semoga dengan adanya gerai Carrefour ini maka dapat memberi dampak positif di Kota Batam,” ungkap James.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi kepada manajemen Kepri Mall yang telah menambah satu lagi objek wisata belanja di Kota Batam. Menurutnya, dengan jumlah penduduk Batam yang mencapai 1 juta lebih, maka pengusaha tidak akan rugi untuk melakukan investasi di Batam. Pemerintah Kota Batam, menurutnya menyambut baik perkembangan investasi di Kota Batam ini. Keberadaan mall di Kepri, khususnya di Batam dapat menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. Selama ini tidak hanya masyarakat Kepri dan Batam saja yang datang untuk berbelanja ke Batam, melainkan juga pendatang dari Indonesia Timur dan ini merupakan bukti bahwa Batam telah memberi kontribusi yang besar terhadap Bangsa Indonesia.

“Keberadaan pengusaha sangat berperan dalam pembangunan Batam. Pemerintah berkewajiban untuk membangun infrastruktur dan pengusaha yang mengembangkan kota ini tentunya dengan menanamkan investasinya di Kota Batam. Dengan dukungan semua pihak, Batam akan maju dan dapat menuju Bandar Dunia yang Madani,” katanya mengakhiri sambutan.

Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani yang meresmikan Kepri Mall, menyambut baik apa yang dilakukan oleh pengusaha. Karena dengan dibukanya Kepri Mall maka dapat mendukung perekonomian di Kota Batam. Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan adanya mall yang berlogo Jembatan Barelang ini, persoalan ketenagakerjaan di Kepri terjawab. Dengan adanya mall ini maka banyak menyerap tenaga kerja dan dapat menekan angka pengangguran di Kota Batam. Disamping itu, Pelaku Usaha Kecil dan Mikro juga sudah diberdayakan oleh pihak mall.

“Saya berharap Kepri Mall bisa lebih maksimal dalam menjawab persoalan perekonomian. Berbahagialah Wali Kota Batam yang memiliki banyak mall. Tentu ini sesuai dengan Kota MICE yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tumbuh suburnya investasi jika kit bisa memberikan pelayanan yang baik dan dapat menciptakan suasana yang kondusif dan tertib di kota yang kita cintai ini,” pesannya.

Hadir dalam acara Soft Opening kepri Mall, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respatino, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Nur Syafriadi, Kapolda Kepri, Brigjen Pol Raden Budi Winarso, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi, serta Unsur Muspida Kota Batam lainnya. Usai meresmikan Kepri Mall, Gubernur beserta rombongan meninjau lokasi gerai Carrefour yang terletak di lantai dasar Mall itu.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/10/15/kepri-mall-objek-wisata-belanja-baru-di-batam/feed/ 1