Website Bagian Humas Setdako Batam » Insert News http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Wed, 02 Feb 2011 05:50:26 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Wako Silahturahmi Bersama Masyarakat Pulau Seraya http://www.humasbatam.com/2010/10/27/wako-silahturahmi-bersama-masyarakat-pulau-seraya/ http://www.humasbatam.com/2010/10/27/wako-silahturahmi-bersama-masyarakat-pulau-seraya/#comments Wed, 27 Oct 2010 10:02:54 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=14314 BATAM- Masyarakat Pulau Seraya Kelurahan Batu Legong, Kecamatan Bulang Rabu (27/10) itu terlihat gembira. Pasalnya, pagi itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan berkunjung ke kampung mereka. Rombongan Wali Kota disambut dengan iringan kompang yang telah menanti di pelabuhan. Kunjungan Wali Kota ke Pulau Seraya tersebut dalam rangka silahturahmi bersama dengan masyarakat di Kecamatan Bulang umumnya dan khususnya dengan masyarakat di Kelurahan Batu Legong. Dalam kunjungan itu, Wali Kota juga memberikan bantuan sejumlah uang kepada Ketua Pengurus Masjid Baitul Rahman dan juga bantuan kepada majlis taklim yang ada di pulau itu.

Kunjungan Wali Kota tersebut menjadi satu hal yang membanggakan bagi masyarakat Pulau Seraya. Hal itu disampaikan oleh Abdul Razak selaku pengurus Masjid Baitul Rahman. Disamping menyampaikan ucapan terimakasihnya, Razak juga menyampaikan kondisi masjid dan masyarakat di pulau itu. Secara fisik, kondisi Masjid yang sehari-hari digunakan masyarakat setempat sebagai tempat beribadah itu pada beberapa bagiannya terlihat rusak. Kerusakan tampak terlihat pada kondisi plafon yang sudah lepas dan kusen yang sudah lapuk. Harapan lain yang disampaikannya adalah, agar anak Pulau Seraya yang lulus pendidikan dibidang kebidanan dapat diberikan pekerjaan oleh Pemko Batam.

“Untuk listrik, Pak Wali sudah berjanji untuk memberikan genset di kampung kita ini pada tahun 2011 mendatang. Sementara untuk masalah pendidikan sudah tidak ada masalah lagi, karena disini ada sekolah SD dan untuk SMP anak-anak kami ke pulau Buluh,” katanya.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya membenarkan bahwa pada tahun 2011 mendatang melalui Dinas PMP-KUKM, Pemko Batam akan memberikan genset di pulau itu. Wali Kota memberikan apresiasi  yang tinggi kepada masyarakat setempat yang telah memberikan sambutan yang luar biasa atas kehadirannya. Dihadapan seluruh masyarakat Pulau Seraya yang berkumpul di Masjid Baiturahman itu, Wali Kota mengajak untuk bersama-sama membangun pulau itu. Sebagai orang yang berasal dari pulau, ia mengetahui betul apa yang menjadi masalah dalam pembangunan pulau.

“Memang pembangunan di pulau ini tidak sama dengan pembangunan di Batam. Karena pemerintah membangun apa yang paling utama untuk dibangun, misalnya, jalan, listrik dan air. Kita sebagai orang tua harus memperhatikan pendidikan anak-anak, jangan sampai anak-anak kita putus sekolah,” ungkap Wali Kota.

Mengenai minyak tanah bersubsidi di daerah hinterland, Wali Kota menegaskan bahwa subsidi tersebut belum dicabut. Pencabutan minyak tanah bersubsidi baru dilakukan jika Pertamina sudah bisa memberikan solusi yakni dengan mengganti seluruh kompor minyak tanah milik warga dengan kompor gas. Untuk lampu penerangan melaut, Pertamina, ungkapnya kini tengah merancang lampu yang menggunakan tenaga gas. Hal tersebut menurutnya sudah menjadi komitmen dari Pertamina. Dalam rombongan Wali Kota turut mendampingi, Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin, Kepala Dinas PMP-KUKM, Pebrialin, Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman, M Sahir dan Kepala Dinas Kesehatan, dr Chandra Rizal.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/10/27/wako-silahturahmi-bersama-masyarakat-pulau-seraya/feed/ 0
Forum JELITA Sebagai Wahana Aktualisasi Diri Kaum Perempuan Batam http://www.humasbatam.com/2010/05/10/forum-jelita-sebagai-wahana-aktualisasi-diri-kaum-perempuan-batam/ http://www.humasbatam.com/2010/05/10/forum-jelita-sebagai-wahana-aktualisasi-diri-kaum-perempuan-batam/#comments Mon, 10 May 2010 09:14:39 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=12010 BATAM – Peringatan Hari Kartini 21 April 2010 di Kota Batam yang sudah terasa sejak bulan April yang lalu sampai awal bulan Mei ini juga masih diwarnai dengan berbagai acara dan perlombaan termasuk forum JELITA yang dihadiri oleh Walikota Batam. Pada kesempatan tersebut Walikota Batam Ahmad Dahlan melantik pengurus Forum Jejak Langkah Wanita (Jelita) serta menghadiri lomba rebana dan fashion show yang diselenggarakan Jelita, Sabtu (8/5) di Gedung Politeknik Batam Center. Dalam sambutannya, Wako Batam, Ahmad Dahlan mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang telah dilantik, serta berharap semoga forum tersebut dapat membawa wanita Indonesia umumnya dan wanita Batam khususnya untuk lebih maju kedepannya.
“Karena pembangunan sangat ditentukan oleh para wanitanya, maka dari itu saya mengajak seluruh wanita untuk senantiasa eksis dalam membina rumah tangganya menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah, harap Dahlan disela-sela sambutannya. Dahlan juga merasa bangga kepada para peserta fashion show meskipun usianya telah 50 tahun keatas, tapi semangat mereka memperingati hari Kartini patut diacungkan jempol.
Sementara itu, Ketua pelaksana yang sekaligus Ketua Umum Forum Jelita yang dilantik Hj Suhaeni, SE mengatakan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah dalam rangka memperingati hari Kartini kita tingkatkan kualitas dan partisipasi perempuan dalam mengisi pembangunan dan mendukung Batam sebagai Bandar Dunia Madani. Dalam kesempatan tersebut 20 orang panitia dilantik oleh Walikota Batam, diantaranya menduduki posisi ketua, sekretaris, bendahara dan 3 bidang yang dikembangkan dalam Forum Jelita. Ketiga bidang tersebut adalah Bidang Pendidikan, Bidang Koordinator Penelitian dan Pembangunan (Litbang) dan Bidang Usaha.

Dalam laporannya Suhaeni mengatakan ada 10 Kecamatan yang mengikuti lomba rebana dan fashion show, 2 Kecamatan yaitu Bulang dan Galang tidak ikut serta karena tidak memiliki peserta. Pemenang lomba akan mendapatkan uang pembinaan dan hadiah dari panitia. Suhaeni menambahkan forum Jelita akan terus melakukan peningkatan seni terutama rebana dikalangan wanita. Dalam kesempatan tersebut Kecamatan Sei Beduk mendapatkan juara umum, dimana langsung memboyong piala bergilir Gubernur Kepri yang rencananya akan diperebutkan kembali satu tahun mendatang.

Sementara itu juara satu sampai juara empat rebana berurutan Kecamatan Sekupang dengan perolehan nilai 204, Kecamatan Batam Kota dengan nilai 201, 200 diperoleh Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Sei Beduk mendapatkan nilai 198. Untuk fashion show lansia juara satu diduduki perwakilan Sei Beduk, juara dua Ismalia wakil dari Batam Kota, juara tiga Yusnawati dari Belakang Padang dan juara empat Hj Misnah dari Bengkong. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam dengan berjoget bersama dengan para peserta fashion show lansia sebagai bentuk kepedulian PKK Kota Batam kepada para lansia. Dan perhatian tersebut tidak hanya sampai disitu, PKK Kota Batam memberikan hadiah kepada pemenang lomba rebana berupa baju seragam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Penasehat Forum Jelita, Aida Ismeth Abdullah, Anggota DPRD Kota Batam, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, para pengurus forum jelita, dan peserta lomba yang telah hadir sejak pukul 09. 00 WIB untuk mengikuti lomba.

(*humas_crew/nn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/10/forum-jelita-sebagai-wahana-aktualisasi-diri-kaum-perempuan-batam/feed/ 1
Wako Sambut Batam Alternatif Utama Nonton Bareng Piala Dunia 2010 http://www.humasbatam.com/2010/05/05/wako-sambut-batam-alternatif-utama-nonton-bareng-piala-dunia-2010/ http://www.humasbatam.com/2010/05/05/wako-sambut-batam-alternatif-utama-nonton-bareng-piala-dunia-2010/#comments Wed, 05 May 2010 11:01:19 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=11955 BATAM – Hiruk pikuk perhelatan olahraga sejagat “Piala Dunia 2010’ sepertinya mulai mewarnai Kota Batam, sebagai salah satu kota besar yang diperhitungkan di Indonesia dan berdekatan dengan Negara Singapura. Buktinya, Electronic City (EC) sebagai satu-satunya pemegang lisensi atas hak tayang Piala Dunia, berkunjung langsung menemui Walikota Batam, Ahmad Dahlan, untuk memberikan alternatif hiburan bagi warga Batam khususnya serta Singapura yang tidak mempunyai kesempatan untuk menggelar acara Nonton Bareng di negeri merlion tersebut dan sekaligus mengalihkannya ke Kota Batam.

Juana Ekowati, Managing Director Absolute sebagai perusahaan yang ditunjuk EC untuk mengkoordinir wilayah Batam sekitarnya mengatakan, bahwa kedatangannya ke Batam adalah atas perintah pemilik EC yang menugaskannya secara langsung untuk menghandle Kota Batam untuk menjadi bagian dari acara Piala Dunia 2010. Setelah menghubungi beberapa hotel, diperoleh respon yang sangat baik dari para pemilik dan manajemen hotel di Batam untuk melaksanakan acara Nonton Bareng Paiala Dunia 2010. Bahkan ada sebuah hotel ternama di Batam yang menargetkan mampu mendatangkan 3.000 pengunjung di malam final Piala Dunia tersebut.

Melihat letak strategis Batam yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia, EC merasa perlu mensosialisasikan dan menjual paket acara yang menarik ini kepada para wisatawan yang selalu melancong ke Batam. Melalui kerjasama yang baik dengan travel agent di Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, EC mencoba menawarkan paket acara yang menarik kepada para wisatawan yang datang ke Batam. Hal ini mendapat sambutan yang luar biasa dari Walikota Batam yang tentunya juga hal ini akan mendukung sekali program Visit Batam 2010.
Dalam hal ini, pihak Batam View Resort akan mentargetkan pengunjung dari Singapura, Malaysia, serta Taiwan dan Korea yang biasa berkunjung di kala weekend. Selain itu paket yang sama akan ditawarkan juga kepada pihak-pihak corporate atau perusahaan yang ada di Batam, termasuk komunitas-komunitas yang ada, misalnya komunitas para dokter, club mobil, dan lainnya. Guna memeriahkan rangkaian acara ini, pihak EC berjanji akan menyusun paket acara yang menarik dan akan menghadirkan artis-artis ibukota, serta menyediakan hadiah doorprize.
Dalam kesempatan ini pula, Walikota Batam menyampaikan bahwa Batam telah memiliki infrastruktur yang sangat memadai untuk wisata musiman tersebut mulai dari pelabuhan internasional di beberapa entry point serta utilitas hotel dan perkotaan serta dukungan manajerial sebagai daya tarik tersendiri bagi kunjungan para wisatawan.  Disamping itu pula disela-sela perhelatan Piala Dunia tersebut Batam juga telah menyusun beberapa agenda wisata sehingga memberikan alternatif kepada para pelancong seperti Pekan Flora dan Flori se ASEAN, Sea Eagle Boat Race serta Lomba Renang Selat Riau 10 Km akan menambah semarak dan kenyamanan kunjungan para wisatawan, ungkapnya optimis.

Sedangkan untuk daya tarik lain, Turi Beach Ressort dan Batam View Ressort tengah menawarkan paket menarik untuk para golfer lokal dan luar negeri untuk menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobbynya di kawasan Nongsa. Tiga kawasan golf yakni : Tering Bay, Palm Spring Golf dan Tamarine Golf bekerja sama untuk perhelatan event internasional “The Longest Drive International Tournament”.
Untuk kesuksesan pelaksanaan Nonton Bareng Piala Dunia 2010 ini Walikota secara langsung menyampaikan akan memberikan dukungan dengan mengangkat even tersebut sebagai  bagian dari program Visit Batam 2010, sehingga seluruh pihak yang berkepentingan di Kota Batam ini dapat memberikan dukungannya.
Kadisparbud Kota Batam, Guntur Sakti, dalam pertemuan ini menyampaikan hal senada mengenai dukungannya terhadap pihak EC dalam hal penyelenggaraan Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung 11 Juni-11 Juli 2010. Guntur Sakti merasa beruntung, karena tentunya dalam promosi dan pelaksanaan acara nanti gaung Visit Batam akan semakin menggema.
Masih menurut Guntur, dalam kurun waktu tiga bulan kedepan sejumlah acara telah disiapkan oleh pihaknya, diantaranya yaitu : Pemilihan Duta wisata dan Lomba renang Selat Riau sejauh 9800m yang diselenggarakan bersama TNI Angkatan Laut di Bulan Mei, di bulan Juni akan dilaksanakan Pekan Flori Flora, dan di Bulan Juli dijadwalkan akan dilaksanakan Sea Eagle Boat Festival, serta Asean Underground Festival. Semoga dengan hadirnya rangkaian acara tersebut target menghadirkan satu juta wisatawan bisa kita wujudkan, dan Batam semakin dikenal sebagai destinasi wisatawa dunia, ungkapnya optimis.

(*humas_crew/barb)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/05/05/wako-sambut-batam-alternatif-utama-nonton-bareng-piala-dunia-2010/feed/ 0
Wawako Hadiri Syukuran Satu Tahun SMPN 28 Batam http://www.humasbatam.com/2010/03/02/wawako-hadiri-syukuran-satu-tahun-penampatan-gedung-smpn-28/ http://www.humasbatam.com/2010/03/02/wawako-hadiri-syukuran-satu-tahun-penampatan-gedung-smpn-28/#comments Tue, 02 Mar 2010 04:27:24 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=11224 BATAM- Bersempena peringatan satu tahun penempatan gedung SMPN 28 Batam Kota, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Darul Ullum SMP 28 yang dilakukan oleh Wakil Walikota Batam, Minggu (28/02). Kepala Sekolah SMPN 28 Batam Kota Mardi S.Pd mengatakan SMPN 28 berdiri sejak tanggal 14 juni 2006 namun baru pada tanggal 2 maret 2009 baru menempati gedung baru ini. Mardi menjelaskan beberapa kegiatan telah dilakukan civitas SMPN 28 dalam memperingati penempatan gedung baru ini di antaranya Pendidikan dan pelatihan Teknologi Informasi (IT) bagi tenaga pengajar baik guru SMPN 28 dan beberapa SMPN di Batam. Kegiatan Diklat IT tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi dan pengetahuan IT kepaga tenaga pengajar.  Diklat tersebut diisi oleh narasumber yaitu Ono W purbo pakar IT Nasional, Socrates, Tundra Laksamana dan Herman Sawiran. “Selain kegiatan Diklat juga dilaksanakan kegiatan cerdas cermat antar kelas, pagelaran seni dan tari serta gerak jalan santai pada pagi hari ini ujar Mardi.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika merasa bangga kepada seluruh civitas SMPN 28 Batam. Dengan usia yang baru satu tahun telah melakukan pembinaan baik akademik, keterampilan, seni   dan yang terpenting adalah pembinaan mental melalui kegiatan keagamaan. Apresiasi juga diberikan Wawako kepada SMPN 28 yang telah melaksanakan Diklat IT bagi tenaga pengajar.

“Luar biasa SMPN 28 mengadakan Diklat IT  dengan  menghadirkan narasumber yang sangat kompeten,” puji Wawako.

Kegiatan Diklat tersebut sangat baik untuk memberikan pengetahuan kepada tenaga pegajar tentang teknologi. Dikatakan Wawako, sebagai pendidik dituntut harus  menguasai  teknologi yang berkembang sangat cepat.  Melalui teknologi informasi banyak hal bermanfaat yang dapat dipelajari dengan mencari apa saja di internet. Namun berbanding lurus dengan itu teknologi informasi  juga dapat di salah gunakan seperti penghinaan guru oleh murid melalui facebook di tanjung pinang. “Saya harap kejadian tersebut tidak tejadi di Batam,” ujar ria.

Diakhir sambutannya ria berpesan kepada seluruh civitas untuk terus meraih prestasi dan meningkatkan kualitas pendidikan sehingga nantinya SMPN 28 dapat menjadi sekolah unggulan di Kota Batam

Hadir dalam acara tersebut Camat Batam Kota Junaidi S.Sos, Lurah Belian Azlan Mastar, Ketua Komite SMPN 28 Kursin Mustadiharja dan orang tua murid siswa SMPN 28 Batam Kota.

(crew_humas/yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/03/02/wawako-hadiri-syukuran-satu-tahun-penampatan-gedung-smpn-28/feed/ 0
Keluarga Keturunan Nong Isa Terdapat di Nongsa http://www.humasbatam.com/2009/12/01/keluarga-keturunan-nong-isa-terdapat-di-nongsa/ http://www.humasbatam.com/2009/12/01/keluarga-keturunan-nong-isa-terdapat-di-nongsa/#comments Tue, 01 Dec 2009 08:44:55 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=10210 keluarga nong isaBATAM – Telah ditetapkan setiap tanggal 18 Desember  1829, merupakan Hari Ulang Tahun  (HUT) Kota Batam. Seperti pada tanggal 18 Desember 2009 yang jatuh pada hari Jumat ini, masyarakat Kota Batam untuk pertama kalinya merayakan HUT Kota Batam yang ke 180 tahun. Ditetapkannya tanggal 18 Desember sebagai HUT Kota Batam setelah melalui beberapa kali seminar. Akhirnya dari beberapa usulan, disepakati tanggal hari jadi Kota Batam merujuk pada sejarah Noeng Isa.

Cerita Noeng Isa ini bukan sekedar sejarah semata, namun sebagai bukti Noeng Isa pernah pemimpin di Batam, di Nongsa terdapat makam zhuriyat Noeng Isa. Bahkan sampai saat ini masih ditemukan ahli waris Noeng Isa yang menetap turun temurun di Batu Besar Kecamatan Nongsa.

Salah satu keturunan Noeng Isa adalah Raja Ibrahim yang kini telah berusia 77 tahun ini merupakan keturunan ke 7 dari Raja Isa. Raja Ibrahim merupakan anak dari Raja Dalilah (ibunya) dan Raja M Nur (ayahnya). Yang merupakan keturunan Noeng Isa menurutnya adalah ibunya, Raja Dalilah. Raja Ibrahim sendiri terdiri dari dua bersaudara yakni dengan Raja Upik. Ibarhim sendiri merupakan memiliki 11 orang anak dan yang masih hidup 9 orang. Dari silsilah keluarga, ibu Raja Dalilah bernama Raja Hawe (nenek Raja Ibrahim) dan suaminya, Raja Mahmud (kakek Raja Ibrahim).

Raja Hawe memiliki empat orang anak yaitu, Raja Dalilah, Raja Dolah, Raja Ramlah dan Raja Yusuf. Menurut cerita Raja Ibrahim, sebagian keluarga keturunan Raja Isa ada yang tinggal di Dabok Singkep dan Penyengat. Dari cerita yang ia peroleh, istri Noeng Isa, Daeng  Parani sebenarnya berasal dari Bugis yang merantau ke Batam. Karena usinya yang  sudah tidak muda lagi, pria kelahiran 1932 ini, tidak bisa mengingat banyak cerita tentang Noeng Isa tersebut. Yang masih jelas dalam ingatakannya adalah, bahwa saat ini makam yang terdapat di Nongsa merupakan makam kerabat Noeng Isa dan makam anaknya. Ceritanya, di daerah Nongsa tersebut terdapat tiga keramat, yakni keramat bumbum (awal), keramat tengah dan keramat puak (ujung). Keramat tengah menurutnya merupakan makam tempat zuriyat Noeng Isa yang kini tengah dipugar oleh Pemko Batam.

Mengenai makam Noeng Isa sendiri, memang tidak diketahui keberadaannya. Namun, berdasarkan keyakinan, makam Noeng Isa tersebut ada. Sampai akhirnya daerah tempat ia tinggal saat ini bernama Nongsa, karena orang Cina yang datang ke Batam tidak fasih berbahasa Indonesia, sehingga akhirnya menyebut Nongsa.

Kisah Pulau Putri

Salah satu tempat rekreasi yang terdapat di Kota Batam adalah Pulau Putri. Pulau Putri yang terletak di Batu Besar Kecamatan Nongsa ini tidak terdapat pemukiman masyarakat melainkan pos penjagaan. Masih cerita Ibrahim, Pulau Putri ini dulunya merupakan pulau kosong ini merupakan jelmaan naga yang ingin menyebrang ke Laut Cina. Namun naga tersebut keluar dari gua dan ternyata telah siang sehingga tidak sempat untuk sampai ke tujuannya ke Laut Cina. Dulu di pulau tersebut banyak ular dan pernah dinamakan dengan Pulau Naga hingga akhirnya berubah menjadi Pulau Putri. Dulu jika ada orang yang belum memperoleh anak, datang ke pulau tersebut bernazar sambil membawa sesajen.  (***)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/12/01/keluarga-keturunan-nong-isa-terdapat-di-nongsa/feed/ 2
2010 Kuota Raskin Kepri 12.740.220 Kg Dengan Jumlah Penerima 70.779 RTS http://www.humasbatam.com/2009/10/29/2010-kuota-raskin-kepri-12-740-220-kg-dengan-jumlah-penerima-70-779-rts/ http://www.humasbatam.com/2009/10/29/2010-kuota-raskin-kepri-12-740-220-kg-dengan-jumlah-penerima-70-779-rts/#comments Thu, 29 Oct 2009 09:46:21 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=9764

2010 Kuota Raskin Kepri 12.740.220 Kg Dengan Jumlah Penerima 70.779 RTS ft : Ader2010 Kuota Raskin Kepri 12.740.220 Kg Dengan Jumlah Penerima 70.779 RTS ft : AderBATAM-Tahun 2010 mendatang, jumlah penerima Raskin di Provinsi mengalami penurunan menjadi 70.779 Rumah Tangga Sasaran (RTS) atau 5,4 persen dari 74.601 tahun 2009.  Dengan kuota beras sebanyak 12.740.220 Kg, sedangkan pada tahun 2009 jumlah kuota sebanyak 13.428.180 Kg yang dialokasikan di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Alokasi masing-masing kepala keluarga 15 Kg setiap bulannya dengan harga Rp1.600 per Kg. Kepala BPMD Provinsi Kepri, Yusrizal mengatakan untuk penyaluran Raskin tahun 2009 hingga Bulan September sudah terealisasi 10.071.135 Kg.

Sementara untuk Kota Batam, quota Raskin tahun 2009 sebanyak 6.517.260 ton dengan jumlah penerima Raskin sebanyak 36.207 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Sampai dengan September 2009, jumlah Raskin yang sudah disalurkan sebanyak 5.050.875 Kg. Dengan demikian Raskin yang belum didistribusikan 1.466.385 Kg. Agar penyaluran Raskin di Kota Batam tepat sasaran maka dalam penyalurannya menggunakan Kartu Kendali yang disiapkan diberikan oleh Divisi Regional Bulog Riau dan telah diserahkan ke Bagian Perekonomian Pemko Batam. Kartu Kendali yang diberikan berjumlah 36.207 dan telah diberi nomor oleh Bagian Perekonomian. Kartu Kendali ini telah didistribusikan kepada masing-masing lurah untuk diserahkan ke RT/RW setempat.

Untuk mengevaluasi program Raskin 2009 dan perencanaan program Raskin 2010, Kamis (29/10) digelar Pertemuan Regional Program Raskin di Kantor Walikota yang diikuti oleh Divisi Regional se Sumatera. Acara yang dibuka oleh Arif MM, Asisten Administrasi Umum ini dihadiri oleh Koordinator Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Perlindungan Sosial dan Perlindungan Rakyat, Adang Setiaya. Tujuan diselenggarakannya pertemuan ini untuk melakukan evaluasi penyaluran Raskin tahun 2009.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Yusrizal dalam pertemuan kemarin tentang program Raskin tahun 2009, bahwasanya masih ditemui kendala-kendala dalam pendistribusiannya. Kendala yang dihadapi, bahwa harga jual Raskin di lapangan diatas harga yang ditentukan. Belum lagi kualitas beras Bulog dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan. Termasuk data jumlah penerima Raskin tidak sesuai dengan data BPS yang menyebutkan bahwa data penerima Raskin jumlahnya lebih kecil.

“Jarak dari titik distribusi sampai ke RTS menimbulkan biaya dan dibebankan kepada RTS. Ini lah yang menyebabkan ditemukannya harga Raskin diatas Rp1.600 per kilo. Namun kita terus melakukan evaluasi terhadap pendistribusian Raskin ini,” tuturnya.

Provinsi Kepri merupakan salah satu provinsi yang telah menyelenggarakan Raskin otonomi. Dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri, baru Natuna, Lingga dan Tanjung Pinang yang melakukan program Raskin Otonomi. Sementara itu, Waris Watiwiri, Direktur Pelayanan Publik Perum Bulog menjelaskan ada tiga criteria mereka yang berhak menerima Raskin, sangat miskin, miskin dan hamper miskin. Secara nasional kuota Raskin tahun 2009 sebesar 2,7 juta ton dan sudah terealisasi 2,61 juta ton atau 94,5 persen.

Mengenai kualitas beras yang menurun, Waris menjelaskan bahwa beras diperoleh dari petani di Indonesia. Beras yang dihasilkan masih kualitas medium dan baru disalurkan pada enam bulan kemudian setelah dipanen. Untuk itu, jika kualitas beras tidak sama dengan kualitas beras yang dijual di pasar maka dapat dimaklumi karena tingkatannya belum bisa menyamai beras premium. Untuk pendistribusian Raskin, Waris mengatakan bahwa Bulog mendistribusikannya hanya sampai pada titik distribusi.

“Program Raskin sudah berjalan 10 tahun. Pada awalnya memang kurang baik dalam pendistribusiannya, namun terus kita evaluasi sehingga keluhan dari masyarakat semakin kecil,” ungkapnya.

Daerah lain yang turus serta dalam kegiatan ini antara lain, Ketua Tim Koordinasi Raskin Tingkat Provinsi dan Kepala Divre Perum Bulog dari Provinsi NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Riau dan Lampung. Kemudian diikuti oleh Ketua Tim Koordinasi Raskin Tingkat Kabupaten/Kota dan kepala subdivre di wilayah Provinsi Kepri.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/10/29/2010-kuota-raskin-kepri-12-740-220-kg-dengan-jumlah-penerima-70-779-rts/feed/ 0
Wawako Buka Kegiatan JOTA-JOTI di Engku Putri http://www.humasbatam.com/2009/10/19/wawako-buka-kegiatan-jota-joti-di-engku-putri/ http://www.humasbatam.com/2009/10/19/wawako-buka-kegiatan-jota-joti-di-engku-putri/#comments Mon, 19 Oct 2009 01:01:14 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=9625 *Promosikan Visit Batam 2010 Melalui JOTA & JOTI

Wawako Buka Kegiatan JOTA-JOTI di Engku Putri ft : JokoWawako Buka Kegiatan JOTA-JOTI di Engku Putri ft : JokoBATAM – Selama tiga hari sejak Jumat (16/10) hingga Minggu (18/10) kemarin telah digelar kegiatan Jambore On The Air (JOTA) Nasional ke-52 dan Jambore On The Internet (JOTI) ke-66 tahun 2009. Kegiatan ini diselenggarakan di Dataran Engku Putri dan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika.
Wawako mengungkapkan rasa senangnya dengan diselenggarakannya kegiatan ini, karena bisa mensosialisasikan langsung kepada masyarakat. Selama ini kegiatan jambore lebih pada kegiatan fisik, namun kali ini dipadukan dengan jambore radio secara internasional dan internet secara internasional. Tujuan digelarnya JOTA JOTI ini untuk mengenalkan teknologi pada anak-anak pramuka dan menghubungkan antara negara dibawah skop internasional.

”Di Batam kegiatan ini merupakan yang pertama. Peserta yang ikut serta sebanyak 300 orang dari tingkat SD hingga SMA. Untuk tingkat SD atau siaga, kita harapkan ini bisa membuka wawasan mereka,” kata Ria usai membuka kegiatan JOTA JOTI.
Melalui komunikasi menggunakan media radio ini anak-anak bisa berkomunikasi dengan dunia dan mereka akan mendapatkan QSL Card. Adapun hal yang akan dikomunikasikan yakni terkait ikon dari masing-masing daerah. Untuk Batam, anak-anak pramuka akan mempromosikan kegiatan Visit Batam 2010.
Kegiatan ini diikuti oleh Kwartir Cabang 3203 Gerakan Pramuka Batam dan bekerja sama dengan Organisasi Amatir Radio (ORARI) Lokal Batam, Batam Bloger Comunity (BBC) dan kelompok pecinta alam. Kwartir Nasional meminta Kwartir Daerah untuk menyelenggarakan kegiatan JOTA JOTI ditingkat Kwarda. Melalui kegiatan ini anggota pramuka dapat melakukan sharing kegiatan baik melalui udara maupun internet.

Melalui kegiatan JOTA JOTI ini, maka seluruh peserta dapat melakukan hubungan dibidang kepramukaan dengan seluruh peserta pramuka yang ada di dunia, baik melalui media radio maupun internet.Saptarika yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Batam mengharapkan melalui kegiatan JOTA JOTI ini dapat terwujud persaudaraan dengan dunia luar. Tujuan digelarnya kegiatan JOTA JOTI ini agar peserta lebih terampil dan lebih mengenal perkembangan teknologi informasi baik melalui radio maupun internet.
Ditingkat Asia Pasifik kegiatan JOTA JOTI ini telah dibuka pada Jumat (31/7) sampai dengan Minggu (2/8) 2009. Dalam kegiatan tingkat Asia Pasifik ini mempertemukan anggota pramuka seluruh Indonesia dan Asia Pasifik dengan menggunakan media radio dan internet.

(*humas_crew/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/10/19/wawako-buka-kegiatan-jota-joti-di-engku-putri/feed/ 1
JCH Asal Batam Harus Bersikap Positif & Menjaga Nama Baik Batam http://www.humasbatam.com/2009/10/14/jch-asal-batam-harus-bersikap-positif-menjaga-nama-baik-batam/ http://www.humasbatam.com/2009/10/14/jch-asal-batam-harus-bersikap-positif-menjaga-nama-baik-batam/#comments Wed, 14 Oct 2009 00:34:55 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=9533 Untuk Pertama Kalinya, JCH Gunakan Paspor Hijau

JCH Asal Batam Harus Bersikap Positif & Menjaga Nama Baik Batam ft : IrwansyahBATAM - Sebanyak 364 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Batam, Selasa (13/10) dilepas oleh Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan dan mengikuti kegiatan Manasik Haji. Pelepasan JCH Kota Batam digelar di Masjid Raya, Batam Centre yang ditandai dengan prosesi tepuk tepung tawar kepada perwakilan JCH oleh Wako dan Wawako, Ria Saptarika. Dari 1.404 JCH asal Provinsi Kepri, sebanyak 364 diantaranya merupakan JCH asal Kota Batam. M Dirham selaku Ketua Pelaksana merinci jumlah JCH perempuan berjumlah 197 orang dan JCH laki-laki berjumlah 167 orang.  Dengan JCH yang tertua adalah Janiah (82) dan yang termuda yakni Ema Pratiwi (25).  
Katanya, Batam terbagi dalam dua kelompok terbang (Kloter). JCH Batam dibagi dalam dua Kloter yakni Kloter 4 dan Kloter 22. Pada Kloter 4, jumlah JCH yang akan berangkat berjumlah 251 orang dan mulai masuk ke asrama pada 25 Oktober, berangkat ke Jedah 26 Oktober 2009. Untuk Kloter 22, jumlah JCH sebanyak 133 orang dan masuk asrama pada 13 November, berangkat ke Jedah 14 November. Untuk sarana para JCH menurutnya telah siap keseluruhannya dan koper JCH diberikan secara gratis. Termasuk domestic embarkasi Rp60 ribu telah dibayar oleh pada jamaah.

“Selain JCH asal Kepri, embarkasi lain yang berangkat lewat Batam yakni embarkasi Riau, Jambi dan Kalbar. Untuk Kloter pertama yang diantaranya embarkasi Jambi dan Natuna,” ujar Dirham.

Kepala Kanwil Depag Kepri, Rajali Jaya menambahkan bahwa persiapan penyelenggaraan haji 1430 Hijriah sudah selesai. Mulai dari persiapan haji di tanah haji, mulai dari akomodasi, transportasi dan komsumsi sudah siap dilaksanakan pemerintah. Secara nasional persiapan juga telah dilakukan dengan telah dilaksanakannya kegiatan kur’ah untuk penempatan jamaah. Pemerintah telah siap memberikatkan JCH mulai dari Kloter 1 hingga Kloter 22.

Keberangkatan JCH tahun 2009 ini ada keistimewaan yakni dengan digunakannya Paspor Hijau. Selama ini, JCH yang berangkat menggunakan Paspor Coklat. Penggunaan Paspor Hijau ini menurutnya berdasarkan permintaan pemerintahan Saudi Arabia, agar seluruh JCH menggunakan Paspor Hijau. Persiapan di embarkasi dan provinsi ditandai dengan telah dilaksanakannya Pelantikan Panitia Haji Indonesia (PPIH).

“Untuk jadwal pemberangkatan dan pemulangan kita tetap menggunakan Saudi Air Lines dan untuk Kloter 1 berangkat pada 22 Oktober. Mengenai kuota haji pemerintah menetapkan mengacu pada jumlah penduduk. Untuk di Kepri jumlah JCH yang masuk waiting list akan berangkat pada tahun 2014 mendatang,” pungkasnya.

Sebelum prosesi Tepuk Tepung Tawar digelar, Wako memberikan arahan kepada seluruh JCH yang hadir pagi hari itu. Ia mengatakan, dengan telah digunakannya Paspor Hijau itu, JCH bisa menggunakannya untuk jalan-jalan ke Negara lain seperti Eropa, Palestina dan Turki. Dalam arahannya, Walikota berpesan agar JCH asal Batam dapat melaksanakan ibadah haji sesuai manasik. Yang paling penting adalah, JCH dapat menjaga nama baik Batam selama menjalani ibadah haji di tanah suci.

Ia yakin JCH asal Batam dapat menjaga nama baik Batam, karena jamaah yang berangkat merupakan orang-orang pilihan. Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh jamaah agar dapat melakukan hal-hal yang positif selama di tanah suci, karena itu akan mencerminkan wajah Batam. Pesan lain yang disampaikannya agar jamaah dapat mendoakan Bangsa Indonesia agar terhindar dari musibah dan bencana. Dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara Pelepasan Jamaah Haji dan Manasik Haji itu, Wako mengajak masyarakat Batam untuk menghadiri doa bersama di Masjid Raya pada Sabtu (17/10) mendatang.

”Dengan telah digunakannya Paspor Hijau dan dengan kemudahan yang diberikan kepada calon jamaah haji yang akan berangkat, maka akan menjadikan jamaah yang bagus sekembalinya dari tanah suci,” ujar Wako.

Dalam kesempatan itu Wako juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh calon jamaah haji. Pemko, ujarnya, akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh jamaah calon haji yang akan berangkat. Apabila pelayanan yang diberikan kurang baik, Wako mengharapkan agar JCH dapat menyampaikan langsung. Untuk terus memberikan pelayanan kepada JCH, Pemko sengaja mengirimkan pendamping untuk memfasilitasi.

Acara Tepuk Teppung Tawar dan Manasik Haji itu dihadiri oleh Ketua MUI Kepri, Azhari Abbas, Kepala Bapeko, Wan Darusalam, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemko Batam dan tokoh masyarakat Batam.(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/10/14/jch-asal-batam-harus-bersikap-positif-menjaga-nama-baik-batam/feed/ 0
Ketua PKK Kota Batam Saksikan Pagelaran Tari dan Peresmian Kantin Bernuansa Melayu http://www.humasbatam.com/2009/10/08/ketua-pkk-kota-batam-saksikan-pagelaran-tari-dan-peresmian-kantin-bernuansa-melayu/ http://www.humasbatam.com/2009/10/08/ketua-pkk-kota-batam-saksikan-pagelaran-tari-dan-peresmian-kantin-bernuansa-melayu/#comments Thu, 08 Oct 2009 07:07:01 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=9410 Ketua PKK Kota Batam Saksikan Pagelaran Tari dan Peresmian Kantin Bernuansa Melayu ft :AderBATAM -Masih dalam rangka memperingati 1 Syawal 1430 H, SMP Negeri 20 menggelar acara halal bihalal, Kamis (8/10). Acara halal bihalal ini disejalankan dengan peresmian Kantin Sehat Sri Madani yag diresmikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan. Peresmian kantin ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ibu Walikota dan disaksikan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 20 Diansyah serta seluruh tamu undangan.
Dalam kesempatan itu Mariana mengungkapkan bahwa keberadaan kantin sekolah sangat penting. Sehingga anak-anak dapat memamfaatkan waktunya untuk beristirahat dan berbelanja di dalam lingkungan sekolah. Ia mengharapkan agar sekolah-sekolah lain dapat mendirikan kantin sehat bagi anak didiknya. Dalam hal ini keterkaitan dengan PKK Mariana menjelaskan kegiatan ini masuk pada program Pokja I menyangkut generasi muda.

“Kantin ini merupakan kantin kreatif. Karena makanan yang disajikan makanan khas melayu. Jika bukan kita yang melestarikan kantin ini siapa lagi,” ujar Mariana.

Jenis makanan yang dijual di kantin ini diantaranya nasi lemak, serta penganan melayu lainnya. Memeriahkan acara halal bihalal kemarin diisi dengan beragam pagelaran kesenian dibawah binaan Kepsek SMP Negeri 20 Diansyah. Tari-tarian yang ditampilkan langsung dibawakan oleh pelajar di sekolah ini. Tidak hanya murid yang tampil, para guru juga tidak mau ketinggalan menampilkan tarian “joged 60″.

Melihat berbagai tarian yang ditampilkan oleh pelajar SMP Negeri 20, Mariana memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anak-anak dan petugas yang terlibat dalam acara ini. Dari pagelaran yang ditampilkan, ia melihat anak-anak begitu antusias membawakannya.

“Dengan Kepsek seorang seniman, maka bakat anak-anak di sekolah ini menjadi terarah. Dihari kemenangan ini kita saling menyadari bahwa banyak kesalahan yang kita lakukan tanpa kita menyadarinya. Untuk itu mari kita saling memaafkan dihari yang fitri ini,” pungkasnya.

Ketua panitia acara, Citra Widya dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Ibu Walikota Batam selaku Ketua Tim Penggerak PKK beserta seluruh anggota PKK lainnya. Sementara itu Diansyah mengatakan bahwa sekolah tersebut diciptakan sebagai sekolah berwawasan seni.

Katanya, dengan berlatar belakang seni akan membuat sekolah menjadi indah. Selain menampilkan tari-tarian, acara juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Bukhori Hadi. Ceramah agama ini diselingi dengan menampilkan tari-tarian yang membuat acara semakin semarak. Dalam kesempatan itu Ibu Walikota menyanyikan sebuah lagu begitu juga dengan Kepsek 20. Acara siang itu ditutup dengan penampilan pelajar SMP Negeri 20 yang menampilkan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

(*crew_humas/dv)

foto lainnya **

Ketua PKK Kota Batam Saksikan Pagelaran Tari dan Peresmian Kantin Bernuansa Melayu ft :AderKetua PKK Kota Batam Saksikan Pagelaran Tari dan Peresmian Kantin Bernuansa Melayu ft :Ader



]]>
http://www.humasbatam.com/2009/10/08/ketua-pkk-kota-batam-saksikan-pagelaran-tari-dan-peresmian-kantin-bernuansa-melayu/feed/ 1
Besok, Anggota DPRD Kota Batam Secara Resmi Diambil Sumpah/Janji http://www.humasbatam.com/2009/08/28/besok-anggota-dprd-kota-batam-secara-resmi-diambil-sumpahjanji/ http://www.humasbatam.com/2009/08/28/besok-anggota-dprd-kota-batam-secara-resmi-diambil-sumpahjanji/#comments Fri, 28 Aug 2009 08:55:22 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=8825 IMG_0433IMG_0428BATAM - Sebanyak 45 orang anggota DPRD Kota Batam terpilih periode 2009 – 2014 besok secara resmi akan diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Batam dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Batam.

Dalam gladi bersih yang dilaksanakan hari Jum’at (28/8) sore tadi, sebagian besar anggota DPRD yang baru dan akan diambil sumpahnya nampak hadir dengan menunjukkan wajah yang riang serta sebagian terlihak ‘kikuk’ menjalani geladi yang digelar oleh Sekretariat DPRD Kota Batam tersebut.

Sebagai unsur pimpinan sementara sebagaimana mekanisme dan aturan yang ada ditunjuk dari Anggota DPRD Batam yang berasal dari Partai Politik pemilik kursi terbanyak pertama dan kedua yaitu Partai Demokrat dan Partai PDI Perjuangan.

Dari tamu dan undangan yang hadir dalam geladi tersebut termasuk para wartawan media cetak dan elektronik menunjukkan harapannya dengan kehadiran anggota DPRD Kota Batam yang didominasi wajah-wajah baru tersebut akan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat yang telah memilih mereka.

Berikut Beberapa Nama-nama Anggota DPRD Kota Batam Yang Akan Dilantik :

@Basri Harun, H. M. Musofa, Firman, Suwandi,  St Panahatan Sitorus, Sallon Simatupang, Aris Hardy Halim, Riki Indrakari, Sukaryo, Siti Nurlailah,Udin P Sihaloho, Nuryanto, Hj. Rekaveny, Ganda Tiur, T. Erikson Pasaribu, Ruslan Kasbulatov, Surya Sardi, Mesrawati, Helmy Hemilton, M. Yunus, Agustinus Purba, Jahuin Hutajulu, M. Yunus, M. Yunus, Asmin Patros, Ruslan Ali Wasyim, Zaenal Abidin, Rusmini Simorangkir, Riki Solichin, Rudi, M. Jeffry, Windarti Wahyuningsih, Mawardi Harni, Edward Brando, Yudi Kurnain, Askan Asrul Sani, Tuahman Purba, Yohanes, Belifmen Sijabat,Djoko Martono, Eddy C Lummawie, Irwansyah, Idawati Nursanti, Diana Titik Windayati, Nurita Aslinda@.

(*humas_crew/ttn)

]]> http://www.humasbatam.com/2009/08/28/besok-anggota-dprd-kota-batam-secara-resmi-diambil-sumpahjanji/feed/ 0