Website Bagian Humas Setdako Batam » Aktualita http://www.humasbatam.com Penyampai Pesan Membangun Kesan Wed, 02 Feb 2011 05:50:26 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Kecamatan Batuaji Tuan Rumah Penyelenggaraan STQ ke-3 http://www.humasbatam.com/2011/01/21/kecamatan-batuaji-tuan-rumah-stq-iii-tingkat-kota-batam/ http://www.humasbatam.com/2011/01/21/kecamatan-batuaji-tuan-rumah-stq-iii-tingkat-kota-batam/#comments Fri, 21 Jan 2011 02:17:44 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15745 BATAM – Kecamatan Batuaji ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-3 Tingkat Kota Batam. STQ akan berlangsung dari 18 hingga 22 Maret mendatang. Demikian disampaikan Kabag Humas Yusfa Hendri usai mengikuti rapat persiapan STQ Tingkat Kota Batam di Kantor Walikota Batam, Kamis (20/1).

Yusfa menjelaskan agenda rapat kali ini adalah persiapan pembentukan  Panitia STQ ke-3 tingkat Kota Batam yang di hadiri oleh Kementrian Agama Kota Batam, Polresta Barelang, SKPD dan Camat Se Kota Batam.

STQ ke-3 Tingkat Kota Batam akan mempertandingkan lima cabang yaitu Cabang Tartil tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, Cabang Tilawah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, Cabang Qiraat tingkat dewasa, Cabang Tahfiz  (1 juz, juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz) serta Cabang Tafsir Bahasa Arab untuk dewasa.

Sebelum dilaksanakan STQ ke-3 Tingkat Kota Batam terlebih dahulu akan dilaksanakan STQ tingkat Kelurahan dan Kecamatan Se-Kota Batam. Diharapkan STQ tingkat kelurahan ini dapat selesai pada bulan Februari atau awal Maret sehingga peserta dari Kecamatan siap mengikuti STQ tingkat Kota Batam.

STQ Tingkat Kelurahan dimulai tanggal 11 Februari di Kecamatan Bengkong dan terakhir tanggal 3 Maret di Kecamatan Batuampar. Sama seperti tahun lalu, pelaksanaan STQ di tingkat Kecamatan kali ini juga akan dilaksanakan penilaian STQ Kecamatan terbaik.

STQ ini juga sebagai ajang untuk menyeleksi Qori dan Qoriah yang akan mewakili Kota Batam pada STQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang di Kabupaten Anambas.

(crew_humas/yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2011/01/21/kecamatan-batuaji-tuan-rumah-stq-iii-tingkat-kota-batam/feed/ 0
Wako Tinjau SMP 4 dan SMPN 28 http://www.humasbatam.com/2011/01/18/wako-tinjau-smp-4-dan-smpn-28/ http://www.humasbatam.com/2011/01/18/wako-tinjau-smp-4-dan-smpn-28/#comments Tue, 18 Jan 2011 08:41:36 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15713 BATAM- Untuk mengetahui langsung kondisi SMPN 4 Bengkong Polisi dan SMPN 28 Taman Raya, Batam Centre, Selasa (18/1) Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melakukan peninjauan ke masing-masing sekolah itu. Sekolah pertama yang ditinjau Wako yakni SMPN 4 Bengkong Polisi. Wako disambut langsung oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4, Erwita Maaruf, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin dan Kepala Dinas Tata Kota, Gintoyono. Setibanya di sekolah itu, Wako langsung meninjau ke gedung sekolah yang bagian atapnya nyaris ambruk akibat dimakan rayap. Gedung yang semula ditempati pelajar kelas 2D ini dibangun pada tahun 2002-2003. Setelah meninjau bangunan tersebut, Wako mengatakan bahwa bangunan gedung sekolah yang habis dimakan rayap tersebut akan disegera diperbaiki.

Dana yang dialokasikan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) untuk renovasi gedung itu senilai Rp230 juta. Kerusakan bangunan gedung itu disebabkan oleh alam, yakni dimakan rayap buka human error. Untuk merenovasi bangunan gedung tersebut, Dinas Pendidikan akan membangun dengan menggunakan baja ringan dan kusen alumunium. Diperkirakan pada Juli mendatang ruangan kelas yang habis dimakan rayap itu akan rampung dikerjakan sehingga bisa difungsikan kembali sebagai ruang belajar mengajar.

“Pada tahun 2011 gedung ini akan kita renovasi. Tahun 2010 lalu sudah kita usulkan untuk direnovasi, tapi ditolak oleh dewan, karena sesuai aturan untuk melakukan renovasi itu umur bangunan harus lima tahun. Makanya baru tahun ini kita renovasi. Meskipun kelas ini sudah tidak digunakan lagi, tapi tidak menganggu proses belajar mengajar,” kata Wako.

Untuk menghindari bangunan lainnya di sekolah di Kota Batam, Wako mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Dinas Tata Kota akan berkoordinasi untuk meninjau sekolah yang ada. Ke depan, bangunan sekolah di Batam menggunakan baja ringan. Sesuai ketentuan unit sekolah baru akan dibangun tiga lantai. Ditambahkan oleh Kepala Sekolah SMPN 4, pelajar kelas 2D yang menempati ruangan tersebut telah dipindahkan ke kelas lainnya. Sehingga tidak menganggu proses belajar mengajar.

Usai meninjau bangunan sekolah di SMPN 4, Wako pun meninjau ke sekolah SMPN 28 yang berada di kawasan perumahan Taman Raya, Batam Centre. Ketika Wako tiba di sekolah itu bertepatan dengan jam kepulangan para pelajar. Mereka yang mengetahui kedatangan Wako langsung mendekat dan bersalaman dengan orang nomor satu di Kota Batam itu. Selain bersalaman, pelajar di sekolah ini juga ada yang minta foto bersama dan uniknya mereka juga menyanyikan lagu Keong Racun di depan Wako. Kedatangan Wako yang disambut dengan sangat antusias itu seolah membuat mereka lupa dengan kondisi sekolah mereka yang sempat terendam banjir.

Saat meninjau ke sekolah itu, memang sudah tidak terlihat lagi air yang tergenang di halaman sekolah itu. Kepada wartawan Wako mengatakan, sekolah ini merupakan contoh lahan yang diberikan oleh pengembang seluas 6 persen kepada Pemko. Lokasi yang diberikan pengembang ini, menurutnya dibawah elevasi rata-rata dan berada dibawah daerah di sekitarnya. Dari segi sistim, ujarnya, ada kolam yang bisa menampung namun kapasitasnya terbatas.
“Jalan keluarnya, kita akan membuat aliran air hingga ke laut. Ini merupakan keadaan darurat dan pada tahun 2012 baru kita buat jalur permanen,” ujarnya.

Ke depan, katanya, akan dikoordinasikan antara Pemko dan OB mengenai pengalokasian lahan untuk fasilitas sosial. Bukan pengembang lagi yang menentukan melainkan sudah ditentukan dimana lokasi untuk pembangunan fasum pada lahan milik developer tersebut. Akibat banjir yang telah menyebabkan terjadinya proses belajar mengajar, Wako menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua dan wali murid. Kejadian ini menurutnya karena alam dan lingkungan. Kejadian ini hendaknya menjadi pelajaran sehingga developer tidak sembarangan dalam mengalokasikan lahan.

Kepala Dinas Tata Kota, Gintoyono menambahkan bahwa bangunan tersebut berada di lembah. Jika melihat kondisi sebelumnya, jika terjadi banjir, air memang tergenang tetapi hanya sebentar karena mengalir melalui kolam. Namun akibat ada pekerjaan tanah, menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian kolam. Untuk memperlancar jalannya air, akan dibuat galian sepanjang 700 meter hingga ke laut. Penanganan ini untuk sementara dan untuk normalisasi saluran, Dinas Pekerjaan Umum telah memasukkan alat berat untuk melakukan penggalian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Yumasnur yang diwakili oleh Suhar, mengatakan bahwa langkah yang diambil adalah langkah sementara. Yang penting aliran air lancar terutama yang ada pada saluran utama. Untuk lahan di bukit menurutnya juga akan dipotong untuk pelebaran karena proses selanjutnya adalah normalisasi. Diperkirakan untuk normalisasi tersebut memakan waktu 2 minggu. Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan bahwa untuk mendapatkan lahan ini mereka menunggu selama dua tahun. Begitu dapat, lahan tersebut langsung dibangun dan sebelum dibangun lokasi lahan yang rawa itu terlebih dahulu ditimbun.

Kepala Sekolah SMPN 28, Mardi menuturkan bahwa banjir yang terjadi saat ini sudah berlebih. Harapannya, agar ada penanganan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Terutama untuk lokasi di lingkungan sekolah, jika terjadi banjir menyebabkan terganggunya proses belajar mengajar di sekolah itu. Atas kunjungan Wako untuk meninjau langsung ke sekolah tersebut, Mardi menyampaikan ucapan terimakasihnya.(crew_humas/dv)

** foto lainnya


]]>
http://www.humasbatam.com/2011/01/18/wako-tinjau-smp-4-dan-smpn-28/feed/ 0
635 PNS Diambil Sumpah http://www.humasbatam.com/2010/12/28/635-pns-diambil-sumpah/ http://www.humasbatam.com/2010/12/28/635-pns-diambil-sumpah/#comments Tue, 28 Dec 2010 04:09:12 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15513 BATAM- Sebanyak 635 Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan III, II dan I dilingkungan Pemerintah Kota Batam diambil Sumpah sebagai Pegawai Negeri Sipil pada hari oleh Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail yang mewakili Walikota Batam.  635PNS yang diambil sumpahnya adalah CPNS formasi tahun 2008 yang sekaligus akan mendapatkan Surat Keputusan PNS dari Walikota Batam. Pengambilan sumpah dan sekaligus penyerahan SK PNS dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Batam, Selasa (28/12).

Kepala Badan Kepegawaian Kota Batam, Firmansyah, dalam laporannya menyampaikan bahwa pengambilan sumpah PNS ini dilaksanakan agar calon pegawai yang telah diangkat dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, serta setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 45 serta Pemerintah dan bekerja dengan bersih, jujur juga penuh dengan tanggungjawab. “Pegawai yang diangkat menjadi PNS adalah yang telah memenuhi seluruh persyaratan untuk diangkat, antara lain telah mengikuti Diklat Prajabatan dan memiliki penilaian DP3 yang baik” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penadatangan Berita Acara Penyerahan Sumpah PNS oleh perwakilan PNS sekaligus penyerahan Surat Keputusan Walikota Batam secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum kepada perwakilan PNS.

Dalam amanatnya Asisten Administrasi Umum menyampaikan ucapan selamat kepada para pegawai yang baru diambil sumpahnya dan sekaligus menerima SK PNS. Asisten juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk mengamalkan dengan sungguh-sungguh sumpah yang telah mereka ucapkan pada hari ini serta mempertanggungjawabkannya. Kemudian asisten juga mengingatkan kepada PNS bahwa untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kota Batam di butuhkan Sumber Daya Manusia yang profesional dan memiliki etos kerja yang tinggi. “Profesional itu antara lain harus memiliki sikap dan kepribadian, mampu mentransformasikan ilmunya kepada bidang pekerjaannya, bersedia melaksanakan tugas dimanapun dan kapanpun, fokus dan bersikap setia kepada bangsa, negara dan pemimpinnya. Sedang Etos kerja yang tinggi adalah memiliki disiplin, semangat dan bertanggungjawab pada pekerjaan yang dipercayakan kepadanya” pesannya.

Asisten mengharapkan para pegawai yang baru saja diambil sumpahnya untuk dapat menunjukkan kinerja yang baik lewat profesionalisme dan dan etos kerja terhadap bidang- bidang kerja yang mereka geluti. Selain itu terkait kedisiplinan pegawai , Asisten menghimbau kepada seluruh pegawai untuk mengamalkan peraturan terbaru pengganti PP 30 tahun 1980 yaitu PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.(crew_humas/hw)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/28/635-pns-diambil-sumpah/feed/ 0
Wako Tinjau Proyek Infrastruktur 2010 http://www.humasbatam.com/2010/12/14/wako-tinjau-proyek-infrastruktur-2010-2/ http://www.humasbatam.com/2010/12/14/wako-tinjau-proyek-infrastruktur-2010-2/#comments Tue, 14 Dec 2010 03:28:53 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15419 BATAM- Sejumlah proyek infrastruktur yang dianggarkan melalui APBD Kota Batam tahun 2010 diperkirakan rampung pada akhir tahun ini. Selasa (14/12) Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan meninjau sejumlah proyek tersebut. Proyek yang pertama ditinjau Wako yakni pembangunan Sekolah Dasar (SD) 009 yang lokasinya berada di area Perumahan Botania Kecamatan Batam Kota. Kepada Wako, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan bahwa bangunan sekolah ini selesai dibangun akhir Desember mendatang. Sekolah yang kontruksi bangunannya di desain lantai dua ini untuk tahap awal dibangun enam lokal terlebih dahulu. Meski sekolah ini masih dalam tahap pembangunan, namun SDN 009 ini telah menerima murid baru dan kini muridnya untuk sementara menumpang di SDN 006 Taman Raya.

“Akhir tahun selesai bangunan sekolah ini Pak,” lapor Muslim kepada Wako yang meninjau pagi itu.

Usai meninjau pembangunan SDN 009 tersebut, Wako meninjau ke lokasi Pemakaman Umum Sambau yang terletak di Kecamatan Nongsa. Pada tahun ini Pemko Batam melalui Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam membangun gapura di lokasi pemakaman. Tahun 2010 gapura pemakaman yang dibangun yakni Gapura Taman Pemakaman Umum Sambau dan Gapura Pemakaman Sei Temiang. Untuk pembangunan gapura pemakaman Sambau dana yang dianggarkan sebesar Rp191 juta. Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam, M Sahir melaporkan kepada Wako bahwa pembangunan gapura pemakaman itu akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap kedua yakni dilanjutkan dengan pembangunan pagar di sekeliling lokasi makam. Di sana juga akan dibangun rumah singgah. Di Sei Temiang dana yang dianggarkan untuk pembangunan gapura pemakaman Rp130 juta. Di area pemakaman tersebut dibangun dua gapura yakni gapura untuk makam Islam dan Kristen.

Setelah meninjau area pembangunan gapura Pemakaman Umum Sambau, Wako pun meninjau pembangunan drainase di Bengkong persisnya di depan Rumah Makan Salero Basamo. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Yumasnur menjelaskan bahwa proyek drainase tersebut sudah rampung dikerjakan. Berikutnya Yumasnur mengajak Wako meninjau ke pembangunan jalan dua jalur dari Sarmen hingga simpang empat lampu merah Bengkong. Jalan dua jalur yang dibangun itu menurutnya sepanjang satu kilo. Direncanakan pada tahun 2011 akan dibangun jembatan pada lokasi jalan yang dibangun tersebut.

Peninjauan dilanjutkan Wako ke lokasi peningkatan jalan di Bengkong Permai yang kini dalam proses pengaspalan. Dipastikan pada akhir tahun 2010 mendatang masyarakat Bengkong Permai sudah memiliki jalan aspal. Peningkatan jalan di kawasan Bengkong lainnya yakni di Bengkong Harapan. Peningkatan jalan Bengkong Permai dan Bengkong Harapan menurutnya satu paket dengan anggaran sekitar Rp3 miliar. Selanjutnya peningkatan jalan Bengkong Sadai dan Bengkong Palapa yang juga dibangun menggunakan APBD Kota Batam dengan anggaran Rp4 miliar. Peningkatan jalan di Bengkong Sadai dan Bengkong Palapa ini dikerjakan oleh PT Mitra.

Berikutnya Wako meninjau salah satu lokai pembangunan tugu kampung tua yang juga terletak di Bengkong. Tugu kampung tua yang ditinjau Wako yakni Tugu Kampung Tua Bengkong Sadai. Pada kesempatan itu Wako memberikan masukan kepada Kepala Dinas Tata Kota, Gintoyono mengenai tulisan arab melayu yang ditulis pada tugu tersebut. Dimana pada tugu kampung tua tersebut tertulis Tugu Kampung Tua Sadai dengan tulisan latin dan arab. Proyek infrastruktur lainnya yang ditinjau Wako yakni pembangunan pedestrian yang dibangun dengan diberi kanopi yang terletak di sekitar Rumah Susun Muka Kuning. Pedestrian tersebut dibangun dengan anggaran Rp2,3 miliar dengan tujuan untuk memberi kenyamanan bagi pekerja yang akan berangkat kerja.

“Panjangnya sekitar 1,7 kilo. Pedestrian ini kita bangun mulai dari depan Rusun sampai ke areal industri Panbil. Diperkirakan akhir tahun ini rampung,” katanya kepada Wako.

Wako juga berkesempatan meninjau lokasi jalan sekitar Nagoya yang dioverlay oleh Dinas Pekerjaan Umum. Adapun ruas jalan yang akan diperbaiki yakni jalan Simpang Indosat-Studio 21-MC Donals-Apartemen Harmony-Simpang Baloi-Lippo Bank-Underpast. Panjang jalan yang di overlay sekitar 10 kilo karena overlay dilakukan dua jalur, kiri dan kanan, masing-masing jalur 5 kilo. Kini kondisi ruas jalan mulai dari Simpang Apartemen Harmony hingga Top 100 Penuin sudah terlihat mulus. Begitu juga ruas jalan dari Simpang Lippo Bank menuju Underpast.

Terakhir Wako meninjau pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batuaji. Rumah sakit Tipe C ini rampung dikerjakan pada akhir tahun 2010. Wako mengatakan rumah sakit yang dibangun diatas lahan seluas 3,88 hektar dan luas bangunan 12.490 m2 tersebut dibangun untuk menjawab persolan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang akhir-akhir sangat dibutuhkan masyarakat. Selain itu RSUD yang dibangun Pemerintah Kota Batam tersebut juga akan menjawab kekurangan fasilitas pendukung di RSUD yang sekarang seperti ruangan intensive care unit (ICU), neonatal intensive care unit (NICU) dan ruangan scanning.

RSUD Batuaji dengan anggaran Rp84,5 miliar ini memiliki tiga blok. Blok A merupakan gedung administrasi dengan ketinggian dua lantai. Blok B gedung rawat inap dengan ketinggian empat lantai. Sementara Blok C diperuntukkan untuk ruang UGD dengan ketinggian dua lantai. Mengetahui beberapa proyek infrastruktur tahun anggaran 2010 rampung dikerjakan pada akhir Desember mendatang, menurutnya sangat baik. Pembangunan infrstruktur ini untuk menjawab kebutuhan penduduk akan infrastruktur dasar seperti sekolah, rumah sakit, drainase dan jalan. Tidak dipungkirinya masih ada jalan yang berlubang, dan Pemko Batam berupaya untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak itu.

“Rumah sakit rampung dikerjakan akhir tahun ini. Jalan di sekitar Nagoya sudah selesai di overlay, tugu kampung tua, sekolah di Batam Kota. Semoga ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat Batam. Dan kita akan terus tingkatkan pembangunan infrastruktur Batam,” katanya.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/14/wako-tinjau-proyek-infrastruktur-2010-2/feed/ 0
Wako: Pegawai Harus Jadi Pionir Solidaritas Umat Bergama di Masyarakat http://www.humasbatam.com/2010/12/11/wako-pegawai-harus-jadi-pionir-solidaritas-umat-bergama-di-masyarakat/ http://www.humasbatam.com/2010/12/11/wako-pegawai-harus-jadi-pionir-solidaritas-umat-bergama-di-masyarakat/#comments Sat, 11 Dec 2010 03:16:03 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15297 BATAM-Walikota Batam Ahmad Dahlan menghadiri perayaan Natal bersama keluarga besar persatuan Oikumene Pegawai Pemerintah Kota Batam bertempat di Politeknik Batam, Jumat (10/12). Tema Perayaan Natal keluarga besar Pemko Batam adalah “Allah Datang Memulihkan UmatNya”.

Ketua Panitia perayaan Agus Purwoko, mengatakan peringatan Natal bersama ini selalu diadakan setiap tahun oleh Persatuan Oikumene. Agus menyampaikan persatuan Oikumene merupakan persatuan karyawan Pemerintah Kota Batam yang beragama kristiani yang tersebar di berbagaii SKPD , tenaga Guru dan Kesehatan yg berjumlah 700 orang. Persatuan Oikumene pemko Batam ini melakukan kegiatan peribadatan  kebaktian bersama setiap bulan sehingga dapat meningkatkan keimanan pegawai.

Walikota Batam dalam sambutannya mengatakan Batam sebagai kota industri menarik bagi tenaga kerja dari seluruh daerah di Indonesia. Hal ini tentunya menjadikan Batam kaya akan budaya dan kehidupan beraga juga semakin berkembang. Keberagaman Agama di KOta Batam mendapat perhatian dari Walikota Batam untuk terus menjaga kerukunan dan solidaritas antar umat beragama.

“saya memperhatikan dan menjunjung solidaritas antar umat beragama” ujar wako.

Menurutnya dengan terciptanya sodidaritas antar umat beragamalah akan menciptakan situasi yang kondusit sehingga keamanan tetap terjamin , dengan demikian investor tidak akan ragu menanamkan modalnya di Batam.

Pada kesempatan tersebut Wako mengajak Pegawai Negeri  sebagai pionir solidaritas  antar umat beragama dilingkungan  masyarakat masing masing. Selanjunya wako berpesan kepada seluruh pegawai kristiani untuk lebih meningkatkan keimanan kepada Tuhan dan mningkatkan pelayan kepada masyarakat sesuai dengan bidang tugasnya. (humascrew_yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/11/wako-pegawai-harus-jadi-pionir-solidaritas-umat-bergama-di-masyarakat/feed/ 0
Ribuan Masyarakat Batam Do’akan Dahlan ‘Istigosah Kubro, Maknai Muharam Dengan Semangat Baru’ http://www.humasbatam.com/2010/12/07/ribuan-masyarakat-batam-doakan-dahlan-istigosah-kubro-maknai-muharam-dengan-semangat-baru/ http://www.humasbatam.com/2010/12/07/ribuan-masyarakat-batam-doakan-dahlan-istigosah-kubro-maknai-muharam-dengan-semangat-baru/#comments Tue, 07 Dec 2010 08:49:02 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15234 BATAM - Dengan pakaian nuansa serba putih Selasa (7/12) ribuan warga memadati Mesjid Agung Batam mengikuti istigosah Kubro dalam rangka memeriahkan 1 Muharam 1432 Hijriah. Ketua dewan Syuro Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), KH. Hasyim Muzadi, Ketua NU KH Slamet Effendi Yusuf, Ketua NU Provinsi Kepri Gani Lasya  dan Walikota Batam Ahmad Dahlan membaur bersama masyarakat, bersama-sama melakukan koreksi dan instropeksi diri pada pergantian tahun hijriah ini.

Mengawali kegiatan tersebut dipimpin oleh KH. Syafuddin Ansyari, Ketua NU Jakarta bersama-sama jamaah melakukan dzikir memuji asma Allah dan bershalawat keatas Nabi. Seluruh hadirin terlihat khidmat dan khusuk memaknai pergantian tahun baru Islam ini. Selanjutnya Ketua PBNU, Slamet Effendy Yusuf dalam sambutannya mengatakan makna istigosah kubro ini yakni mensyukuri nikmat Allah SWT. Sebagai umat-Nya masih diberikan kesempatan untuk bertobat atas segala dosa yang telah dilakukan. “Momen ini juga harus kita renungi. Apakah selama ini kita sudah jadi umat yang berguna,” katanya.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Ketua Dewan Syuro PBNU, KH. Hasyim Muzadi. Dalam tausiahnya beliau lebih banyak mengupas makna dari Istigosah yakni memohon pertolongan pada Allah SWT. “Supaya doa kita dikabul Allah, dua hal yang harus diingat, Sabar dan Sholat,” katanya. Makna sabar, jelas Hasyim bukan berarti malas, sabar yakni berjuang dengan gigih disertai dengan doa, “Selebihnya, serahkan pada Allah. Sabar memang butuh ketahanan mental dan waktu,” lanjutnya.Sementara Sholat berarti mendekatkan diri pada yang dimintai pertolongan. “Allah tentu akan mengabulkan doa orang-orang yang dekat dengan-Nya,” pesan Hasyim. Dalam tahun yang baru ini, Hasyim juga mengajak warga Batam untuk merenungi mengapa di Indonesia ini banyak terjadi bencana. “Indonesia ini merupakan negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Dalam ceramahnya KH. Hasyim Muzadi sempat pula mengingatkan sekaligus mendo’akan Ahmad Dahlan yang akan maju dalam pemilihan Walikota Batam agar diberikan amanah dari Allah,SWT ke tangannya bukan ke hatinya. Ke tangan berarti benar-benar menerima dan melaksanakan amanah tersebut untuk kemaslahatan umat, ujarnya. Dipenutup acara seluruh hadirin berkesempatan untuk saling bersalam-salaman. (Bos_humas *yf)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/07/ribuan-masyarakat-batam-doakan-dahlan-istigosah-kubro-maknai-muharam-dengan-semangat-baru/feed/ 0
Walikota Batam Lantik Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan http://www.humasbatam.com/2010/12/05/walikota-batam-lantik-pengurus-forum-pembauran-kebangsaan/ http://www.humasbatam.com/2010/12/05/walikota-batam-lantik-pengurus-forum-pembauran-kebangsaan/#comments Sun, 05 Dec 2010 01:44:48 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15221 BATAM – Walikota Batam Ahmad Dahlan melantik dan mengukuhkan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Batam bertempat di Nagoya Plaza Hotel, Sabtu (4/12). Forum Pembauran Kebangsaan merupakan gabungan organisasi paguyuban masyarakat yang ada di Kota Batam yang bertujuan untuk menciptakan Batam yang kondusif sebagai Bandar Madani. Sebagai Ketua FPK adalah Rudi SE dari Kerukunan Kerabatan Besar Melayu (KKBM).


Ketua FPK Rudi SE mengatakan, forum ini merupakan amanat dari pemerintah pusat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan Di Daerah. Menurutnya, Batam sebagai daerah heterogen terdiri dari berbagai sukubangsa, namun bila telah terjalin persaudaraan akan tercipta kerukunan dan harmonis. Organisasi ini juga sebagai wadah untuk menyelesaikan permasalahan di Batam terutama permasalahan suku dan kelompok. Rudi berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan forum ini agar terus eksis dan berkontribusi bagi pembagunan Kota Batam. Rudi berharap kepada seluruh organisasi paguyuban yang ada di Kota Batam dan belum terdaftar agar segera mendaftar kepada Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kesbangpollinmas.

Walikota Batam Ahmad Dahlan usai melantik pengurus FPK mengatakan akan pentignya forum ini. Ahmad Dahlan mengatakan bangsa besar seperti Amerika pun terdiri dari gabungan etnik eropa, etnik afrika dan asia yang telah membaur menjadi United state of Amerika yang kini menjadi maju di dunia. Sama halnya dengan Batam, yang awalnya merupakan pulau basis minyak pertamina, kini Batam telah berkembang menjadi daerah Industri yang menjadikan Batam sebagai metropolis dimana penduduknya multietnik dari berbagai suku di Indonesia. Oleh karenanya Walikota mengajak untuk mencintai Batam sebagai kampung halaman pertama.

“Dengan adanya rasa memiliki Batam maka kita akan bertanggung terhadap Batam, bertanggung jawab atas keamanan, ketertiban, dan kebersihan Kota Batam. Sehingga Batam terus damai dan berkembang menuju Bandar Dunia Madani,” terang Dahlan.

Namun demikian, kitapun harus menyadari bahwa ada penduduk asli Batam, ada budaya asli Batam, dan ada adat istiadat asli Batam yaitu Melayu. Melalui moment ini Wako mengajak seluruh masyarakat untuk menghormati masyarakat, menghormati budaya dan menghormati adat istiadat Melayu.
“Mari kita dulukan selagkah, kita tinggikan seranting, saudara-saudara kita orang melayu. Sebagaimana pepatah dimana bumi di pijak disitu langit di junjung” ujar Dahlan.

Sementara itu, Harsono salah satu Wakil Ketua FPK dari Indonesia Tionghoa (INTI) menjelaskan beberapa program FPK yang akan segera dijalankan. Menurutnya ada tiga program awal yang akan segera dijalankan forum ini yaitu pertama melalui Forum ini akan mengusulkan kepada pemerintah Kota dan Badan Kawasan untuk membangun kampung pembauran. Dimana ditempat tersebut nanti sebagai tempat kegiatan forum pembauran, pusat makanan daerah dan pertunjukan budaya. Selain itu melalui forum ini juga akan membentuk tim kesenian dari berbagai daerah yang akan di tampilkan ke berbagai daerah untuk memperkenalkan Batam sebagai salah satu daerah kunjungan wisata di indonesia. Dan ketiga tentunya akan membina kerukunan antar suku yang ada dengan melaksanakan bakti sosial bersama. (crewhumas_yd)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/05/walikota-batam-lantik-pengurus-forum-pembauran-kebangsaan/feed/ 0
Wako Lepas 403 Kontingen Batam Yang Bertanding di Porprov http://www.humasbatam.com/2010/12/04/wako-lepas-403-kontingen-batam-yang-bertanding-di-porprov/ http://www.humasbatam.com/2010/12/04/wako-lepas-403-kontingen-batam-yang-bertanding-di-porprov/#comments Sat, 04 Dec 2010 06:57:58 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15176 BATAM- Sebanyak 403 atlit asal Batam akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri Tahun 2010. Kontingen Batam ini dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada Sabtu (4/12) di lantai IV Kantor Wali Kota. Pelepasan para kontingen ini ditandai dengan pemasangan jaket secara simbolis dan penyerahan bendera kepada Ketua Harian KONI Batam, Edy Sihite. Kepada para kontingen yang akan bertanding tersebut Wako berpesan agar menjaga nama Batam dan bertanding dengan sportif. Ia mengingatkan jangan sampai ada kecurangan yang terjadi, karena jiwa olahraga adalah jiwa soprtifitas.

“Anda semua yang mengikuti Porprov ini akan membawa nama baik Batam. Sebagai bagian delegasi dari Batam, jika berprilaku baik maka baik lah nama Batam dan apabila berbuat hal-hal yang buruk maka buruk lah nama Batam. Untuk itu jaga lah nama baik Kota Batam karena anak-anakku semua merupakan delegasi resmi dari Kota Batam,” katanya.

Momentum ini menurutnya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bagaimana juga, ujarnya, untuk mengikuti even ini telah banyak persiapan yang dilakukan. Oleh karena itu ia mengingatkan kontingen untuk dapat menjaga fisik agar tetap prima dan tetap memiliki semangat yang tinggi. Kontingen harus berusaha untuk dapat meraih prestasi yang baik. Menurutnya, tiada guna menjadi juara umum jika tidak sportifitas dalam bertanding. Sebagai kontingen yang diutus untuk mengikuti Porprov tersebut Wako mengaku bangga kepada mereka semua.

Ketua Harian KONI Batam, Edy Sihite mengatakan bahwa Batam mengikuti 19 cabang dan 3 ekshibisi pada Porprov 2010 ini. Diantaranya cabang olahraga yang diikuti yakni Karate, Pencak Silat, Judo, Bulu Tangkis, Bola Volly, Biliar, Binaraga, Catur, Renang, Sepakbola, Sepak Takrwa, Tenis Meja dan Tenis Lapangan. Sementara untuk ekshibisi cabang yang diikuti yakni Golf, Bowling dan Sky Air. Harapannya sebagai Ketua KONI Batam adalah Batam kembali meraih juara umum dan berhasil meraih Medali Emas sebanyak-banyaknya.

“Untuk persiapan kita sudah lakukan sejak Oktober lalu danh diikuti dengan TC. Secara fisik mereka siap karena mereka telah mengikuti latihan-latihan dan kita juga telah melakukan pengetesan ketahanan stamina,” katanya singkat didampingi Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Jefridin.

Sementara untuk pembukaan Porprov yang akan diikuti kontingen seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri akan berlangsung pada Sabtu sore di Stadion Temenggung Abdul Jamal.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/04/wako-lepas-403-kontingen-batam-yang-bertanding-di-porprov/feed/ 0
Wako Lepas Team Basketball Sekolah Ananda http://www.humasbatam.com/2010/12/03/wako-lepas-team-basketball-sekolah-ananda/ http://www.humasbatam.com/2010/12/03/wako-lepas-team-basketball-sekolah-ananda/#comments Fri, 03 Dec 2010 07:24:23 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15166 BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melepas Team Basketball SMA Ananda yang akan berangkat ke Amerika pada Jumat (3/12). Team Basketball SMA Ananda berhasil menjadi juara I pada pertandingan Pop Mie se Indonesia di Jakarta. Team Basketball ini akan berangkat ke Amerika pada Sabtu (4/12) hingga Jumat (10/12). Pelepasan anggota Team Basketball itu diawali dengan penampilan Barongsai yang dimainkan oleh murid SD Ananda. Sebagai tanda dilepasnya para anggota Team Basket Ananda, Wali Kota memberikan kalungan bunga kepada anggota basket yang akan bertanding di Los Anggeles tersebut. Hadir dalam acara pelepasan tersebut Ketua Harian KONI, Edy Sihite, Rosmala Dewi mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam serta Debora Brenda selaku Ketua Yayasan Cipta Karya Ananda.

Edy Sihite, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas prestasi yang berhasil diraih oleh Sekolah Ananda. Atas prestasi yang diraih oleh Sekolah Ananda ini, Edy Sihite memberikan ucapan selamat. Harapannya, siswa di sekolah itu tidak hanya mampu meraih prestasi di bidang olahraga basket, namun juga pad abidang-bidang lainnya. Kepada anggota team basket yang akan bertanding di Amerika, Edy berpesan agar dapat menjaga kondisi dan bertanding dengan baik serta menjaga sikap selama berada di negeri orang.

Sementara itu, Herman Wijaya selaku Manajer Sport Club Ananda, bidang olahraga yang ditekuni di sekolah itu tidak hanya basket. Olahraga lainnya yakni renang, bulu tangkis, bola voly dan sepak takraw. Namun awalnya kegiatan olahraga yang dinaungi oleh sport club adalah basket. Katanya, keberhasilan team basketball sekolah Ananda dapat bertanding ke Amerika merupakan suatu kebanggaan bagi sekolah itu.

Yang tidak kalah bahagia dan bangganya pada hari itu adalah Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Katanya, banyak prestasi yang berhasil diraih oleh pemuda Batam baik ditingkat lokal maupun ditingkat nasional. Keberadaannya di Sekolah Ananda pada siang itu adalah untuk melepas Team Basketball Sekolah Ananda yang akan bertanding di level Internasional.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa,” katanya semangat.

Sebagai kepala daerah, Wali Kota mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil diraih oleh anak-anak muda Batam. Katanya, pemuda Batam memiliki potensi yang luar biasa sekali. Pesannya dalam kesempatan itu yakni agar terus membina anak-anak muda Batam untuk terus berprestasi dibidang apapun. Sehingga kelak anak-anak muda di Batam bisa tampil dan menjadi juara. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendukung kegiatan-kegiatan seperti di bidang olahraga.

“Batam tidak memiliki sumber daya alam, dan sebagai kota industri Batam harus memiliki sumber daya manusia yang andal. Untuk itu teruslah berkarya untuk membangun Batam kota yang kita cintai ini,” tutupnya.

(crew_humas/dv)

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/03/wako-lepas-team-basketball-sekolah-ananda/feed/ 0
Rp580 Juta Bantuan untuk Korban Tsunami dan Merapi http://www.humasbatam.com/2010/12/02/rp580-juta-bantuan-untuk-korban-tsunami-dan-merapi-2/ http://www.humasbatam.com/2010/12/02/rp580-juta-bantuan-untuk-korban-tsunami-dan-merapi-2/#comments Thu, 02 Dec 2010 02:25:27 +0000 Administrator http://www.humasbatam.com/?p=15149 BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengumpulkan Rp580.225.000 sumbangan untuk korban Merapi di Jogyakarta dan korban Tsunami Mentawai. Sumbangan tersebut berhasil dikumpulkan oleh Pemko Batam melalui Posko Batam Peduli yang dikumpulkan oleh Pemko Batam, PGRI  dan masyarakat umum. Untuk korban Tsunami Mentawai, bantuan telah diserahkan oleh Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika sebesar Rp259.600.000, pada Senin (22/11) lalu. Bantuan tersebut terdiri dari uang tunai senilai Rp110 juta dan barang-barang senilai Rp140 juta.

Kemarin, Kamis (2/12) mewakili Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam, M Sahir menyerahkan bantuan untuk korban Merapi di Jogyakarta. Pemko Batam menyerahkan sumbangan sebesar Rp320.625.000 yang penyerahannya disatukan dengan bantuan dari Pemprov Kepri. Bantuan tersebut diserahkan oleh Gubernur Provinsi Kepri, H M Sani yang diterima oleh Gubernur Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X. Adapun total bantuan untuk korban Merapi dari Provinsi Kepri sebesar Rp1,488 miliar.

“Sumbangan yang berhasil di

]]>
http://www.humasbatam.com/2010/12/02/rp580-juta-bantuan-untuk-korban-tsunami-dan-merapi-2/feed/ 0