Website Bagian Humas Setdako Batam » Sukseskan Pemilu 09 http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Wed, 02 Feb 2011 05:50:26 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Wako Batam Bersama Muspida Tinjau Kesiapan TPS Untuk Pilpres http://www.humasbatam.com/2009/07/07/wako-batam-bersama-muspida-tinjau-kesiapan-tps-untuk-pilpres/ http://www.humasbatam.com/2009/07/07/wako-batam-bersama-muspida-tinjau-kesiapan-tps-untuk-pilpres/#comments Tue, 07 Jul 2009 11:42:20 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=7845 Wako Tinjau TPS Pilpres di Bengkong  Foto by; irwansyah (101)Wako Tinjau TPS Bulang Foto by; irwansyah (134)BATAM - Walikota Batam, Ahmad Dahlan beserta Muspida Batam melakukan pengecekan secara langsung terhadap beberapa TPS di Batam secara acak terkait dengan kelengkapan administrasi maupun logistik dalam penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2009.

Pada kesempatan awal, rombongan menuju ke kawasan perumahan Citra Residence di kawasan Batam Centre tempat TPS 09 dan 10 Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota. Disana para petugas dan PPS tengah mempersiapkan berbagai kelengkapan TPSnya untuk Pemilu Pilpres yang akan diselenggarakan keesokan harinya.

Selanjutnya menuju ke kawasan Baloi Indah tepatnya di TPS 002 Kelurahan Baloi Indah Kecamatan Lubuk Baja. Dilokasi yang termasuk pemukiman paling tua di Batam tersebut, kehadiran para petinggi Batam disambut oleh panitia yang didominasi kaum ibu yang sudah paruh baya dan berumur antara 50 – 60 tahun dengan gaya khasnya tersendiri.

Setelah itu, Wako Batam beserta rombongan menuju ke kavling Seraya TPS 16 dan 17 Kelurahan Kampung Seraya Kecamatan Batu Ampar serta TPS 14  Bengkong Baru Kelurahan Bengkong Indah Kecamatan Bengkong serta TPS 01 dan 02 Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, saat wawancara dengan media setelah peninjauan tersebut mengatakan secara umum kesiapan para penyelenggara Pemilu Presiden dan Wapres RI sudah mencapai tahap yang maksimal dan semua hal yang berpotensi untuk mengganggu pelaksanaan Pemilu tersebut dengan bantuan semua pihak terkait seperti pihak kepolisian, KPU, Panwaslu, Kejaksaan maupun Pengadilan akan segera dapat diantisipasi, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wako juga menghimbau seluruh warga Batam yang sudah terdaftar dalam DPT maupun warga yang memiliki KTP dan KK supaya menggunakan hak pilihnya dengan baik dengan mengedepankan ketentuan yang berlaku, harapnya lagi.

(*humas_crew/ttn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2009/07/07/wako-batam-bersama-muspida-tinjau-kesiapan-tps-untuk-pilpres/feed/ 0
Besok Resmi Hari Libur Nasional Untuk Pemungutan Suara Pilpres http://www.humasbatam.com/2009/07/07/besok-resmi-hari-libur-nasional-untuk-pemungutan-suara-pilpres/ http://www.humasbatam.com/2009/07/07/besok-resmi-hari-libur-nasional-untuk-pemungutan-suara-pilpres/#comments Tue, 07 Jul 2009 09:47:12 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=7823 Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Agussahiman, SH, f;der IMG_3924BATAM – Sebagaimana pada penyelenggaraan pesta demokrasi di Indonesia sebelumnya, esok (8/7/2009) juga dinyatakan sebagai hari libur Nasional.  Sekretaris Daerah Kota Batam Agussahiman, pada Senin (6/07) yang lalu telah menyurati seluruh SKPD dil lingkungan Pemko Batam sehubungan dengan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2009.

Pemberitahuan tersebut merupakan tindaklanjut surat Gubernur Kepri Nomor 567/BKD/VII/2009 tanggal 3 Juli 2009 perihal pemberitahuan hari libur Nasional saat Pilpres 8 Juli 2009. Dalam surat tersebut Walikota Batam menyampaikan kepada seluruh pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Batam, tanggal 8 Juli 2009 ditetapkan sebagai hari yang diliburkan. Hal tersebut merujuk pada Keputusan Presiden RI nomor 17 tahun 2009 tentang penetapan hari pemungutan suara pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2009 sebagai hari libur nasional.

Merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 tahun 2009 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pilpres 2009 sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 45 tahun 2009, telah ditetapkan hari Rabu, 8 Juli 2009 sebagai hari dan tanggal pemungutan suara dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Agussahiman menghimbau kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemko Batam untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2009. Dan untuk kelancaran proses pelaksanaan pilpres tersebut, diminta kepada seluruh pimpinan unit kerja agar terus melakukan pemantauan dan pengawasan sebelum dan sesudah hari libur pemilu yaitu hari Selasa 7 Juli dan hari Kamis 9 Juli, serta memberikan sanksi yang tegas bagi pegawai yang tidak masuk kerja pada tanggal tersebut diatas dengan melaporkannya kepada Walikota Batam melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam pada kesempatan pertama.

Agussahiman mengingatkan semua pihak untuk melaksanakan pilpres yang didasari rasa persaudaraan, persatuan, rasa berbangsa dan bertanah air. “Mari kita tunjukkan pada masyarakat dunia, bahwa demokrasi berkembang dengan baik di Indonesia , terutama Batam bahwa rakyat yang berdaulat, rakyat yang menentukan pemimpin bangsa dengan damai”, tambahnya.

(*humas_crew/nn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2009/07/07/besok-resmi-hari-libur-nasional-untuk-pemungutan-suara-pilpres/feed/ 0
Dahlan Dukung Kesuksesan Pilpres Secara Berjenjang, Koordinatif dan Bertanggungjawab http://www.humasbatam.com/2009/05/11/dahlan-dukung-kesuksesan-pilpres-secara-berjenjang-koordinatif-dan-bertanggungjawab/ http://www.humasbatam.com/2009/05/11/dahlan-dukung-kesuksesan-pilpres-secara-berjenjang-koordinatif-dan-bertanggungjawab/#comments Mon, 11 May 2009 09:05:50 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=7094 Wako Batam, saat menghadiri salah satu acara dgn KPU-f-i_one-381BATAM - Walikota Batam Ahmad Dahlan menghadiri rapat koordinasi terkait DPS pemilu presiden dan wakil presiden tadi pagi (11/05) di lantai 4 kantor Walikota Batam. Pada kesempatan tersebut  Walikota secara tegas meminta kepada seluruh Camat dan Lurah se Kota Batam untuk ikut serta mensukseskan pilpres ini sesuai dengan peran strategisnya dilapangan.Diterbitkannya Peraturan Presiden No 2 Tahun 2009 tentang bantuan dan fasilitas pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Pemilu serta Peraturan Presiden No 4 Tahun 2009 tentang dukungan kelancaran penyelenggaraan Pemilu, maka dikeluarkannya surat edaran oleh Mendagri No 270/711/SJ bersifat segera tentang bantuan, fasilitas dan dukungan pemerintah daerah dalam melaksanakan Pemilu Tahun 2009. Surat yang ditujukan bagi Gubernur dan bupati/Walikota se-Indonesia tersebut secara jelas meminta agar pemerintah daerah yang telah menetapkan APBD TA 2009, agar melakukan berbagai langkah untuk mensukseskan kegiatan pemilu.

Ketua Pokja pendataan pemilihan KPU Kota Batam, H. Ngaliman, SE, mengatakan kendala  yang dihadapi saat ini mulai dari proses entri data para pemilih karena keterbatasan komputer. Mobilitas masyarakat yang cukup tinggi dan kurangnya kepedulian warga menjadi salah satu kendala juga. KPU Batam telah mengadakan supervisi ke PPS hasil evaluasi 12 PPK dan sampai saat ini telah mencapai 80 persen untuk diumumkan menjadi DPS Pilpres.

Anggota KPU Provinsi, Tibrani, membahkan keberhasilan pilpres 2009 sangat terkait dengan DPS, karenanya dibutuhkan management Quality Control terhadap pemindahan DPT legislatif menjadi DPS pilpres dan mendata ulang pemilih yang baru mendaftar. “Suasana pilpres lebih longgar daripada pemilu legislatif yang lalu, karena berbasis domisili atau wilayah pemilik bukan KTP, katanya lagi.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan Drs Sadri Khairuddin, data base jumlah penduduk yang mendaftar di dinas kependudukan atau membuat KTP bertambah sebanyak 31.409 orang dari jumlah penduduk yang telah terdaftar saat pemilu legislatif yang lalu. Jadi secara tidak langsung DPS untuk pilpres bertambah 31.409 orang.

Pemprov maupun Pemkab/Pemkot diberikan kewenangan membantu pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang-undangan berkaitan dengan Pemilu. Pemerintah daerah juga diminta untuk mendukung kelancaran transportasi pengiriman logistik pemilu.Dengan dasar surat tersebut, pemerintah daerah juga diminta membantu monitoring penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wapres serta kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan dengan dikeluarkannya peraturan terkait Pemilu tersebut, pemerintah daerah ditugaskan untuk membentuk tim koordinasi yang diketuai Sekretaris Daerah Provinsi dan anggotanya terdiri dari instansi serta lembaga terkait, pungkasnya disela-sela rapat tersebut.

Sementara KPU Pusat sebelumnya telah melarang KPUD provinsi dan kabupaten/kota mengajukan permohonan bantuan dana kepada pemerintah daerah untuk mensukseskan Pemilu. Sebab dikhawatirkan berpotensi membuka peluang korupsi. Ini lantaran UU Nomor 10/2008 tegas mencatumkan bahwa anggaran Pemilu hanya bersumber dari APBN

(*ttn & nn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2009/05/11/dahlan-dukung-kesuksesan-pilpres-secara-berjenjang-koordinatif-dan-bertanggungjawab/feed/ 0
Sekdako : Minimalisir Permasalahan DPT Dengan Proaktif ke RT/RW Setempat http://www.humasbatam.com/2009/04/23/sekdako-minimalisir-permasalahan-dpt-dengan-proaktif-ke-rtrw-setempat/ http://www.humasbatam.com/2009/04/23/sekdako-minimalisir-permasalahan-dpt-dengan-proaktif-ke-rtrw-setempat/#comments Thu, 23 Apr 2009 09:21:26 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6872 Sekdako, Agussahiman, f;derBATAM - Setelah penyelenggaraan Pemilu Legislatif pada tanggal 9 Apil 2009 yang lalu, pekerjaan yang sejenis juga sudah menanti kita semua yaitu Pemilu Presiden dan Wakil Presiden republik Indonesia yang akan dihelat pada awal bulan Juli 2009. Untuk mempersiapkan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, mengacu pada Undang-undang Nomor 42 tahun 2008 pasal 3 angka (6) huruf (a) tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, yang menyatakan bahwa tahapan awal penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden adalah penyusunan daftar pemilih, maka melaksanakan amanat pasal 29 angka (1) disebutkan KPU, KPU Prov/Kab/Kota dan PPS menggunakan DPT Pemilu legislatif sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Sekdako, Agussahiman, tadi pagi (17/04) bertempat di Kantor Walikota Batam mengingatkan masyarakat yang tidak terdaftar pada Pemilu legislatif yang lalu, untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih tetap untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 Kota Batam dengan mendaftarkan kepada petugas PPDP, RT/RW dan kelurahan setempat.

“Untuk meminimalisir permasalahan DPT sebagaimana pelaksanaan Pemilu Legislatif yang  diwarnai kekisruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka seyogyanya masyarakat pro-aktif mengsisi formulir pengisian pemutakhiran data pemilu Presiden dan Wapres”, katanya dengan mimik serius.

Sejumlah masalah yang muncul akibat kekisruhan DPT itu di antaranya banyak masyarakat yang memiliki hak pilih, tetapi tak dapat memilih karena tak tercantum di DPT atau ada juga masyarakat yang tidak atau belum memiliki hak pilih tetapi namanya tercantum, dan ada juga namanya yang tercantum beberapa kali.

Masih menurut Sekdako Batam, untuk menghindari adanya masyarakat yang memiliki hak, namun tidak terdaftar, KPU telah mengintruksikan pada KPU Kota / Kab untuk melakukan pemutahiran data Pemilu secermat mungkin dengan bantuan perangkatnya yang sampai ke tingkat kelurahan dan RT/RW, katanya . Dalam waktu dekat KPU Kota  Batam diminta untuk mengumumkan DPS Pemilu Presiden sehingga warga dapat melakukan cross-check masuk tidaknya dalam DPS tersebut untuk selanjutnya diperbaiki.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si menambahkan, selain KPU beserta perangkatnya sebagai penyelenggara Pemilu, Unsur Camat, Lurah, RT/RW juga diminta supaya proaktif dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat sesuai jenjang dan tingkatannya untuk aktif memeriksa apakah dirinya telah terdaftar atau belum, katanya.

Pengumuman dilaksanakan dikelurahan dan kantor kepala desa. Kerja sama RT/RW untuk mengumumkan DPS Pemilu Presiden.
Terpisah, Walikota Batam, Ahmad Dahlan berharap, upaya sosialisasi dengan memberdayakan semua pihak seperti saat ini, diharapkan pada pemilu presiden mendatang tidak ada lagi masyarakat yang protes karena belum terdaftar sebagai pemilih tetap. “Pemilih yang tidak tercatat di DPT pemilu legislatif, harus dicatat di DPT pemilu Presiden” tegasnya lagi.

Wako juga menegaskan apabila terdapat masyarakat yang tidak memenuhi syarat dan masih tercantum dalam daftar pemilih sementara pemilu presiden harus dicoret.

Jumlah Pemilih pada Pemilu Presiden bisa saja berubah, dikarenakan bertambahnya pemilih yang sudah mempunyai hak pilih, sedangkan berkurangnya pemilih karena pindah domisili atau meninggal dunia.

Agar hak pilih masyarakat yang belum terakomodasi dalam DPT Pileg 2009 tidak kembali terulang, mengacu pada Peraturan KPU No. 42 Tahun 2009, KPU sebagai lembaga pelaksana pemilu membuka pemutakhiran data kependudukan dengan urutan sebagai berikut ; Tanggal 10 Mei 2009 : KPU melakukan pemuktahiran Data Pemilih Tetap (DPT); selanjutnya tanggal 1 – 17 Mei 2009: Masa tenggang menunggu tanggapan dari masyarakat. Selanjutnya tanggal 17 Mei 2009 : PPS dan PPK mengumumkan secara terbuka kepada masyarakat melalui media yang ada; tanggal 18-20 Mei 2009 : PPS dan PPK menunggu masukan masyarakat terkait DPT tersebut. Dan pada tanggal  20 Mei 2009 : KPU mengumumkan DPT secara resmi dan terbuka.

(*ttn&nn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2009/04/23/sekdako-minimalisir-permasalahan-dpt-dengan-proaktif-ke-rtrw-setempat/feed/ 2
Bantu Pemutakhiran Data Pemilih, Mendagri Terbitkan Surat Edaran http://www.humasbatam.com/2009/04/17/bantu-pemutakhiran-data-pemilih-mendagri-terbitkan-surat-edaran/ http://www.humasbatam.com/2009/04/17/bantu-pemutakhiran-data-pemilih-mendagri-terbitkan-surat-edaran/#comments Fri, 17 Apr 2009 07:31:27 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6797 Kabag Humas, saat memberi info ke media f;der-img_4495Wako Batam Akan Pantau Terus Tahapan Pemilihan Capres dan Cawapres

BATAM – Daftar pemilih tetap (DPT) menjadi salah satu masalah yang krusial di Pemilihan Legislatif. Menteri Dalam Negeri Mardiyanto pun berharap persoalan tersebut tidak terulang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.Surat edaran Mendagri No 270/1270/SJ/2009 pun diterbitkan. Surat itu memerintahkan kepada gubernur agar membantu KPU Provinsi dalam pemutakhiran daftar pemilih sementara (DPS) hingga daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres.

“Dan memerintahkan agar berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota untuk membantu KPU Kabupaten Kota dalam pelaksanaan pemutakhiran DPS dan penetapan DPT Pilpres,” kata Mardiyanto dalam rapat koordinasi nasional administrasi kependudukan di Hotel Red Top, Jalan Pecenongan, Jakarta, Jumat (17/4/2009).

Mardiyanto mengatakan, surat edaran tersebut diterbitkan atas permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mantan Gubernur Jawa Tengah itu berharap, tidak ada pemikiran bahwa pemerintah intervensi dalam penyelenggaraan pemilu atas dikeluarkannya surat edaran tersebut.

“Kita hanya membantu dan mendorong agar pelaksanaan Pilpres berjalan baik,” katanya.

Selain itu, Mardiyanto juga mengatakan agar semua pihak menghargai proses pemilu yang telah berjalan. “Memang dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif banyak permasalahan seperti DPT dan distribusi logistik. Kalau memang ada permasalahan itu bisa ditindaklanjuti melalui hukum dan lapor ke Bawaslu,” katanya.

“Kita jangan melihat ke belakang, kita harus melihat ke depan agar pelaksanaan Pilpres 2009 bisa berjalan dengan baik,” lanjut Mardiyanto.

Kepala Bagian Humas, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menyampaikan, bahwa komitmen Walikota Batam, Ahmad Dahlan selaku kepala daerah untuk menyukseskan setiap tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu termasuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sangat konsisten. Sebagaimana arahan sebelumnya, Wako Batam telah melayangkan himbauan kepada seluruh Camat. Lurah bahkan ke tingkat RT dan RW serta masyarakat Batam untuk dapat pro aktif dan saling memberi informasi terkait pemutakhiran data Pemilihan Capres dan Cawapres sejak beberapa hari setelah Pemilu Legislatif dilaksanakan.

Secara hirarki juga kebijakan nasional tersebut akan kita sampaikan secepatnya kepada seluruh pihak terkait, sehingga upaya kita dalam meminimalisir keluhan warga Batam yang tidak masuk dalam DPT secara bertahap dapat terwujud, katanya seraya menyambut surat edaran Menteri Dalam negeri tersebut.

(*ttn)

]]> http://www.humasbatam.com/2009/04/17/bantu-pemutakhiran-data-pemilih-mendagri-terbitkan-surat-edaran/feed/ 1 Pemutakhiran DPS Pilpres hingga 10 Mei 2009 http://www.humasbatam.com/2009/04/13/pemutakhiran-dps-pilpres-hingga-10-mei-2009/ http://www.humasbatam.com/2009/04/13/pemutakhiran-dps-pilpres-hingga-10-mei-2009/#comments Mon, 13 Apr 2009 11:10:43 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6742 WAKO Ajak Warga Batam Untuk Proaktif Dalam Pemutakhiran Tersebut

Wako Ahmad Dahlan, foto resmi dok; humasBATAM - Komisi Pemilihan Umum secara resmi telah mengumumkan batas waktu pemutakhiran daftar pemilih sementara pemilu presiden dan wakil presiden hingga 10 Mei mendatang. Sesuai dengan ketentuan, daftar pemilih tetap pemilu legislatif yang sudah berlalu menjadi daftar pemilih sementara pemilu Presiden.Untuk menghindari kisruh dan riak-riak sebelumnya terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, juga berharap kepada seluruh komponen partai politik dan masyarakat untuk aktif memberikan informasi kepada masyarakat lainnya tentang batas akhir pemutakhiran daftar pemilih tersebut dalam acara jumpa pers terkait persiapan pemilu Presiden dan Wapres di Jakarta, pada hari Sabtu (11/4) malam yang lalu. Hadir dalam acara tersebut komisioner KPU lainnya, yaitu Andi Nurpati Baharudin, Endang Sulastri, dan Sri Nuryanti, serta Wakil Sekretaris Jenderal KPU Asrudi Trijono.

Untuk Kota Batam, Walikota Batam, Ahmad Dahlan, disela-sela kunjungannya ke sekretariat PPK di beberapa kecamatan yang saat ini masih melakukan penghitungan suara Pemilu legislatif, mengatakan DPT Pemilu Legislatif di Kota Batam tahun 2009 ini akan dijadikan  Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu Presiden dan Wapres nantinya, untuk itu ia berharap seluruh warga Batam yang tidak masuk dalam DPT Pemilu Legislatif kemarin, supaya memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftarkankan dirinya ke RT dan RW setempat dan seterusnya berjenjang ke kelurahan untuk dimasukkan dalam DPS Pilpres, terang Wako disela-sela wawancara dengan berbagai media lokal.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menyampaikan batas waktu pemutakhiran data yang ditetapkan oleh KPU Pusat akan menjadi acuan seluruh KPU di daerah sesuai dengan tugas dan kewajiban Pemko Batam dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu yang tertib, aman dan lancar maka Wako Batam beserta jajaran mendukung KPU dalam mengemban tugas dan amanah yang dipercayakan kepada lembaga independen penyelenggara Pemilu tersebut, katanya menutup keterangannya.

Sesuai dengan ketentuan, jumlah DPT harus ditetapkan paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara. Pemungutan suara pilpres akan dilaksanakan pada 8 Juli.

(*ttn)

]]> http://www.humasbatam.com/2009/04/13/pemutakhiran-dps-pilpres-hingga-10-mei-2009/feed/ 2 Wako: Mari Kita Pertahankan Suasana Yang Kondusif Ini http://www.humasbatam.com/2009/04/13/wako-mari-kita-pertahankan-suasana-yang-kondusif-ini/ http://www.humasbatam.com/2009/04/13/wako-mari-kita-pertahankan-suasana-yang-kondusif-ini/#comments Mon, 13 Apr 2009 01:24:10 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6728 img_06181img_07921

BATAM - Wali Kota (Wako) Batam H Ahmad Dahlan selaku warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih pada hari pemungutan suara untuk Legislatif hari Kamis, 9 April 2009 yang lalu telah memberikan hak pilihnya di TPS 05 RT 01/RW02 Kelurahan Tanjungpinggir. Sedangkan Wakil Wali Kota (Wawako) Batam Ria Saptarika mencontreng di TPS 01 RT 01/RW 01 Kelurahan Tanjungpinggir Kecamatan Sekupang.Sang pimpinan daerah yang juga sangat berharap pelaksanaan Pemilu berjalan aman, tertib dan lancar tersebut, tiba di TPS 05 Tanjungpinggir pukul 08.30 WIB bersama istrinya Marina Djohan Dahlan. Hadir juga Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri, Ketua Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) Tatok Wahyu, Ketua PPS Tanjungpinggir Ridwan Saleh dan puluhan warga yang mengantri dalam pemilihan tersebut. “Selamat ya semuanya,” sapa Dahlan, pada seluruh warga di TPS tersebut usai mencelupkan jari nya ke tinta KPU.

Dahlan menambahkan, ia dan istri tidak canggung melakukan pencontrengan dan kepada warga lainnya di Kota Batam yang saat bersamaan memberikan hak pilih demokrasinya juga tidak mengalami kendala dalam teknis pencontrengan kali ini sehingga dengan digelarnya Pemilu legislatif ini memberikan harapan hidup yang lebih baik dimasa akan datang bagi warga Batam khususnya dan Indonesia umumnya, katanya lagi disela-sela pemungutan suara tersebut.

Wako Batam dan Muspida Tinjau Langsung Penconterangan di Kota Batam

Setelah memberikan hak pilihnya tersebut, Wako mengajak Muspida Batam, KPU dan Panwaslu untuk bersama-sama melakukan peninjauan langsung ke TPS-TPS di Kota Batam. Rombongan yang melakukan tinjauan awal ke Tanjung Uma kecamatan Lubuk Baja, kemudian Perumahan Mc Dermott Tanjung Sengkuang Kecamatan batu Ampar serta di Kompleks Bengkong Laut Kecamatan Bengkong.

Dalam jumpa persnya, Wako Batam menyampaikan, secara umum penyelenggaraan Pemilu kali ini berjalan cukup aman, tertib dan lancar berkat kerjasama dan komitmen semua pihak seperti KPU Batam beserta jajaran, Panwaslu Batam beserta seluruh jajarannya serta pihak keamananan baik Polda Kepri maupun Poltabes Barelang yang secara langsung melakukan pengamanan di seluruh titik TPS dibantu dengan Linmas Kota Batam, katanya.

Selaku Kepala Daerah, Dahlan berharap situasi kondusif yang telah diwujudkan secara bersama-sama tersebut dapat dipertahankan bersama warga masyarakat Batam yang kami yakini memiliki tingkat intelektualitas yang memadai sehingga mengedepankan tindakan-tindakan yang prosedural serta menghindari hal–hal yang bertentangan dengan hukum, ungkapnya lagi.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan, untuk memantau pesta demokrasi ini, Wako Batam, selain mengunjungi langsung TPS-TPS tertentu, juga melakukan pemantauan langsung pelaksanaan Pemilu melalui berbagai media informasi dan telekomunikasi, seperti dari radio swasta, hand phone, radio polisi, radio polisi lalu lintas dan ORARI, sehingga apabila ada hal-hal yang potensial mengganggu ketertiban dapat diantisipasi sesegra mungkin bersama unsur Muspida yang sangat komit mendukung Pemilu yang aman, lancara dan tertib di bumi Batam ini, katanya menutup keterangannya.

(*ttn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2009/04/13/wako-mari-kita-pertahankan-suasana-yang-kondusif-ini/feed/ 1
Berharap Pemilu Sukses, Wako Batam Layangkan Himbauan Resmi http://www.humasbatam.com/2009/04/08/berharap-pemilu-sukses-wako-batam-layangkan-himbauan-resmi/ http://www.humasbatam.com/2009/04/08/berharap-pemilu-sukses-wako-batam-layangkan-himbauan-resmi/#comments Wed, 08 Apr 2009 07:20:41 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6705 Wako Batam smile f;irwansyahBATAM - Menjelang detik-detik terakhir persiapan pelaksanaan Hari ‘H’ pemungutan suara pada hari Kamis, 9 April 2009, Walikota Batam, Ahmad Dahlan selaku Kepala Daerah menghimbau warga Batam untuk beperan aktif dalam menunjang kesuksesan pesta demokrasi secara Nasional tersebut.

Berikut Himbauan Walikota Batam yang dipublikasikan di media cetak lokal hari ini, Rabu, 8 April 2009.

HIMBAUAN

No : 125/Kesbang-Pol/IV/2009.

Pemilu merupakan wujud demokratisasi dan hak politik warga Negara untuk memilih dan dipilih. Berkaitan dengan pelaksanaan Pemungutan Suara yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 09 April 2009, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.    Kepada seluruh warga yang telah tertera dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) agar memberikan hak pilihnya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan dengan membawa Surat Pemberitahuan Waktu dan Tempat Pemungutan Suara (Model C-4) mulai pukul 07.00 – 12.00 wib.

2.    Bagi warga yang belum mendapatkan pemberitahuan tersebut tetapi sudah tertera dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) supaya menanyakan ke petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat dan selanjutnya menggunakan hak pilihnya.

3.    Kepada semua pihak untuk bersama-sama melaksanakan proses demokrasi ini secara tertib, aman dan bertanggungjawab.

4.    Mari bersama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Batam

Demikian himbauan ini disampaikan, atas kerjasama semua pihak diucapkan terima kasih.

Batam, 08 April 2009
WALIKOTA BATAM

Dto

Drs. Ahmad Dahlan

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/04/08/berharap-pemilu-sukses-wako-batam-layangkan-himbauan-resmi/feed/ 0
H-1, LEPAT Edisi Khusus, Wako dan KPU Bedah Persiapan Pemilu di Batam Kembali Disiarkan http://www.humasbatam.com/2009/04/07/bedah-kesiapan-pemilu-wako-dan-kpu-batam-shooting-lepat/ http://www.humasbatam.com/2009/04/07/bedah-kesiapan-pemilu-wako-dan-kpu-batam-shooting-lepat/#comments Tue, 07 Apr 2009 02:55:53 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6568 Shooting LEPAT edisi-pemilu (f;i-one)

Bedah Kesiapan Pemilu, Wako dan KPU Batam Shooting LEPAT

Anda Peduli Dengan PEMILU 2009….! Jangan lewatkan, tayangan ini ….

Dapat anda saksikan pada H-1 Pemilu, Malam Kamis, tepatnya Hari  Rabu / 8 April 2009 pukul 20.00 – 21.00 wib, hasil kerjasama Bagian Humas Pemko Batam dengan KPU Kota Batam dan Batam Televisi.

Mari Bersama Sukseskan Pemilu 2009.

BATAM - Dalam hitungan sepekan puncak penyelenggaraan pesta demokrasi dalam pemilihan anggota legislatif yang akan duduk di DPRD Kota Batam, DPRD Provinsi Kepri, DPR RI serta Dewan Perwakilan Daerah RI akan segera digelar secara serentak di seantero Nusantara.

Bagaimana perkembangan terakhir dan persiapan KPU dalam menggelar tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu pada tanggal 9 April 2009 tersebut?

Anda masih ada kesempatan untuk menyaksikan langsung berbagai persiapan yang telah dilaksanakan dalam talk-show yang berdirasi kurang lebih 1 jam di media Televisi Lokal Batam Televisi.

Anda Penasaran? Tayangan off-air ini bertajuk LEPAT ‘Lepas Penat Bersama Bang Dahlan’. Edisi Sukseskan Pemilihan Umum 2009.

Nara sumber yang dihadirkan oleh Batam TV seperti Bapak Walikota Batam, Ahmad Dahlan selaku Kepala Daerah di Kota Batam, Ketua KPU Kota Batam, Hendriyanto, S.Ag, Camat Lubuk Baja, Hj. Dece Awida Ria, AMP, serta Ibu Agustin, tokoh masyarakat yang juga dipercaya sebagai Ketua BKMT Kecamatan dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Lubuk Baja dan tentu dipandu oleh presenter Batam TV, Vanny yang dengan lugas menyampaikan pertanyaan terkait Pemilu dan dibarengi dengan joke-joke segar ala Dahlan.

Semua terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2009 di Kota Batam.

(*ttn)
]]>
http://www.humasbatam.com/2009/04/07/bedah-kesiapan-pemilu-wako-dan-kpu-batam-shooting-lepat/feed/ 5
Wawako Batam beserta Keluarga Terima Undangan Pemilu http://www.humasbatam.com/2009/04/06/undangan-pencontrengan-untuk-wakil-walikota-batam-beserta-keluarga/ http://www.humasbatam.com/2009/04/06/undangan-pencontrengan-untuk-wakil-walikota-batam-beserta-keluarga/#comments Mon, 06 Apr 2009 14:27:34 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=6680

penyerahan-undangan-pemilu

BATAM - Sore ini (06/04), Wakil Walikota Batam kedatangan tamu istimewa di kediaman beliau  di kawasan Tanjung Pinggir, Ketua PPS 1 Tanjung pinggir Kecamatan Sekupang. Dalam rangka penyerahan undangan pencontrengan di TPS 01 Tanjung Pinggir.

Wakil Walikota, berharap pemilu 2009 terutama di Kota Batam dapat berjalan secara jujur dan adil. “Walau potensi kecurangan selalu ada” tambahnya.

Ir H Ria Saptarika menyoroti kecurangan dari mulai KTP, bisa jadi  peserta pemilih mempunyai KTP Kuning, padahal KTP tersebut terakhir dikeluarkan Bulan Mei 2007, mengindikasikan KTP palsu, jika dikeluarkannya setelah Mei 2007. Atau KTP yang berbarcode tertanggal sebelum dikeluarkan bulan November 2008.

Ria menyebutkan, kecurangan lain yang berpotensi dilakukan dengan menggunakan undangan  atas nama orang lain, tapi jika tak memiliki KTP juga tak dapat melakukan pencontrengan. Ria tegaskan juga untuk para pihak terkait melakukan tindakan preventif terhadap kecurangan-kecurangan yang mungkin dilakukan. Berkaitan dengan penyalahgunaan identitas diri tersebut, harapnya disela-sela penyerahan undangan tersebut.

Diakhir pertemuannya dengan ketua PPS Ridwan Saleh, Wakil Walikota menghimbau agar petugas-petugas KPPS gunakan amanah yang dibebankan tidak terpancing pihak-pihak tertentu yang ingin mencurangi Pemilu 2009. Dan harapannya semoga Pemilu 2009 dapat berjalan dengan lancar. <w & nn>

Foto Lainnya :

penyerahan-undangan-pemilu1penyerahan-undangan-pemilu12

]]>
http://www.humasbatam.com/2009/04/06/undangan-pencontrengan-untuk-wakil-walikota-batam-beserta-keluarga/feed/ 0